Daftar Patung Ikonik di Bali Beserta Alamat

Bali memang memiliki patung yang terkenal yaitu patung Garuda Wisnu Kencana yang masih hangat di bicarakan oleh para wisatawan. Selain GWK bali masih memiliki patung yang ikonik dan banyak di kunjungi oleh touris lokal maupun manca negara simak daftar patung ikonik di bali ada apa saja ya…

5 Patung Ikonik di Bali Beserta Alamat

  1. Garuda Wisnu Kencana (GWK)
  2. Bayi Sakah
  3. Dewa Ruci
  4. Kumbakarna Laga
  5. Satria Gatotkaca

1. Patung Ikonik Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Adalah Karya I Nyoman Nurta yang menjulang tinggi terletak di taman budaya Garuda Wisnu Kencana. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter.

Pautng GWK Bali
Pautng GWK Bali

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Berlokasi di: Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
Alamat GWK: Ungasan, South Kuta, Badung Regency, Bali 80361
Jam buka:  9:30AM
Tinggi: 122 m (400 ft)
Bahan bangunan: Tembaga and brass sheet, steel frame, reinforced concrete core

BACA JUGA:

Harga tiket masuk kawasan GWK

Harga tiket masuk ke Garuda Wisnu Kencana Rp 125.000 / orang, anda dapat keliling kawasan GWK Bali. Untuk memasuki area dalam patung Garuda Wisnu Kencana akan dikenakan biaya masuk tambahan Rp 200.000/orang.

2. Patung Dewa Ruci

Selain khas dengan GWK, Bali juga terkenal dengan patung ikonik yang satu ini, dibangun oleh I Wayan Winten pada 1996, patung ini mengisahkan tentang pencarian tirta amertha oleh Bima.

Dewa ruci bali ngurah rai
Dewa ruci bali ngurah rai (img via IG @nengvavaqueenrose)

Tampak pada gambar pada bagian atas patung sosok Bima dan Naga Baruna ini terdapat Sang Hyang Acintya yang merupakan perwujudan Dewa Ruci. Patung Dewa Ruci ini bisa kamu saksikan di perbatasan By Pass Ngurah Rai dan Kuta.

patung ikonik dewa ruci bali
patung ikonik dewa ruci bali

Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai No.120 AB, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

3. Patung Bayi Sakah

Merupakan simbol kelahiran manusia di muka bumi yang digagas oleh Cokirda Darana, Bupati Gianyar pada 1989. Juga dijadikan sebagai berwujudan simbol Sang Hyang Siwa Budha yang dihormati dan disakralkan warga Bali.

Bayi Sakah Patung Ikonik di Bali
Bayi Sakah Patung Ikonik di Bali (img via IG @missionkent)

4. Daftar Patung Ikonik di Bali ke Empat: Patung Kumbakarna Laga

Kumbakarna Laga terbunuh panah sakti milik Rama. Patung dengan tinggi 15 meter ini bisa kamu temui di wilayah Sangeh dan Kebun Raya Bedugul.

Patung Kumbakarna Laga
Patung Kumbakarna Laga (img via IG @aditya.ilham29)

5. Daftar patung ikonik di bali terakhir: Satria Gatotkaca

Patung Satria Gatotkaca ini terdapat di wilayah Tuban, tak jauh dari Bandara Ngurah Rai. Menggambarkan kegagahan Satria Gatotkaca yang merupakan putra Bima. Gatotkaca terkenal dengan kegagahan dan keberaniannya ketika ikut serta dalam perang Bharatayudha.

Patung ikonik Satria Gatotkaca
Patung ikonik Satria Gatotkaca (img via IG @rueljaldo)

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami informasikan terkait daftar patung ikonik yang terdapat di Bali, Indonesia mungkin masih banyak patung-patung yang belum tersebutkan namun kami membahas 5 yang menurut kami paling populer saja.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kata atau koreksi silahkan tinggalkan komentar demi kelancaran dan kemajuan situs ini agar tetap bisa menginformasikan berita seputar kearifan lokal, budaya dan tradisi yang ada di Indonedia Raya ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *