Download SBM 2021, PMK No 119 Apa Saja Perubahannya ?

  • Whatsapp

Standar Biaya Masukan yang di rilis oleh Menteri Keuangan PMK Nomor 119/PMK.02/2020 memiliki perbedaan dengan SBM versi tahun sebelumnya. Yakni seperti Biaya Honor narasumber dan biaya RDK yang sudah tidak ada lagi gaes anda bisa Download SBM 2021 pada lampiran yang kami sediakan.

I. Apa Yang Terbaru di SBM 2021

Dalam penyusunan perencanaan tahun anggaran 2021 Peraturan Menteri Keuangan atau PMK yang di gunakan ialah PMK nomor 119.

Penyusunan penganggaran baiknya merujuk ke SBM 2021 yang terbaru gaes biar tidak terjadi kesalahan administrasi saat pencairan SPJ.

SBM 2021

A. Honorarium Narasumber/Pembahas

Semula

Honorarium yang diberikan kepada Pejabat Negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/Anggota Polri/TNI yang memberikan informasi/ pengetahuan dalam kegiatan Seminar/Rapat/ Sosialisasi/Diseminasi/Bimbingan Teknis/ Workshop/Sarasehan/Simposium/Lokakarya/Focus Group Discussion/Kegiatan Sejenis yang dilaksanakan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, tidak termasuk untuk kegiatan diklat/pelatihan.

Catatan:
Satuan jam yang digunakan dalam pemberian honorarium narasumber/ pembahas adalah 60 (enam puluh) menit baik dilakukan secara panel maupun individual.

Honorarium narasumber/pembahas dapat diberikan dengan ketentuan:
narasumber/pembahas berasal dari luar unit organisasi eselon I penyelenggara; dan/atau
narasumber/pembahas berasal dari dalam unit organisasi eselon I penyelenggara sepanjang peserta yang menjadi sasaran utama kegiatan berasal dari luar unit organisasi eselon I penyelenggara/masyarakat.
Dalam hal narasumber/pembahas tersebut berasal dari dalam unit organisasi eselon I penyelenggara, maka diberikan honorarium sebesar 50% (lima puluh persen) dari besaran honorarium narasumber/ pembahas.

Menjadi
Honorarium yang diberikan kepada Pejabat Negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/Anggota Polri/TNI yang memberikan informasi/ pengetahuan dalam kegiatan Seminar/Rapat/ Sosialisasi/Diseminasi/Bimbingan Teknis/ Workshop/Sarasehan/Simposium/Lokakarya/Focus Group Discussion/Kegiatan Sejenis yang dilaksanakan secara langsung (offline) maupun daring (online) melalui aplikasi secara live dan bukan rekaman/hasil tapping baik di dalam negeri maupun di luar negeri, tidak termasuk untuk kegiatan diklat/pelatihan.

Catatan:
Satuan jam yang digunakan dalam pemberian honorarium narasumber adalah 60 (enam puluh) menit baik dilakukan secara panel maupun individual.

Honorarium narasumber dapat diberikan sepanjang berasal dari luar unit kementerian negara/lembaga penyelenggara, termasuk untuk penyelenggaraan kegiatan yang dananya bersumber dari Dana Dekonsentrasi/Tugas Pembantuan, honorarium narasumber dapat dibayarakan sepanjang sumber pendanaanya dari luar Bagian Anggaran (BA) DIPA penyelenggara.

B. Satuan Biaya Uang Saku Rapat Di Dalam Kantor

SEMULA

Uang saku RDK dapat dibayarkan selama syarat dan ketentuan terpenuhi

MENJADI

DIHAPUS/ Ditiadakan

Untuk lebih details nya perubahan PMK 119 ini silahkan download pada link yang disediakan diatas ya gaes., thanks

II. Dasar Hukum SBM 2021

UU No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

PP No. 90 Tahun 2010 tentang Penyusunan RKA-K/L
Pasal 5 Ayat (3), Penyusunan anggaran RKA-K/L menggunakan instrumen indikator kinerja, standar biaya, dan evaluasi kinerja.
Pasal 5 Ayat (5), Ketentuan standar biaya sebagaimana diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan setelah berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga.

PMK No.71/PMK.02/2013 jo. PMK No. 51/PMK.02/2014 yang mengatur tentang Pedoman Standar Biaya, Standar Struktur Biaya & Indeksasi dalam Penyusunan RKA-KL

III. Dari Perubahan SBM 2020

Sebelumnya kami pernah membahas update SBM versi 2020 bisa cek ” SBM 2020 Nomor 78/PMK.02/2019

Honor Narasumber internal di bayarkan 50 % dari nilai SBM untuk orang Jam (OJ), untuk 2021 sudah di tiadakan honor Pejabat dari Internal atau dari sumber Pagu yang sama. Baik itu ES I, ES II dan Es III.

Download SBM 2021
Download SBM 2021

IV. Akhir Kata

Jadi demikian ya gaes, informasi terkait SBM 2021 yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang mencari PMK nomor 119 atau sedang mempelajarinya, monggo jika ada masukan kritik dan saran tersedia pada kolom komentar di bawah, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *