Kearifan Lokal Betawi Dan Makna nya, Yuk Kepoin!

Kearifan lokal adalah bagian dari budaya masyarakat yang diwariskan secara turun temurun tiap generasi, tradisi budaya atau kearifan lokal yang menjadi kebanggaan Indonesia seperti Tradisi budaya suku Betawi yang masih terjaga hingga kini. Mungkin banyak yang belum tau tentang kearifan lokal betawi dan apa saja makna yang terkandung didalamnya.

1. Tentang Suku Betawi

Suku Betawi merupakan salah satu suku bangsa Indonesia dimana penduduk nya padaumumnya bertempat tinggal di Jakarta yang kita kenal juga suku asli Jakarta.

Peta jakarta di pulau jawa
Peta jakarta di pulau jawa

Betawi merupakan keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bang sa yang didatangkan Belanda ke Batavia masa itu.

Bahasa Betawi atau Melayu Dialek Jakarta atau Melayu Batavia (bew) adalah sebuah bahasa yang merupakan anak bahasa dari Melayu. Mereka yang menggunakan bahasa ini dinamakan orang Betawi. Bahasa ini hampir seusia dengan nama daerah tempat bahasa ini dikembangkan, yaitu Jakarta.(Wikipedia)

2. Ragam Kearifan Lokal Suku Betawi

ondel ondel betawi Intelektual Properti
ondel ondel betawi Intelektual Properti (img via trubus.id)

Yang tampak jelas kearifan lokal Betawi hingga sekarang dalam keseharian kita di daerah Jakarta adalah Ondel Ondel, untuk kearifan lokal Ondel Ondel masih banyak di temui dikota Jakarta, bahkan pengamen jalanan menggunakan Properti ini sebagai media nya, selain itu ada juga seperti:

Tentang Ondel – Ondel: bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Tampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa. Dewasa ini ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun.(WIKIPEDIA)

3. Rumah Adat Betawi

Rumah adat betawi dinamakan rumah Kebaya mengutip laman wikipedia, dinamakan rumah kebaya karena memiliki bentuk aatap seperti bentuk Pelana, jika diamati dan dilihat dari samping bentuk nya mirip lipatan lipatan Kebaya.

rumah adat suku betawi dengan nama Kebaya
rumah adat suku betawi dengan nama Kebaya (img via http://jakarta-tourism.go.id)

4. Pakaian Adat Betawi

Pada upacara khusus Betawi memiliki pakaian adat kusus yang bernama baju ujung serong. Pada jaman dulu style baju bangsawan ini khusus diperuntukkan bagi para demang.

BACA JUGA: Kearifan lokal suku minangkabau Sumatera Barat

4.1 Pakaian Adat Keseharian Pria

  • Celana Batik
  • Baju Koko disebut juga SadariahSelendang
  • Pakaian Keseharian Pria
  • Aksesoris Pakaian Adat Berupa Peci Atau Kopyah
  • Pakaian Pengantin Pria
Pakaian adat Betawi Batik
Pakaian adat Betawi Batik (img via: inspirilo.com)
Pakaian adat betawi Sadariah
Pakaian adat betawi Sadariah (img via santrialim.com)
Pakaian adat betawi dengan aksesoris dan kopiyah
Pakaian adat betawi dengan aksesoris dan kopiyah (budayajawa.id)
pakaian adat pengantin pria betawi
pakaian adat pengantin pria betawi (img via adat-tradisional.blogspot.co.uk)

4.2 Pakaian Adat Keseharian Wanita

  • Baju Kurung
  • Kain Sarung Batik
  • Kerudung
  • Pakaian Pengantin Wanita
Pakaian adat betawi keseharian wanita
Pakaian adat betawi keseharian wanita (img via bukubiruku.com)
pakaian adat pengantin wanita betawi
pakaian adat pengantin wanita betawi (img via adat-tradisional.blogspot.co.uk)

4.3 Pakaian Adat Resmi (official)

Pemilihan abang None ini pakaian adat nya
Pemilihan abang None ini pakaian adat nya (img via Liputan6)

Abang None Jakarta adalah kontes pencarian duta pariwisata DKI Jakarta yang diadakan sejak tahun 1968 dan rutin berlangsung hingga kini (wikipedia). Acara ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan provinsi DKI Jakarta. Dalam acara resmi Betawi maksutnya official gitu gaes seperti pemilihan Abang None maka beda lagi baju adatnya seperti gambar diatas.

4.4 Bahasa Khas Betawi

Ape gue bilang… nah Betawi memiliki dialek khas tersendiri gaes, misalkan ape lu kate? unik emang Indonesia ini “Kita Kaya Karena Kita Beragam” intulah intinya. Bahasa Betawi atau Melayu Dialek Jakarta atau Melayu Batavia adalah sebuah bahasa yang merupakan anak bahasa dari Melayu. Mereka yang menggunakan bahasa ini dinamakan orang Betawi

4.5 Musik Khas Kearifan Lokal Betawi

Urusan dunia musik daerah Jakarta juga memiliki musik tradisional yang diwariskan turun temurun dari nenek moyang sepert Gambang Kromong, Marawis, Tanjidor, Kemong, Gendang, Gender dan Gong.

Bisa anda lihat pada video terlampir permainan alat musik oleh masyarakat Betawi dengan alunan nada Terompet dan Gong menciptakan nada nada indah gaes, namanya Musik Tanjidor Betawi.

Musik Gambang Kromong sendiri bisa dilakukan di pentas panggun seni seperti Video diatas ada Gong, Marawis yang menciptakan nada musik tradisional kas Betawi.

Gimana gaes tertarik bikin lagu lagu berbasis Khas Suku Betawi dikemas menjadi modern dan kekinian tanpa menghilangkan kearifan lokal nya tentunya.

Alat musik betawi gambang kromong
Alat musik betawi gambang kromong

Perpaduan alatmusik Gambang Kromong dan Terompet atau Tormbon menciptakan nada khas yang sering kita temui di acara acara adat betawi.

4.6 Kearifan Lokal Betawi Tarian Adat Suku

Tari tarian biasa juga digunakan dalam acara penyambutan misal Pejabat tinggi Negara pake karpet merah trus di sambut tari tarian, biasanya tarian yang digunakan menyesuaikan tradisi dari tarian daerah dimana acara di langsungkan. Untuk jakarta dengan penduduk Betawi juga memiliki tari tarian gaes.

Ragam tarian Betawi

  • Tari Sirih
  • Tari Lenggang Nyai
  • Tari Massal Ondel – Ondel
  • Tari Topeng

5. Kearifan Lokal Betawi Kuliner

Yang ssuka hunting kuliner merapat gaes, kini saatnya kita bahas kuliner khas Betawi yang ada di jakarta baik itu ikonik maupun makanan lainnya.

5.1 Ragam Kuliner Betawi Jakarta

  • Asinan BetawiKerak Telor
  • Semur Jengkol
  • Nasi Uduk Betaw
  • Gado-gado Betawi
  • Soto Betawi
  • Roti Buaya
  • Kue Cucu

Dari list kuliner diatas kita akan bahas Roti Buaya, tidak seperti buaya dara diluar sana  gaes yang mengandung makna negatif. Disini kita membahas kearifan lokal dalam hal ini Roti Buaya Kuliner khas Betawi.

Roti Buayakhas Betawi
Roti Buayakhas Betawi (img via ngopibareng.id)

Filosifi Roti buaya yang sering kita lihat dalam pernikahan adat Betawi ii memiliki makna Kesetiaan, Kesabaran dan Kestabilan Ekonomi. Wah sangat berbeda dengan Buaya Darat ya gaess yang tidak setia malah menggarong sana sini.

Kerak toelor yang sampai jaman milenial sekarang masi tetap terjaga dan mudah ditemukan di Jakarta salah satu makanan khas Betawi ini menjadi ikon Jakarta juga gaes, bentuk nya sih mirip Omlet telor yang membeda yaitu cara masaknya dan hasil masakannya.

BACA JUGA:

kerak telor khas betawi
kerak telor khas betawi (img via id.openrice.com)

Kuliner kerak telor ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ternyata gaes. Sekitar tahun 1970, warga Betawi baru mulai berani menjajakan kerak telor di kawasan Tugu Monas. Makanan ini menjadi daya tarik yang membuat wisatawan berdatangan ke Jakarta. Bahkan, kerak telor pun menjadi makanan kaum elite…(Pegipegi)

Kerak telor mirip omelet
Kerak telor mirip omelet (img : foodsweety.com)

Ini gaes Omelet eh maksutnya Kerak Telor siap dilahap rasanya ya rasa telor pasti gaes. Biasanya sih di hotel-hotel banyak menu Omelet sejenak saya berpikir mestinya ada himbaun untuk Hotel di daerah jakarta agar Resto nya menyediakan makanan khas Kerak Telor untuk mengenalkan kuliner Betawi ke turis luas.

6. Akhir Kata dan Kesimpulan

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait tradisi adat budaya kearifan lokal yang dimiliki Betawi daerah Jakarta. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan NKRI anda, jika ada yang kurang atau perlu ditambahkan baik itu salah kata atau penulisan jangan sungkan tinggalkan komentar untuk kemajuan dan kelancaran bersama.

Referensi Bacaan:

  • https://id.wikipedia. org/wiki/Rumah_kebayah
  • ttps://id.wikipedia. org/wiki/Suku_Betawi
  • https://www.romadecade. org/pakaian-adat-betawi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *