Indikasi Geografis Mebel Ukir Jepara

Mebel Ukir Jepara merupakan salah satu komoditas yang telah terdaftar memiliki hak atas Indikasi Geografis. Tradisi seni ukir kayu yang memiliki sejarah panjang dimasyarakat Jepara. Berawal sejak zaman pemerintahan Ratu Shima abad ke-7, Ratu Kalinyamat pada abad ke-16, kemudian berkembang pesat pada era RA.Kartini dan mengalami berbagai pembauran gaya seni yang dinamis hingga sekarang.

A. Seberapa Penting Perlindungan Indikasi Geografis Bagi Mebel Ukir Jepara

Contoh mebel ukir buatan jepara yang asli
Contoh mebel ukir buatan jepara yang asli (img via bukalapak)

Sekitar 90% masyarakat wilayah jepara hidup dari seni ukir ini, talenta mengukir yang dimiliki masyarakat jepara berhasil dipertahankan dari zaman ke zaman karena talenta keahlian itu diwariskan secara turun temurun.

Dari gambar mebel disamping memang ukiran mebel asli jepara ini sudah ilmu ukir warisan secara turun temurun yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah. Banyak jenis ukir mebel yang ada di Indonesia ini namun ciri khas dari Mebel Jepara sangatlah berbeda dan keunikannya serta lekuk-lekuk dengan bahan kualitasnya yang membuat karya ini banyak diminati hingga pasar luar negeri.

Di era globalisasi ini sekat-sekat budaya sudah tidak terbatasi oleh pembagian terotorial lagi, terjadi interaksi antar wilyah sedemikian dasyat, sehingga dimana dan kapan saja kita bisa memasuki budaya orang lain. Dampaknya, terjadi persaingan yang semakin ketat pada setiap produk. Identitas lokal menjadi daya tarik tersendiri dalam pasar global yaitu identitas yang menunjukkan karakter dan kualitas produk lokal akibat pengaruh lingkungan dan budaya setempat.

Untuk itu perlu adanya perlindungan atas Indikasi Geografis ini, produk yang bersangkutan tidak dapat disalah gunakan oleh pelaku komersial yang tidak jujur dan merugikan baik konsumen maupun produsen.

B. Alasan Pentingnya Indikasi Geografis

Mengutip BP Mebel Ukir Jepara Perubahan (Indikasi Geografis Mebel Ukir Jepara) oleh Jepara Indikasi Geografis Produk Mebel Ukir Jepara (JIP-MUI) Pemberian Perlindungan Indikasi Geografis pada Mebel Ukir Jepara dapat dipertimbangkan dengan alasan-alasan berikut:

1. Reputasi produk Mebel Ukir Jepara telah diakui di pasar Global.

Dari tahun ketahun nilai eksport proudk mebel ukir Jepara mengalami peningkatan dengan jumlah yang relatif besar, dapat dilihat pada tahun 1991 nilai eksport Mebel ukir jepara mencapai US $12.997.554.49 meningkat menjadi $23.593.625.45 pada tahun 11992.

Hingga data terakhir ditahun 2006 jenis komoditi mebel ukir jepara dengan jumlah eksportir 265 yang mengirim dengan jumlah negara tujuan 68 negara memiliki total volume 55.765.736,12Kg yang secara keseluruhan memiliki total nilai US $111.842.200,42.

2. Faktor Keahlian dan Tradisi Khusus

Jadi gaes, teknik seni ukir mebel jepara itu memang beda dengan daerah lainnya, itulah yang membuat Mebel Ukir Jepara ini tersohor hingga luar negeri.

3. Memiliki Sejarah Panjang

Proses mebel ukir jepara yang dihasilkan dari talenta dengan keahlian yang khas tidak hanya idapatkan dari belajar saja, akan tetapi juga tradisi warian keahlian mengukir dari nenek moyang.

4. Tata Niaga Industri Mebel di Jepara Telah Terbentuk dan Tertata Sedemikian Rupa

Ada sentra-sentra cluster dan wilayah-wilayah dengan spesifikasi produk yang terjaga kualitasnya akbat respon dari tuntutan pasar. Ada tata niaga mulai dari pengrajin (Produsen), manufacturing, eksportir dan penyedia bahan baku.

Jika ada pedagang yang mengatasnamakan Mebel ukir jepara, misal negara lain, maka kita bisa klaim gaes

C. Nomor Terdaftar Mebel Ukir Jepara Sebagai Indiaksi Geografis

Melalui Jepara Indikasi Geografis Produk-Mebel Ukir Jepara (JIP-MUJ) Mebel Ukir Jepara resmi terdaftar ddengan nomor dan tanggal pendaftaran: ID G 000000003(28 April 2010).

Sudah pasti terlindungi oleh payung hukum sesuai Undang-Undang No 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis BAB I pasal 1 ayat 6 dan 7, Informasi nama-nama Indikasi Geografis terdaftar lainnya bisa di baca ” Hak Atas Indikasi Geografis dan Contohnya “.

D. Akhir Kata dan Penutup

Sebagai penutup dapat mimin ambil beberapa poin yakni, Mebel Ukir Jepara merupakan Indikasi Geografis yang mendapatkan perlindungan dari kecurangan bisnis dari pihak luar, semoga seni ukir dari Jepara ini terus jaya dan membeerikan dampak baik bagi masyarakat Indonesia.

Saat melakukan ekspor kita tak perlu kahwatir lagi Mebel Jepara di klaim negara lain sebagai ciri khas negara dia, karena sudah ada perlindungan IG ini sangat membantu penggiat ukir Jepara utntuk terus berkarya.

Mari kita jaga warisan dan tradisi nenek moyang agar dapat diwariskan kembali secara turun temurun, nah semoga informasi terkait Indikasi Geografis dari Jepara ini bisa bermanfaat dan bagikan ke teman terdekat biar tau sama tau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *