Daftar Kopi Indonesia Terbaik Paling Sering Di Cari

Kopi Indonesia memang sudah terkenal di nusantara maupun dunia, Daftar Kopi Indonesia terbaik dan khas akan kopi Indonesia memberikan rasa yang spesial di lidah pecinta kopi. Pada umum nya memang sulit membedakan rasa KOPI, hampir semua jenis kopi rasanya PAHIT, namun bagi pecinta kopi sejati membedakan rasa kopi tidaklah terlalu sulit.

A. Jenis kopi Indonesia

Jenis kopi Indonesia yang asli terdiri dari Kopi Arabica dan Kopi Robusta namun terakhir ini seiring berkembangnya Industri KOPI muncul kopi Liberica hingga Excelsa, apa saja perbedaan dari jenis kopi ini? baik mari kita bedah perbedaan kopi Arabica, Kopi Robusta dan Liberica hingga Excelsa.

1. Kopi Indonesia Terbaik Arabica

Kopi Arabica yang banyak di jumpai di Indonesia, memiliki kandungan caffeine lebih rendah yakni 0.8-1.4% Kopi Arabica tidak terlalu pahit namun memiliki tingkat ke asaman lebih tinggi dan kopi ini sering di tanam dan tumbuh di daerah pegunungan, Arabica juga memiliki wangi yang khas seperti wangi bunga-bungaan, buah-buahan dan kacang-kacangan.

BACA JUGA: 10 Kopi Populer Berdasarkan Daerah Asal

2. Kopi Indonesia Terbaik Robusta

Menurut Irawati Dian, pemilik sekaligus barista di Warung Kopi Udin Wati, menuturkan, kopi Arabika dan Robusta tentunya memiliki beberap perbedaan yang sedikit mencolok. Pada umum nya memang sulit membedakan rasa KOPI, hampir semua jenis kopi rasanya PAHIT, namun bagi pecinta kopi sejati membedakan rasa kopi tidaklah terlalu sulit Sedangkan kopi robusta memiliki karakter rasa yang cenderung pahit. “Karakter rasa yang dimiliki oleh robusta lebih seperti kacang-kacangan,” ujar Dian.(Jabar.tribunnews.com)

3. Kopi Liberica

Adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Dan Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit. Wikipedia. Biji kopi liberica memiliki ukuran 2 kali lebih besar dibanding biji kopi biasanya.

4. Kopi Excelsa

Merupakan produk yang ditanam seperti dengan Robusta, yakni di ketinggian di bawah 800 mdpl. Cita rasa kopi ini hampir sepadan. Cita rasa dan aroma Excelsa sangat kuat dan dominan pahit. Ukuran bijinya juga lebih besar dari kopi Arabica ataupun Robusta. Varietas ini juga mampu berbuah sepanjang tahun dan mudah dibudidayakan.(travel.tempo.co).

BACA JUGA: Sejarah Kopi Petama Kali Di Budidayakan Belanda

B. Daftar Kopi Indonesia Terbaik Paling Sering di Cari

  1. Sumatera Utara ( Kopi Sidikalang, Kopi Dolok Sanggul )
    2. Aceh ( Kopi Gayoh Yang Merupakan Indikasi Geografis)
    3. Sulawesi Selatan (Kopi Arabbika Toraja terdaftar Indikasi Geografis)
    4. Nusa Tenggara Timur (Kopi Flores/Bajawa)
    5. Bali (Kopi Kintamani)

Akhir-akhir ini Kopi Semendo asal Palembang juga sering di cari para penikmat KOPI Indonesia.

Pada dasarnya 5 Daftar Kopi Indonesia terbaik di atas menghasilkan Kopi Arabica dan Kopi Robusta, dalam penyajiannya sendiri lebih dari pada experiment dalam menyeduh kopi hingga menemukan formula resep kopi yang Top Markotop.

C. Akhir Kata dan Penutup

Sebenarnya ada banyak Kopi asal Indonesia yang memiliki cirikhas dan di Lindungi Indikasi Geografisnya saking banyaknya peminat dari luar negeri, agar tetap terjaga asal usul nya diperlukan Perlindungan Indikasi Geografis.

Kurang lebih demikian yang dapat kami sampaikan terkait kopi yang pasling sering dicari penikmat kopi.

Mari kita jaga dan lestarikan semua budaya dan tradisi yang ada di Indonesia ini agar tetap bisa diwariskan dari generasi ke generasi, jangan lupa sebarkan informasi ini keteman dan saudara terdekat agar tau sama tau, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *