Home Kuliner Grind Size Kopi Untuk V60 dan Espresso Manual Brewing

Grind Size Kopi Untuk V60 dan Espresso Manual Brewing

40
0
SHARE
Manual brew new rock otten

Dalam istilah kopi disebut juga Grind Size atau ukuran kehalusan saat menggiling kopi disebut juga Grinder. Bagi sobat penikmat kopi perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan rasa kopi yang pas perlu metode Brewing yang berbeda seperti Grind Size Kopi Untuk V60 dan Espresso Manual Brewing.

Untuk jenis manual brewing bisa dibaca pada postingan sebelumnya “Apa Itu Teknik Kopi Brewing dan Teknik Kopi Roasting“.

Berapa Grind size kopi untuk Pour Over V60?

Disini saya contohkan menggunakan mesin Grinder LATINA salah satu mesin giling kopi yang mudah di gunakan dan populer dikalangan penikmat kopi.

Mesin Grinder Latina
Mesin Grinder Latina

Bisa anda lihat pada mesin ukuran yang tersedia mulai dari 0-30 inilah ukuran kopi yang akan kita hasilkan dari mesin grinder Latina ini.

Baik sekarang mesin grinder sudah ada lalu kita mau seduh dengan metode apa?

Disini saya ontohkan dengan dua cara cara pertama adalah menggunakan Pour Over V60 atau dibacanya VSixty.

Untuk VSixty dari experiment saya pada pelatihan kopi kamren, info saja bahwa saya sudah mengikuti pelatihan kopi. Saya menggunakan Grind Size 25 dengan berat kopi 16gram untuk menghasilkan kopi Vsixty siap saji 180gr.

Oke sekarang kita giling kopi dengan size 25 sebanyak 16 gram dan siapkan dalam wadah.

Siapkan alat Pour Over Drip dan masukkan kopi yang digiling size 25 tadi.

Pour Over V60

Tunggu sampai air habis tiris pastikan total hasil VSixty yang akan kita sajikan sebanyak 180gram (anda bisa berexperiment terkait rumus rasio perbandingan untuk mendapatkan hasil yang pas).

Hasil V60 atau vsixty
Hasil V60 atau vsixty Siap di nimati

Lalu berapa grind size untuk Espresso menggunakan Rock Press?

Untuk kebutuhan kopi V60 dan untuk Espresso ataupun MokaPot yang nantinya kita olah menjadi Capuchino atau Latte memang berbeda.

Untuk membuat espresso idealnya menggunakan grindsize lebih halus dibawah 25 jika menggunakan mesin latina sebagai contoh bisa lihat gambar dibawah ini.

Grind size espresso

Setelah mendapatkan ukuran dan selesai di giling brew manual menggunakan rock pressdapatkan hasil nya Espresso dengan crema siap di sajikan.

Manual brew new rock otten
Manual brew new rock

Sekian dulu ilmu kopi malam ini Grind Size Kopi Untuk V60 dan Espresso Manual Brewing selamat membrew gaes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here