Home Tech Apa Saja Keunggulan dari MRT Jakarta ini? Yuk Simak

Apa Saja Keunggulan dari MRT Jakarta ini? Yuk Simak

160
0
SHARE
MRT jakarta

Kampretnews – Setelah resminya MRT atau Mass Rapid Ttrasnit beroperasi di jakarta minggu (24/03/19), ini gaes transportasi baru di jakarta setelah beberapa kali ganti presiden dan ganti gubernur pada tahun ini 2019 di bawah kepemimpinan Pak Jokowi sebagai Presiden dan Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta akhirnya Indonesia bisa memiliki transportasi baru yakni MRT.

Apa saja keunggulan dari MRT ini?

Seperti yang di tegaskan oleh Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT Mass Jakarta) Agung Wicaksono, keuntungan dari MRT ini dimana jalur lintas tidak ada yang sebidang. Maksudnya dimana jalur MRT hanya di atas ketinggian dan di bawah trowongan dan tidak mengganggu lintasan lainnya.

Selain itu rute Lebak Bulus-Bundaran HI dengan menggunakan mobil dalam kondisi macet dan jam sibuk membutuhkan waktu satu setengah jam. Ia kemudian memastikan dengan menggunakan kereta MRT, rute Lebak Bulus-Bundaran HI dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.

Rute Mrt jakarta
Rute Mrt jakarta img via Detik

Agung mengatakan teknologi yang dipakai lebih kepada komunikasi dalam ruang kendali kontrol yang terletak di Lebak Bulus dengan persinyalan yang ada di kereta serta di sepanjang perlintasan.

Dapat di simpulkan keunggulan dari MRT ini yaitu kecepatan, dan hemat waktu dan teratur yakni jalurnya yang tidak mengganggu jalur lain. Selain itu tentu saja teknologinya lebih baru tentunya.

Mengutip laman Jakarta Mrt, Jalur MRT Jakarta membentang 10 km dari wilayah Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja, rute tersebut, terdapat 7 Stasiun Layang, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja. Sementara Depo kereta api dibangun di area Lebak Bulus, berdekatan dengan stasiun awal/akhir Lebak Bulus.

Konstruksi bawah tanah (Underground) MRT Jakarta membentang 6 km, yang terdiri dari terowongan MRT bawah tanah dan enam stasiun MRT bawah tanah, yang terdiri dari Stasiun Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, Bundaran Hotel Indonesia

Wah gimana gaes yang tinggal di Jakarta apakah kalian puas dengan fasilitas baru ini? semoga kota kota lainnya menyusul bisa memiliki transportasi yang sama dan merata.

Sumber: https://www.jakartamrt.co.id/2017/07/05/ini-keunggulan-mrt-yang-akan-beroperasi/

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here