Home Culture Indonesia Begini cara petani membasmi hama tikus di sawah

Begini cara petani membasmi hama tikus di sawah

196
1
SHARE
Kearifan lokal : Begini cara petani membasmi hama tikus di sawah
Kearifan lokal : Begini cara petani membasmi hama tikus di sawah

Kampretnews – Salah satu kearifan lokal di desa Purworejo memiliki cara unik untuk membasmi hama tikus yang merusak padi sawah dengan menggunakan Pagupon, begini cara petani membasmi hama tikus di persawahan.

Di lansir oleh regional Kompas, salah seorang petani di desa Purworejo menuturkan hama tikus yang menyerang 50 persen persawahan warga membuat desa ini gagal panen.

Menurut keterangan dari warga jika di bandingkan dengan menggunakan racun tikus biaya yang di butuhkan lebih mahal mengingat luas nya sawa tapi dengan menggunakan Pagupon dapat membantu mengatasi masalah tikus.

Metode menggunakan Burung hantu menjadi pilihan yang lebih efektif, dengan sedikit keterampilan membuat rumah rumahan (70cm x40cm x40cm) untuk tempat burung hantu dan di disebar di tengah sawah dengan tujuan Burung Hantu akan memangsa setiap tikus yang lewat, masyarakat magetan menyebutnya Pagupon.

Baca Juga: Kenikmatan Kopi Semendo dan Cara Menyeduhnya

“Ada sekat ruang di dalam dan kita lapis rumah ini dengan karpet untuk talang air biar kondisi di alam lebih gelap,” ujar warga Desa Purworejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur tersebut, Senin (21/01/2019).”(Kompas)

Budidaya burung hantu bantu atasi hama tikus sawah
Budidaya burung hantu bantu atasi hama tikus sawah (img:koranpurworejo)

Untuk membuat rumah burung hantu yang mirip pagupon burung dara itu, pihak desa mengeluarkan dana Rp 15.500.000,- untuk membuat 12 titik lokasi dengan ketinggian 6 Meter, yang dipasang di persawahan(Koranpurworejo)

1 COMMENT

  1. Hello. I have checked your kampretnews.com and i see you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank hi in google.
    But you can fix this issue fast. There is a tool that
    generates articles like human, just search in google:
    miftolo’s tools

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here