Contoh RAB Dengan Anggaran 200 juta (Penunjukan Langsung)

Dalam sebuah proyek penting wawasan tentang pengadaan barang dan jasa sangat diperlukan gaes, kali ini saya berikan contoh rab dengan anggaran 200 juta. Bagaimana cara menyusun RAB atau rencana anggaran biaya dengan besaran anggaran 200 juta rupiah?

1. Penjelasan Pengadaan Barang dan Jasa

Biasanya dalam satu proyek ada semacam level nominal dalam pengadaan, mulai dari pengadaan dibawah 50 juta, diatas 50 juta hingga diatas 200 juta sampai dengan miliaran, masing masing berbeda gaes mekanisme pengadaan barang dan jasa dengan nominal yang saya sebutkan diatas.

Nah disini kita akan membahas poin pada pengadaan barang dan jasa dengan harga perkiraan sendiri HPS 200 juta rupiah, mekanisme nya dengan penunjukan langsung ke pihak penyelenngara dari pihak pertama.

Bagaimana dengan pekerjaan Miliaran rupiah, anggap 3 miliar apakah mekanisme yang di tempuh, ini tergantung kebijakan dari pengguna anggaran cara mana yang lebih efektif dan efisien. Bisa saja dengan mekanisme lelang 3M atau swa kelola dengan pihak ketiga (swakelola type 3) berupa yayasan atau asosiasi non profit dengan jumlah 3M.

2. Contoh PL (Penunjukan Langsung)

Baiklah itu tadi sekilas tentang proyek pengadaan barang dan jasa, kita masuk pada topik sesuai judul contoh RAB dengan nominal 200 juta. Kita anggap kali ini mekanisme nya penunjukan langsung untuk membuat satu booth mewah untuk event fashion standar Internasional di dalam negeri.

Dalam hal ini saya sebagai pihak pertama (pemilik anggaran) akan menunjuk langsung satu perusahaan XX untuk melaksanakan pekerjaan ini berkontrak dengan mekanisme PL (penunjukan langsung), kenapa karena untuk booth yang saya ingingkan hanya perusahaan XX yang mampu melaksanakan dengan standar Internasional disamping itu perusahaan XX yang saya tunjuk sudah berpengalaman mengerjakan booth di luar negeri dan sudah diakui kualitasnya.

contoh booth spesial design
contoh booth spesial design/ img via citra mandiri kreatif

Merencanakan sebuah booth yang diperlukan biasanya kontruksi dan sewa lahan:

I Kontruksi Booth Spesial Design (Rp 80.000000)

  • Material
  • Design

II Sewa Lahan ( Rp 60.000.000)

III Man Power (Rp 50.000.000)

IV. Total 190juta dari pagu anggaran 200 juta.

Sekarang kita susun dalam Excel agar lebih mudah dalam penjumlahan semua kebutuhan dalam membangun sebuah booth standar Internasional dengan spesial design.

4. Berikut Contoh RAB Dengan Anggaran 200 juta

Contoh RAB Dengan Anggaran 200jt
Contoh RAB Dengan Anggaran 200jt

Dari RAB atau Rincian Anggaran biaya diatas anda sudah bisa mengajukan dua PL, pertama materi cetak atau belanja materi promosi cetak. Jika pagu 200 juta bukan berarti kita mentookin sampe 200 juta mendekati saja tidak apa.

BACA JUGA: Contoh Rab Event

Yang kedua untuk produksi Booth nya snediri termasuk didalamnya design dan lighting sampai jadi dah itu booth, dalam hal ini masih bisa di breakdown lagi details rinciannya yang diatas hanya contoh saja.

5. Kesimpulan dan Penutup

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang RAB atau di sebut juga Rincian Anggaran Biaya atau Rencana Anggaran Biaya deengan alokasi Pagu anggaran 200jta plus pajak.

Semoga membantu, jika ada pertanyaan atau masukan jangan sungkan untuk memberikan komentarnya pada kolom komentar yang tersedia.

Jika butuh yang perlu excel silahkan komen, atau follow IG kampretnews lalu DM

Silahkan bagikan ke teman atau saudara anda yang sedang butuh referensi dalam menyusun RAB event atau RAB kontruksi desain booth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *