Contoh RAB Event Hybrid Offline & Online, Kategori MICE!

  • Whatsapp
Contoh RAB Event Hybrid Offline & Online
Contoh RAB Event Hybrid Offline & Online

Dalam dunia festival kebudayaan dan jenis MICE lainnya kita akan mempelajari bagaimana cara menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk kategori Mice. Dimasa pandemi gini iyakan biar event tetap jalan kita harus memikirkan inovasi terbaru agar tetap bisa menjalankan kegiatan secara Offline dan Online. Maaf kalau kata-kata pembukanya kurang greget, intinya kita mau menyusun RAB.

 

1. Pengertian RAB

Merupakan sebuah breakdown kebutuhan belanja dalam mengaggarkan perencanaan proyek atau kegiatan, sebuah perencanaan yang baik dan benar ideal nya merencanakan anggaran belanja sedetails mungkin sehingga tidak boncos.

Kurang lebih itulah yang saya fahami arti dari Rincian Anggaran Belanja merujuk pada pelaksanaan teknis yang sering saya lakukan, semua daftar belanja ada harga satuannya, ada keuntungannya ada pajak nya.

Karena tidak mungkin kita penyedia jasa melaksanakan sebuah kegiatan sebatas kerja gotongroyong tanpa untung iyakan, atau tidak sesuai dengan azas perencanaan yakni efektif, efisien dan tepat sasaran.

BACA JUGA: Artikel sebelumnya, Rab Event Musik

2. Cara Menyusun RAB Event

Rincian anggaran biaya riwayat HPS
Rincian anggaran biaya riwayat HPS atau RAB Event

Memerlukan keahlian khusus dalam menyusus sebuah perencanaan anggaran, contoh saya karena sudah sering menyusus saya sampe halfal harga pulpen yang paling musah sampai yang paling mahal dengan merk tertentu.

jadi ketika saya menuangkan breakdown rincian anggaran untuk beli ATK maka merem aja karna harganya tidak mungkin meleset. Bisa karna Biasa, opsi trial error tidak disarankan dalam perencanaan anggarn kecuali anda sedang riset bisa dipakai metode itu.

Semua item belanja yang kita susun ada rujukan atau data dukung yang menentukan kenapa kita membuat nominal harga dengan nilai tertentu.

contoh sewa lahan, biasanya sewa lahan bagi yang sudah sering dan biasa, sudah bisa memperkirakan permeter nya arrange nya berapa ini juga yang sering digunakan saat menyusun HPS (Harga Perkiraan Sendiri).

Opsi lain jika anda tidak mengetahui harga dari satu item belanja, cara simplenya tanya supplier barang tersebut, cari rujukan di situs resmi yang menjual item/barang tersebut.

sehingga nanti kita punya riwayat RAB darimana kita merujuk harga item yang menjadi dasar menentukan harga.

Jika sudah menemukan semua harga, baru di bungkus dalam format excel secara terperinci dan setting sedetails mungkin sesuai formula anda dalam menyusun RAB.

3. Ketentuan dan Aturan PMK

Bagi anda penyedia yang mengikuti lelang di MICE pemerintahan anda pasti sudah pernah dengar standar Biaya Masukan sesuai peraturan menteri Keuangan atau PMK. dalam menyusun harga tiket, akomodasi, jasa konsultan perorangan semua rate standar sesuai PMK bisa kalian lihat silahkan download di situs resmi JDIH atau kemenkeu.

Silahkan download PMK yang rilis terbaru karena setiap tahunnya ada update atau perubahan jadi gunakan PMK versi terbaru yak.

4. Identifikasi Kebutuhan RAB Event yang akan di Laksanakan

Agar tidak bingung dan keder bagi pemula, hal ini perlu bagi anda saat menusun RAB beberpa yang perlu diperhatikan:

  • mengidentifikasi kebutuhan
  • memahami kerangka acuan kerja
  • baca baik-baik spek tekni pekerjaan
  • semua tahapan dari pra hingga selesai kudu terakomodir di RAB
  • gunakan internet, bertanya dengan tim
  • jika memang perlu menhire tenaga ahli dianggarkan aja, misal jasa special desain
  • bisa juga konsultan di bidang tertentu, sesuaikan kebutuhan aja.
  • jadi semisal perusahaan anda tidak faham mengenai bidang tertentu, jangan panik hire aja konsultan, includekan di RAB.
  • jika anda merekrut beberapa tenaga ahli jangan lupa dokumen keahliannya bisa dipertanggung jawabkan, ada data 9hitam diatas putih) yang menyatakan keahliannya.

5. Tuangkan Rincian Biaya Kedalam Excel

Rapikan semua exercise RAB tadi dalam excel terbaru yang nanti kita lampirkan di proposal, riwayat-riwat dalam proses penyusunan kita saja yang pegang internal aja buat justifikasi kalau ditanya pihak pertama saat audiensi. Jadi kita faham semua harga tadi ada rujukannya tidak ujuk-ujuk sekian, begitu kurang lebih.

6. Akhir Kata terkait Contoh RAB Event

Penting bagi anda mempelajari beberapa peraturan pengadaan agar tidak lari dari jalur sebagaimana mestinya aturan dalam pengadaan barang dan jasa, seperti menerbitkan efaktur, jenis pajak perusahaan dan pajak penghasilan berupa honor seandainya anda menggunakan jasa konsultan. Seiring berjalannya waktu anda akan faham kok nantinya, jangan biasakan menguncu suatu perencanaan, itulah sebab nya ada namanya Plan A dan Plan B.

Untuk contoh gambar diatas sedang saya susun, tadi mau selesaikan karna lagi tidak mood nanti sajalah di rampungkan

Jika rencana pertama tidak bisa maka lakukan rencana B, tapi di ingat target kita gak boleh dirubah sesuai dengan dokumen lelang itu tetap. Sering juga ada namanya adendum silahkan browsing lagi dan baca-baca lah, perbanyak literasi aja. thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.