Kearifan Lokal Minangkabau Dan Sejarah Budayanya, Yuk Kepoin

Minangkabau adalah suku khas dari daerah Sumatera Barat, ada banyak warisan budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat Indonesia, mari kita simak apa aja Kearifan Lokal Minangkabau Dan Sejarah budaya nya.

1. Tentang Suku Minangkabau

Berbicara tentang suku minang kabau pastilah yang terlintas di benak kita seperti merantau, bisnis dagang, bahasa unik cie duo tigo, pantai air mani sumatera barat dan juga lagu daerah minang tak ketinggalan gadih minang nan rancak.

Etimologi suku minang mengutip wikipedia: Nama Minangkabau berasal dari dua kata yaitu, minang dan kabau. Nama itu dikaitkan dengan suatu legenda yang dikenal di dalam Tambo. Dari tambo tersebut, konon pada suatu masa ada satu kerajaan asing (biasa ditafsirkan sebagai Majapahit) yang datang dari laut dan akan melakukan penaklukkan. Untuk mencegah pertempuran, masyarakat setempat mengusulkan untuk mengadu kerbau.

1.1Sekilas Tentang Tambo

Tambo adalah buku yang menceritakan sejarah negeri Minangkabau. Jadi gaes jika kalian pengen menggali lebih dalam tentang suku minangkabau bisa memrujuk ke buku Tambo.

Tambo ini juga sangat dimuliakan dan dipandang sebagai pusaka keramat, sehingga yang memegangnya pusaka tambo adalah kepala suku.

2. Ragam Kearifan Lokal Minangkabau

Suku minangkabau memiliki ragam budaya dan tradisi warisan nenek moyang dan masih terjaga hingga kini, berbagai kegiatan yang berbasis kearifan lokal masih banyak di temui khusunya di sumatera barat beberapa diantaranya.

2.1 Mandi Balimau

Mandi Balimau merupakan tradisi urang minang yang dilakukan di tepisungai pleh masyarakat ramai menggunakan jeruk nipis dan biasanya dilakukan jelang hari besar. Tradisi ini sudah dilakukan selama berabad-abad.

Waktu mimin tinggal di Riau pernah sekali mengikuti tradisi ini karena di Riau juga banyak suku minangkabau namun sebenarnya suku asli Riau adalah Melayu.

2.2 Rumah Gadang

Rumah gadang adalah nama rumah adat Minangkabau Sumatera Barat. Gadang itu artinya Besar gaes karena mimin juga lancar berbahasa padang artinya rumah besar (Rumah Gadang) mungkin rumah kebesaran tepatnya.

Bentuk rumah gadang sangat berbeda dan unik yakni ujung runcing sisi atap nya itu gaes, jika kalian hobbynya mainan paralayang atau terjun payung dilarang keras mendarat dikat rumah gadang bisa kecucuk ujung runcing atapnya gaes hehehe 😀

2.3 Malin Kundang

Legenda Malin Kundang: Pernah dengar legenda malin kundang? “ku kutuk kau jadi batu” jika belum pernah dengar ane kasi spoiler nya ne gaes, Legenda ini bisa anda temui peninggalan sejarahnya di Pantai Air Mani provinsi Sumatera Barat, mimin sudah pernah kesana dan ada dua versi sih, batu malin kundang yang asli dan yang versi buatan.

Kalian bisa datang ke Taplau (tapi lauik) dekat pantai airmani disana ada Batu Malin Kundang untuk mengetahui legenda nya bisa tanya warga sekitar mereka asyik ko orangnya.

2.4 Masakan Randang Kearifan Lokal Minangkabau

Randang adalah makanan khas Minangkabau yang sudah terkenal dan Go Internasional selain sudah menjadi tradisi masak daging pake kelapa gongseng atau disebut rendang, makanan dari daging sapi dan kelapa gongseng ini berasal dari Sumatera Barat khas Minang.

2.5 Karupuak Jariang

Karupuak Jariang adalah keripik jengkol gaes, di sumatera barat makanan ini dicampur dengan lauk saat makan enak sekali, tambahannya biasanya karupuak singkong di goreng dan dikasi samba lado.

Waktu mimin masih sekolah di bangku SMP karena mimin dari SMP sudah terbiasa merantau, waktu itu bekal makan siang wajib Karupuak Jariang dan Singkong pake samba lado merah padeh dan ini khas sudah menjadi tradisi masak orang minang gaes.

2.6 Samba Lado Padeh Kearifan Lokal Minangkabau

Samba Lado adalah sambal pedas pake lado merah atau hijau keseringan sih lado merah (cabe merah). Setiap masakan padang memang khas akan pedas (Padeh bahasa minangnya).

Tradisi masak dengan samba lado sudah lama sekali melekat di suku minang kabau, seperti masak ayam goreng dengan samba lado merah.

3. Rumah Adat Minangkabau

Rumah adat minangkabau bernama Rumah Gadang, ciri khas dari rumah gadang yakni atap runcing mengerucut keatas. Berani mendarat disini saat terjun payung atau main paralayang? 😀

gambar rumah gadang minangkabau
gambar rumah adat minangkabau (img via: nesabamedia.com)

Sebutan lain untuk rumah adat minang ini adalah Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang.

Identitas rumah adat minangkabau mejadi slah satu cirikhas Sumatera Barat, konon katanya bentuk lancip mengerucut runcing atap rumah gadang terinspirasi dari Lancang (Kapal). Pantes di Riau ada lagu Lancang Kuning Berlayar Malam itu lah sedikit definisi Lancang (kapal), Riau yang khas dengan Melayu masih memiliki keterkaitan dengan Minangkabau.

3.1 Ciri Khas Rumah Gadang Kearifan Lokal Minangkabau

3.1.1. Atap Runcing

Atap runcing seperti Lancang (kapal) menjadi chirikhas rumah gadang yang bisa anda temui di Bukit Tinggi atau Kota Padang. Jika diamati dari depan mirip seperti tanduk Kerbau juga disebut atap gonjong.

3.1.2. Interior dan Kontruksi

Desain rumah gadang berbentuk segi empat yang dibagai dalam interior depan dan belakang. Bagian interior biasanya di hiasi ukiran ukiran khas minangkabau yang emperindah rumah itu sendiri.

3.1.3. Ukiran Corak Rumah Gadang

Terdapat corak yang menghiasi rumah gadang seperti corak dengan otif daun melingkar, seperti motif pucuk rebung.

motif atau corak rumah gadang minangkabau
motif atau corak rumah gadang minangkabau

Motif pucuk rebung ditafsirkan sebagai: kecil berguna besar terpakai.

motif seluk laka rumah gadang
motif seluk laka rumah gadang

Motif seluk laka ditasirkan sebagai, kekerabatan yang saling berkaitan. Ada juga motif Keluk Paku, Jala, Jerat, Itik pulang petang dan sikumbang manis.

BACA JUGA:

3.1.4 Istana Pagaruyuang

istana pagaruyuang rumah adat minangkabau
istana pagaruyuang rumah adat minangkabau (img via regarzworld.wordpress.com)

Selain corak dan desain kontruksi Rumah Gadang memiliki ciri Istana Pagaruyuang yang merupakan icon bagi rumah adat Minangkabau dan juga sebutan untuk kuatnya pondasi rumah adat Minangkabau.

4. Pakaian Adat Kearifan Lokal Minangkabau

Sumatera Barat dengan Ibu Kota Padang juga terkenal dengan pakaian adat nya, yang terkenal misalnya seperti pakaian adat Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang.

4.1 Pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang

pakaian adat minangkabau sumatera barat
pakaian adat minangkabau sumatera barat (img via http://jurnalsumatra.com)

Pakaian Bundo kanduang atau Limpapeh adalah pakaian yang sering digunakan wanita, untuk pakaian adat minangkabau terdiri dari:

4.1.1 Tingkuluak (Tengkuluk)

Bagian dari pakaian adat minang yang dikenakan di kepala semacam topi tapi ini khas berbentuk seperti kepala kerbau atau atap rumah gadang.

4.1.2 Baju Batabue

Adalah baju adat miangkabau yang dihiasi benang berkilau ke-emasan sering dijumpai pada pakaian adat pernikahan suku minang gaes.

4.1.3 Lambak

Lambak merupakan sarung bawahan pakaian adat minangkabau, sebagai pelengkap baju adat Bundo Kanduang. Biasanya sarung dikenakan dengan cara diikat di pinggang yang ditata rapi dan elok.

4.1.4 Salempang

Agar pakaian adat semakin terlihat indah dikenakan salempang atau Salendang songket, yang dikenakan oleh wanita minangkabau khas baju adat.

4.1.5 Terlihat cantik dan ganteng pkaiian adat minang dilengkapi juga perhiasan seperti gelang, anting juga cincin.

5. Bahasa Daerah Minangkabau

karena awak bisa bahasa minang maka saya akan menjelaskan versi bahasa minangkabau, jadi modeiko critonyo di kampuang awak minangkabau pada, buki tinggi solok sampai kelok sambilan pemandangan nyo indah bana.

Nah ngerti kah teman-teman artinya tanyakan sama orang padang terdekat anda yah hehehehe.

Bahasa minang itu unik gaes beberapa kosa kata yang bisa saya contohkan seperti:

Ciek= satu, Pitih=Uang, Kama=Kemana, ondeh pajako=aduh anak ini, apo karajo wa’ang ko=apaan dah kerjaan lu begini.

Unik banget iyakan keberagaman Indonesia ini terdiri dari banyak suku bahasa.

Bahasa Minangkabau adalah salah satu bahasa dari rumpun bahasa Melayu yang dituturkan oleh Orang Minangkabau sebagai bahasa ibu khususnya di provinsi Sumatra Barat.(wikipedia)

6. Musik Khas Kearifan Lokal Minangkabau

Lagu minang sangatlah populer dan ketika didengar kita tau bahwa oh itu lagi minangkabau, contoh msuik minang kabau lagu padang Andra Respati feat Ovhi dengan judul ” Manunggu Janji”.

7. Kearifan Lokal Minangkabau: Tarian Adat

Setiap daerah memiliki tarian khas yang diperhelatkan dalam upacara adat misalnya, didaerah sumatera barat ada tarian yang bernama:

  • Tari Piring yang sering kita lihat di tipi
  • Tari Rantak
  • Tari Payung
  • Tari Indang
  • Tari Randai
  • Tari Lilin
  • Tari Pasambahan Minang
  • Tari Ambek-ambek Koto Anau
kearifan lokal tari piring minangkabau sumatera barat
kearifan lokal tari piring minangkabau sumatera barat (img via pesona.travel)

8. Kearifan Lokal Minangkabau: Kuliner

Suka samba lado merah yangkhas dengan pedas atau randang dagiang bisa juga rendang jengkol, masakan padang memang sudah terkenal di lokal maupun mancanegara, rumah makan padang sendiri dari sabang sampai merauket bahkan Luar Negri.

Ragam Kuliner Minang Sumatera Barat

Menu masakan yang bisa anda nikmati dari ranah minang adalah seperti, tunjang gulai, randang, ayam goreng balado, samba lado ijau dan masih banyak lagi.

9. Akhir Kata dan Kesimpulan

Sekian yang dapat disampaiakn terkait kearifan lokal suku minangkabau warisan budaya yang terus terjaga dari nenek moyang ke generasi nya.

Jika ada yang salah mohon dikoreksi dikolom komentar demi kelancaran bersama, semoga informasi etnis suku budaya dari minangkabau ini bisa menambah wawasan kita bersama agar tetap terjaga hingga kenaka cucu.

Daftar bacaan:

https://id. wikipedia .org/wiki/Orang_Minangkabau#Etimologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *