Apa itu Rasio dalam kopi ? Berikut Penjelasannya

Dalam dunia brewing kopi ada namanya Formula yang di rumuskan dalam perbandingan Rasio. Apa itu Rasio dalam kopi ? pada teknik manual brew yang perlu diketahui seorang barista salah satunya Rasio Perbandingan Kopi Dan Air hingga mendapatkan hasil sempurna.

1. Pengertian Rasio  Kopi dan Manfaatnya

Apa itu Rasio dalam kopi ? adalah formula perbandingan dalam menyeduh kopi, saat brewing manual V60 atau Vietnam Drip. Agar kopi yang didapatkan sesuai rasa yang diharapkan.

BACA JUGA:

2. Penerapan Rasio Dalam Kopi

Rasio diterapkan saat meracik kopi dengan teknik manual, rasio adalah rumus perbandingan antara Air Panas Dan Kopi. Biasanya digunakan alat timbangan digital agar ukuran berat kopi dan air tepat ukuran.

Jadi hasiknya pas perpaduan air dan kopi, untuk mendapatkan rasa yang lebih pait misalnya atau sedikit pahit bisa disetting melalui Rasio Perbandingan.

3. Contoh Rasio Dalam Kopi V60

Untuk contoh praktek kali ini saya ambil contoh Rasio untuk manual brew V60 (V Sixty).

Manual Brewing V60 Suhu 90° – 92° C
Rasio 1:10
Suhu 90° – 92° C Kopi : Air
Kopi : Air 12 : 120
Blooming 2 x 12gr = 24gr (30Detik)
Pouring I 78gr (10Detik)
Pouring II 120gr (hasil Akhir)

Jadi rasio yang kita pakai untuk menyeduh kopi V60 adalah 1:10. Perbandingannya jika 1 gram kopi maka akan menghasilkan 10 gram air plus kopi.

Jika kita gunakan kopi 12 gram maka total yang dihasilkan adalah 120 gram (kopi + air) untuk satu gelas;

Oke sediakan kopi 12 gram di Pour Drip yang sudah dikasi filter, tarok pour drip diatas timbangan digital biar gak lari angkanya;

Pastikan angka timbangan digital menunjuk angka 12 gram, setelah disetting tidak menghitung beraat pour drip hanya kopi yang sudah digiling saja;

Maka dari kopi yang 12 gram ini karna Rasio yang kita pakai adalah 1:10;

12 gram kopi x 10 =120gram (Total kopi seduh V60 yangdihasilkan) yang akan kita sajikan;

Sekarang silahkan ber eksperimen dengan rasio perbandingan 2:10 atau 1:20 untuk praktek mah bebas hingga anda menemukan rasio yang pas.

4. Akhir Kata dan Penutup

Jika masih kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar, semoga informasi tentang rasio kopi ini bisa difahami dan bermanfaat untuk dunia kopi anda.

Agar tidak ketinggalan follow IG kita untuk konten menarik lainnya Kampret.news.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *