5 Patung Bersejarah di Semarang Beserta Maknanya

Daftar 5 Patung Bersejarah di Semarang atau monumen yang terdapat di kota Semarang, Jawa Tengah. Sebagai kota besar semarang banyak di hiasi monumen patung yang terletak di jalan-jalan besar seperti patung Soekarno di kalibanteng. Baik mari kita ulas apa saja makna dan sejarah yang terkandung dalam bangunan patung atau monumen tersebut.

1.  Patung Proklamator Ir. Soekarno

Diresmikan pada tanggal 6/6/2018 ini merupakan patung ketiga Soekarno yang ada di Semarang, patung ini dibangun di taman Kalibanteng dengan tinggi patung 6,5 meter.

Pertama, patung Soekarno bersama M Hatta berada di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, dan ada lagi di Jalan S Parman Gajahmungkur.

Patung Soekarno Sang Proklamator, kalibanteng, Semarang
Patung Soekarno Sang Proklamator, kalibanteng, Semarang, Jateng.

“Mengapa Bung Karno karena pertama dia proklamator. Kedua gagasan soal Pancasila pada 1 Juni sudah menjadi hari libur nasional. Pengambilan ide patung kayaknya seperti itu,” kata Hendrar, seusai menandatangani prasasti monumen itu. Hendrar menjelaskan, patung Soekarno dibangun agar warga Semarang lebih peduli terhadap sejarah.(semarang.kompas.com).

BACA JUGA: 

2. Patung Bersejarah di Semarang, Soekarno-Hatta (S Parman)

Perjuangan sang proklamtator dalam memerdekakan Ri ini memang banyak di abadikan di banyak kota di Indonesia dalam bentuk karya Patung atau Monumen.

3. Patung Bersejarah di Semarang, Soekarno-Hatta (Arteri Soekarno-Hatta)

Patung pertama untuk Soekarno Hatta di semarang ini terletak di kawasan Jl. Soekarno Hatta No.2, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166.

4. Patung Diponegoro (Pleburan)

Pangeran Diponegoro ialah seorang pahlawan Republik Indonesia Pangeran Diponegoro lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat, 11 November 1785 – meninggal di Makassar, Hindia Belanda, 8 Januari 1855 pada umur 69 tahun). Diberbagai kota banyak nama beliau di abadikan seperti nama jalan-jalan besar dan juga di abadikan dalam bentuk Monumen seperti yang di Semarang ini.

Patung Diponegoro Semarang
Patung Diponegoro, Semarang, Jateng.

Lokasi Monumen: Jl. Imam Barjo, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

5. Patung Ibu dan Anak

Untuk yang kelima salah satu patung menarik di semarang ialah patung Ibu dan anak yang ada di Taman Indonesia Kaya,  sebelum Taman Indonesia Kaya dibangun, taman yang berada di Kawasan Menteri Supeno, tepatnya di depan SMA Negeri 1 Kota Semarang merupakan ikon Taman KB yang dilengkapi dengan patung ibu dan dua anaknya yang merupakan taman yang sempat diberi nama Taman Menteri Supeno itu.(rmoljateng)

Patung ini sangat ikonik gaes, taukan maksud dari ikonik jadi gini gaes tiap kota biasanya memiliki ikon-ikon khas yang menjadi ciri khas yang di ingat ketika orang mengunjungi atau menyebut nama kota Semarang. Kurang lebih seperti branding juga gaes agar kota kita terkenal dan memiliki chiri khas yang bisa di ingat orang.

patung ibu dan anak taman indonesia kaya, semarang
patung ibu dan anak taman indonesia kaya, semarang

Lokasi: Jalan Menteri Supeno, Murgassari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang

Akhir Kata

Masih banyak lagi patung atau monumen yang terdapat di kota semarang namun kita hanya bahas 5 Patung Bersejarah di Semarang Beserta Maknanya saja dulu kali ini ya gaes, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon masukan dan sarannya kakak, teria kasih.

Daftar bacaan:

https://jateng.tribunnews. com/2018/12/31/inilah-10-patung-di-semarang-dari-pahlawan-hingga-pemain-bola
https://jateng.tribunnews. com/2017/11/11/sempat-diprotes-veteran-begini-kondisi-terkini-patung-proklamator-di-jalan-s-parman-semarang
http://seputarsemarang. com/pangeran-diponegoro/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *