Bayi Kuning Apakah Berbahaya?

Kampretnews – Bayi yang baru lahir biasanya rentan terkena penyakit kuning nah Bayi Kuning Apakah Berbahaya? tentu saja bagi para ibu menjadi kekahwatiran terhadap kesehatan bayi apa bila terkena penyakit kuning ini. Untuk tanda tanda apakah bayi terkena kuning apa tida ditandai dengan warna mata bayi bagian putihnya agak berwarna kekuning kuningan.

Bayi Kuning Apa Penyebabnya

Dilansir oleh situs Alodokter bahwa penyakit kuning terjadi karena sang Bayi memiliki kelebihan Bilirubin (unsur kuning) pada darahnya, dimana bayi yang baru lahir memiliki kadar sel yang tinggi sehingga memaccu produksi Bilirubin, hal ini terjadi karena Bilirubin terbentuk ketika sel sel darah merah dihancurkan. Jika ditanya apakah bahaya, kalau dibiarkan tanpa penanganan tentu saja bahaya namun jika di cegah dan ditangani cepat seperti misalnya salah satu cara menjemur bayi dimatahari pagi hari hal ini akan cepat pulih dan tidak bahaya.

Baca Juga:
10 Manfaat Baby Massege atau Pijat Bayi

Selain Bilirubin bayi menguning biasanya juga bisa di sebabkan:

  1. Sepsis pada bayi
    2. Infeksi virus atau bakteri
    3. Pendarahan internal
    4. Kerusakan hati
    5. Kekurangan enzim tertentu
    6. Sel darah merah bayi yang tidak normal sehingga mudah rusak
    7. Ketidakcocokan rhesus dan golongan darah antara ibu dan bayi
    8. Ada masalah pada sistem pencernaan bayi

Biasanya bayi yang rentan terkena penyakit kuning seperti bayi yang lahirnya prematur atau bayi yan lahir sebelum 37 minggu, bayi yang susah minum ASI dan bayi yang dilahirkan kondisi memar.

BACA JUGA: Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui ada 5

Bagaimana Penanganan Bayi Kuning

Selain konsultasi sama ahlinya langsung untuk mendapatkan penanganan yang pas, anda juga bisa mencegah kenaikan bilirubin dengan cara memberinya asupan yang cukup. Asupan tersebut bisa membantu bayi mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya. Anda bisa menyusuinya dengan ASI sebanyak 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Atau jika Anda memberikan susu formula, pastikan Anda memberikannya sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya susu formula diberikan sekitar 6 hingga 10 botol dalam 24 jam.

Nah demikian bapak/ibuk untuk jawaban Bayi Kuning Apakah Berbahaya? semoga bermanfaat.

Sumber:https://www.alodokter.com/bayi-kuning-apakah-kondisi-ini-berbahaya-bagi-si-kecil

 

 

 

One Reply to “Bayi Kuning Apakah Berbahaya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *