Alat Musik Sasando dan Cara Memainkan nya

Sasando adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara di petik merupakan alat musik khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasandu berasal dari kata sandu atau sanu yang memiliki arti bergetar kurang lebih seperti gitar, harpa, kecapi dan biola.

Mengenal Alat Musik Sasando

Bentuk Sasando sangat khas dan unik dengan wadah anyaman daun lotar seperti kipas, sedangkan bodi terbuat dari bambu.

Pada bagian bodi sasando ini terdapat ganjalan melingkar tempat senar terbentang dari atas kebawah. Ganjalan inilah yang memberikan nada yang beragam di setiap petikan.

Untuk lebih jelasnya bentukalat musik ini bisa dilihat pada uang kertas 5000 jaman dulu gaes.

alat musik sasando pada uang kertas lima ribu
alat musik sasando pada uang kertas lima ribu

Keterangan Gambar:

  1. Wadah yang di anyam dari daun lotar
  2. Lingkaran ganjalan senar
  3. Bodi sasando terbuat dari bambu

BACA JUGA: Alat Musik Kalintong Warisan Budaya asal Manado

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih alat musik sasando juga tidak mau ketinggalan gaes dalam arti bisa beradaptasi ke jaman teknologi dengan sasando elektrik.

Sasando Berasal dari ?

Jangan sampe ketinggalan informasi gaes, alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Timur tepat nya pulau rote. Kita harus tau dan melestarikan warisan budaya agar tidak punah dimakan waktu.

Kalau masih bingung pulau rote itu dimana kalian liat di map, nah NTT itu kan terkenal dengan kota Kupang sebelah nya NTB Lombok gaes hehehe. nah setelah NTB ujung nya ada NTT kesana nya lagi baru luar negeri timor leste. Mimin sendiri sudah beberapa kali berkunjung ke daerah Kupang NTT ini.

Alat Musik Sasando di Mata Dunia

Tersohor hingga ke luar negeri Sasando menjadi ikon masyarakat NTT, melansir laman Indonesia.go.id bahwa sasando pernah dibawakan Djitron Pah asal Indonesia dalam ajang Asia’s Got Talent di 2015, hingga akhirnya dentingan merdu sasando tersebut memawa Djitron dan keluarganya keliling dunia. Djitron telah membawa sasandonya ke Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Belanda, Italia, Finlandia, Jerman, hingga Taiwan.

Sosok Djitron pengrajin sekaligus pelaku kreatif musik sasando yang telah mendunia, putra kelahiran NTT ini lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 12 Agustus 1989. Ia adalah salah seorang putra dari Maestro Sasando Indonesia Jeremias Aogus Pah.

Cara Memainkan Sasando

Untuk memainkan musik dengan sasando dengan cara dipetik, jika kalian memperhatikan video diatas terlihat kedua tangan dari bawah memetik dari sisi kiri dan kanan, karna senar nya membentang dari ats kebawah mengelilingi bodi dan di ganjal oleh kayu melingkar jadi sepertinya caramemainkannya dengan memtik 5 jari dari kiri dan kanan yah gitu lah geas mimin juga gak bisa main sasando hehehe.

Diamati lagi tampak kedua ibu jari memetik senar bagian atas sisanya empat jari dari senar bagian bawah karna senar yang tersusun melingkar itu gaes jadi kudu gercep jari berpindah dari senar yang satu ke senar yang lain.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait musik sansado asal Nusa Tenggara Timur kiranya dapat menambahw awasan anda tentang warisan Budaya Indonesia.

Jika menurut kalian informasi ini bermanfaat silahkan share bagikan ke teman kerabat agar mereka juga mengetahui nya. Bantu kami dalam menyebarkan informasi sepitar Budaya, Kearifan Lokal , tradisi unik, komoditas dan wisata yang ada di Indonesia ini.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kata mohon koreksi silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia demi kemajuan situs ini agar selalu bisa memberikan informasi yang berbasis Kearifan Lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *