Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS 2019

Menjadi bagian dari ASN jalur test CPNS masih menjadi favorite di kalangan Sarjana baik S1 maupun S2, dan DIII tips cara ampuh lulus ujian CAT CPNS tahun 2019 ini yang sangat mumpuni menurut apa yang saya amati selama 5 tahun menjadi staf ahli non PNS di salah satu kementerian di Jakarta Pusat berikut tips yang bisa saya bagikan.

1. Persiapan Sebelum Test CAT CPNS

Sebelum anda mengikuti test CAT untuk menjadi ASN (aparatur Sipil Negara) siapkan dulu tentunya kelengkapan administrasi seperti dokumen scan dan data pendukung lainnya:

Artikel Lainnya:

10++ Aplikasi Scan Dokumen Untuk Hp Android dan iOS

1.2. Persiapkan Ijazah Bukti Kelulusan

Penting melengkapi dokumen tanda kelulusan anda dari PTN maupun PTS agar bisa memilih formasi S1 dan S2, pastikan legalisir yang cukup agar nanti sudah siap ketika lulus CAT.

Jauh hari sebelum pengumuman Pendaftaran dibuka melalui BKN (badan Kepegawaian Negara) ada baiknya dokumen pendaftaran sudah siap dalam arti sudah discan ijazah dan dokumen pendukunga lainnya siapkan di flasdisk.

1.3. Siapkan Transkrip Nilai Dengan IPK minimal 3.3 (Recommended)

Sepengetahuan saya saat bertanya sama anak-anak yang baru lulus CPNS ditahun 2019 ini rata rata mereka memiliki IPK 3.5 keatas, jadi jika kalian ingin bersaing di formasi idaman anda usahakan minial IPK 3.3.

Mengapa IPK harus bagus ? karena saat ini formasi CPNS sudah mengkategorikan juga khusus IPK Cum loud dalam arti hanya IPK cum loud aja yang bisa bersaing menduduki posisi tersebut dan biasanya limited.

1.4. Memiliki KTP dan NPWP

Jika belum memiliki NPWP baiknya urus dari sekarang gaes, dokumen yang satu ini penting dan tiap tahunnya selalu diminta dalam upload dokumen disaat pendaftaran.

Silahkan urus secara Online sudah bisa kok, namun untuk lebih jelasnya silahkan datangi kantor pajak terdekat dan bertanya tanya

1.5. Surat Akreditasi Kampus

Akreditasi biasanya sering di ikutkan dalam kualifikasi formasi apalagi formasi di Kementerian atau Lembaga pemerintahan, nah pastikan kampus anda sudah akreditasi.

1.6. Kartu Keluarga (Opsional, Jika diperlukan)

Tidak kalah poenting kartu keluarga jika diperlukan sudah ada dan siap upload gak kewalahan nantik, apalagi kalau anda diperantauan kan makan waktu kudu telp sana sini scan KK lah kirm post lah, siapkan aja dari sekarang.

1.7. Sertifikat TOEFL (Opsional, jika diperlukan)

Test of English as a Foreign Language atau TOEFL juga diperlukan dibeberapa kualifikasi CPNS pastikan anda sudah memilikinya dengan skor yang bagus.

Salah satu contoh formasi yang ada di Kementerian Luar Negeri menetapkan kualifikasi dengan skor Toefl 550.

1.8. Pas Foto ( 3×4 ) dan (4 x 6) Berlatar Merah

Foto sudah menjadi syarat umum dalam berbagai urusan administrasi begitu juga jika anda melamar ASN atau Calon Pegawai Negeri Sipil.

1.9. Akreditasi BANPT Institusi

Untuk urusan Akreditasi kampus bisa cek secara online di situs www.banpt.or.id

cara melihat akreditasi banpt online
cara melihat akreditasi banpt online

 

2. Memilih Formasi Jurusan Kementerian Atau Lembaga

Jika semua dokumen persyaratan sudah lengkap mari baca – baca dulu informasi resminya di situs BKN tentang alur pendaftaran CPNS. jangan percaya agen dan calo main bersih aja ikuti aturan dan prosedur nanti kena tipu pulak kalian, Doa dan kerja keras tidak akan menghianati hasil.

Dalam contoh ini saya ambil Formasi lembaga level Kementerian Pusat karena semua daerah bisa Daftar Global

Cek secara berkala situs resmi BKN, selain itu buka juga situs resmi kementerian yang akan anda pilih nantinya sebagai target anda melamar.

Biasanya semua kementerian yang membuka formasi akan mengumumkan juga secara resmi tentang penerimaan CPNS, namun untuk pendaftaran awal akan diarahkan ke BKN dahulu.

Jika kalian bertanya kenapa ke BKN pendaftaran awal CPNS jawaban saya simple karena sudah salah satu TUSI (tugas dan funsi) dari BKN dan biar satu pintu yang menangani pendaftaran biar gak belepotan kalau pendaftaran langsung di kementerian atau di lembaga terkait masing-masing.

Nah biar teratur maka diawali dari mendaftar dulu di BKN, dibekali dululah test CAT dulu dan melengkapi administrasi.

BACA JUGA:

Tips Melamar Kerja Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non PNS

2.1 Tips Memilih Formasi CPNS

Nah saat nya kita memilih formasi sesuai keahlian dan jurusan, dari banyaknya kementerian seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, adajuga Badan Ekonomi Kreatif, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dll.

Baik kita anggap kita akan membidik Kementerian Pariwisata, dengan formasi lulusan IT, anggap di bidang Media Sosial dan Content Grafis anggap saja ada formasi ini sebagai contoh saja.

Perlu saya beritahukan jika kalian memang membidik Kemenpar maka kalian kudu wajib baca TUSI atau tugas dan fungsi dari Kementerian Pariwisata ini apa, jadi biar tau arah nya kemana ini mau ngapain saya melamar di sini kan gitu.

Intinya saja tugas kemenpar tentu saja bertanggung jawab untuk mendatangkan wisata manca negara mempromosikan destinasi pariwisata, salah satu program Kemenpar yang populer saat ini 10 Bali baru Indonesia atau Super Prioritas.

Jika sudah silahkan pilih formasi yang sesuai dengan passion anda, biar gak keder segala sesuatunya harus diketahui dan dikuasai dulu tentunya.

Jadi begitu mengikuti test sudah tau apa dan bagaimananya. Silahkan mendaftar dan memilih formasi dan upload semua dokumen persyaratan yang di minta.

3. Latihan Soal CAT CPNS Cara ampuh lulus ujian CAT CPNS

Tidak mesti kursus bayar mahal gaes, dengan membeli buku di gramedia biasanya sudah include DVD contoh soal CAT yang bisa anda praktekkan di rumah dang mengulang ulang hingga mahir dan faham.

lulus cat dengan sering latihan dirumah

3.1 Tips dan Strategi Menjawab Soal CAT CPNS

Dalam arti mahir dan faham seperti ini, kita anggap soalnya 100 soal;

lalu waktu mengerjakan 100 soal 90 menit;

coba anda pikir dengan waktu 90 menit jumalh soal 100 maka jika anda menjawab 1 soal 1 menit dalam waktu 90 menit akan terjawab 90 soal, 10 sisanya tidak terjawab benar tidak ?;

Aplikasi cat bkn
Aplikasi cat bkn Demo

DOWNLOAD APLIKASI SIMULASI CAT RESMI BKN

simulasi cat bkn terbaru
simulasi cat bkn terbaru

Download dan ekstrak file lalu jalankan Cat.exe untuk memulai simulasi CAT.

Otomatis kudu kerja cepat usahakan ada beberapa soal yang pengerjaannya kurang dari 1 menit agar sisa waktu 90 menit cukup buat menjawab 100 soal;

Jangan menjawab soal yang susah dan membaca berulang-ulang, langkahi dulu jawab yang mudah terlebih dahulu agar watktu 90 menit tidak terbuang;

Silahkan jawab yang pertanyaan terakhir dulu mungkin atau dari tengah atau berurut dari awal hingga akhir;

Jika mepet waktu jangan biarkan ada soal yang tidak terjawab last minute abis waktu jika masih ada soal yang tidak terjawab pakai jurus seribu bayangan jawab aja sesuai selera yang penting jangan kosong jawaban.

Apabila anda sudah pernah daftar di situs BKN silahkan test CAT secara Online : SIMULASI CAT CPNS ONLINE BKN silahkan daftar jika belum punya ID Log In.

CAT Online BKN
CAT Online BKN

3.2 Banyak membaca, dan memahami kategori soal CAT, Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS

Agar tidak bengong saat menjawab soal CAT banyaklah belajar, lihat dari buku panduan yang anda beli di gramed tadi pasti tidak akan jauh dari itu, kecuali Kurikulum anda beda sendiri mungkin soalnya akan asing bagi anda selama kurikulum di Indonesia masih sama dengan yang anda pelajari pasti soalnya tidak beda dari itu.

3.3 Berdoa dan Kerja keras Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS

Jangan lengah, jaga kesehatan fokus dan konsentrasi, biasanya ada orang yang sepele saat mau ujian saya sarankan jangan biasakan menyepelekan kerja keras dan giat belajar, bacalah ilmu Sejarah, PPKN, Deret Matematika, Bahasa Indonesia Sinonim Antonim dll mutar2 disitu aja soalnya.

3.4 Yakin dan Optimis Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS

Saat waktu tes telah tiba inilah puncak dimana anda harus mengeluarkan semua yang telah dipersiapkan tadi, tenang dan fokus serta kuatkan mental jangan gegabah saat menjawab.

Perhatikan soal dan jawab jika yakin, lewati jika belum yakin dengan banyak membaca dan belajar anda pasti bisa menjawab soal CAT.

3.5 Download Soal Simulasi CAT CPNS BKN Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS

Tryout CAT dulu sebelum ujian yang sebenarnya gaes, sering latihan dan belajar terus, silahkan download contoh soal simulasi cat nya.

4. Akhir Kata dan Penutup Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS

Demikian tips dan trik yang bisa kami share bagi kalian yang berkeinginan jadi ASN dan mengikuti test CAT CPNS. Semoga berhasil dan lulus ya gaes.

Tips dan strategi ini tidak menjadi Jaminan 100% kelulusan anda, jika memang rezeki anda pasti lulus yakin saya.

Apakah saya pernah ikut CAT? pernah kala itu diadakan oleh kantor saya langsung ke BKN kusus pegawai non PNS dan saya lulus waktu itu semacam pembekalan dan latihan saja, dasar saya nya aja belum minat jadi PNS lebih enak jadi pelaku usaha sesuai hobby karena untuk memajukan negara ini tidak mesti jadi PNS, simple nya bisa juga jadi youtuber dan blogger seperti menulis blog yang saya lakukan sekarang.

Silahkan komentarnya jika ada yang perlu ditanyakan atau kesalahan kata dalam postingan Cara Ampuh Lulus Ujian CAT CPNS, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *