Budaya Suku Bugis dan Tradisi Uniknya

Budaya Suku Bugis terkenal dengan budaya dan tradisinya yang unik, suku Bugis banyak ditemui di Sulaawesi namun diera modern ini penyebaran suku bugis tentu saja sudah menyebar keseluruh penjuru Dunia.

1. Asal usul suku Bugis

Mengutip wikipedia dijelaskan bahwa suku Bugis adalah suku yang tergolong ke dalam suku-suku Melayu Deutero. Masuk ke Nusantara setelah gelombang migrasi pertama dari daratan Asia tepatnya Yunan.
Kata “Bugis” berasal dari kata To Ugi, yang berarti orang Bugis.
Mereka menjuluki dirinya sebagai To Ugi atau orang-orang atau pengikut dari La Sattumpugi.

2. Rumah Adat Suku Bugis

Setiap suku di Indonesia ini pastilah punya ke khas an dalam hal ini rumah adat Bugis yang berbentuk rumah panggung namun sangatlah berbeda dari jenis rumah panggung Sumaterea dan Kalimantan.

Rumah suku bugis bisa pinda tempat
Rumah suku bugis bisa pinda tempat 9ig via kaltim.tribunews)

Rumah Bugis bagian bagian penting seperti dilansir gurupendidikan :

Rakkeang : adalah bagian diatas langit langit (eternit) Dahulu biasanya digunakan untuk menyimpan padi yang baru di panen.

Ale Bola : adalah bagian tengah rumah. dimana kita tinggal. Pada ale bola ini, ada titik sentral yang bernama pusat rumah ( posi’ bola.

Awa bola : adalah bagian di bawah rumah, antara lantai rumah dengantanah.

Uniknya lagi dan bikin lebih menarik rumah bugis ini dapat berdiri bahkan tanpa perlu satu paku pun. Semuanya murni menggunakan kayu. Dan uniknya lagi adalah rumah ini dapat di angkat / dipindah.

3. Pakaian adat suku Bugis

Dalam sejarah suku bugis terkenal juga akan pakaian adat istiadatnya. Dikenal juga sebagai busana tertua di duni Baju Bodo adalah pakaian tradisional perempuan suku Bugis Makassar, Sulawesi, dan Bugis Pagatan, Kalimantan, Indonesia. Biasanya baju Bodo digunakan dalam acara pernikahan.

3.1. Bentuk Baju Bodo

Sejarah baju bodo suku bugis
Sejarah baju bodo suku bugis (img via Pricearea)

Baju bodo dalam sejarahnya dulu digunakan tanpa bra gaes, bentuk khas akan segi empat berlengan pendek.

Dapat dilihat pada gambar, desain yang unik simple dan agak transparan gitu gaes.

Jika baju dikenakan oleh wanita cantik akan tampak seksi sekali ini gaes, mungkin jama dahulu buat permaisuri kali yak baju ini agar raja raja dulu bahagia saat melihat permaisurinya tampil wow.

BACA JUGA:

Bodo dilengkapi juga denan bawahan seperti Rok dan aksesoris seperti gelang, kalung dan pengikat di pinggang.

Fashion baju bodo suku bugis moderen
Fashion baju bodo suku bugis moderen (img via polantaraq.id)

Seiring perkembangan jaman baju bodo yang kekinian sudah lebih fashionable dan moderen gaes.

3.2. Warna Baju Bodo

Uniknya lagi nee gaes, warna baju bodo yang digunakan oleh wanita bugis menentukan usia nya seperti:

  1. Warna baju Bodo Jingga digunakan oleh perempuan usia 10 tahun
  2. Baju bodo warna Jingga Merah dikenakan oleh perempuan usia 10-14 tahun
  3. Sedangkan warna Merah dipakai oleh wanita dewasa dengan usia 17-25 tahun
  4. Untuk warna Hijau di pakai oleh kaum bangsawan dan terakhir baju bodo warna Ungu dipakai oleh Janda.

4. Tari Paduppa Bosara

Tari Paduppasa Bosara berasal dari Makassar, tarian suku Bugis ini biasanya di pentaskan dalam upacara penyambutan tamu dan dilengkapi juga dengan hidangan yang disebut Bosara.

Tari Paduppa Bosara Bugis
Tari-tarian Paduppa Bosara Bugis (img via inphedia.id)

Pada bugis-Makassar di Sulawesi Selatan Bosara adalah piring khas terbuat dari besi dan dilengkapi dengan penutup seperti kobokan besar, yang dibalut kain berwarna terang, seperti warna merah, biru, hijau atau kuning.

5. Alat musik suku Bugis

Alat musik tradisional suku bugis terdiri dari Kecapi, suling, sinrili ada juga gendang bugis.

5.1. Kecapi Bugis

alat musik tradisional bugis bernama Kecapi
alat musik tradisional bugis bernama Kecapi

Bentuk dan desain seperti kapal dan layar kapal khas suku bugis sulawesi selatan makassar dan Bugis Mandar konon katanya ditemukan oleh seorang pelaut makanya bentunknya mirip layar kapal. Alat tradisional musik kecapi ini biasanya dipakai dalam acara pernikahan, hajatan, menyambut tamu dan acara ulang tahun.

5.2. Alat musik tradisional Suling Bugis

Bugis juga memiliki alat musik tradisional yang benama Suling bugis yang terbuat dari bahan bambu seperti suling pada umumnya.

5.3. Gendang Bugis

Pa’ gendang merupakan alat musik gendang yang berbentuk bulat anjang dan bundar rebana, suaranya saya yakin seperti gendang pada umumnya gaes walau belum pernah coba.

5.4. Sinriliq atau Sinrilik

Sinrilik musik bugis makassar
Sinrilik musik bugis makassar (img via antarafoto.com)

Alat musik Sinrilik Bugis ini mirip seperti Biola namun ini tradisional bangat bawahnya sedikit bulat terus ada penyanggah panjang dan dua pemutar senar dan tuas penggesek.

6. Lagu daerah suku Bugis

Salah satu lagu daerah Bugis yang terkenal ialah Angin Mamiri, artinya wahai angin. lagu dengan lantunan nada biasa dijadikan pengiring tarian. (cek sound boleh yt: https://www.youtube.com/watch?v=wd1U7kSDx58)

7. Sifat orang Bugis

Orang bugis memiliki sifat tegas dalam budayanya mempertahankan harga diri hal ini terbukti dengan apabila terdapat masalah skecil apapun makan akan ditindak tegas sekalipun itu dari keluarga.

8. Akhir Kata dan Penutup

banyaknya ragam budaya di Indonesia dengan ragam suku yang banyak pulas dalam hal ini Suku Bugis Makassar memilik banyak tradisi Budaya warisan nenek moyang yang masih terjaga ingga kini.

Tulisan ini juga tujuannya agar informasi kearifan lokal Indonesia dari sagala penjuru tanah air tetap terlestarikan. Jika ada yang kuran dan salah mohon koreksi nya silahkan tinggalkan komentar dibawah, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *