Kearifan Lokal Suku Batak Dan Tradisi Budaya nya

Batak adalah suku yang terkenal di Sumatera Utara kota Medan sekitarnya. Ragam Suku Batak, seperti batak toba, batak karo, batak simalungun dan batak mandailing. Kearifan Lokal Suku Batak Dan Sejarahnya pun banyak terukir hingga menjadi warisan budaya hingga saat ini seperti tarian khas suku Batak yaitu Tor Tor.

1. Tentang Suku Batak Dan Ragamnya

Suku Batak merupakan salah satu suku di Indonesia yang banyak ditemui di Pesisir Danau Toba, Sumatera Utara, dari keseluruhan suku batak ini gaes memiliki turunan atau sub-suku lagi seperti Batak Simalungun, Karo, Angkola, Mandailing, Pakpak, dan Toba.

Semua suku batak memiliki marga dan menjadi Identities Suku ketika diperantauan, jadi kalau ketemu sesama batak tinggal sebut marga maka udah tau assal dan rumpun marganya.

1.1. Batak Simalungun

Simalungun ini berasal dari Kabupaten Simalungun beberapa marga yang terkenal disini seperti Purba, Saragih dan masihbanyak lagi. Bahasa suku batak simalungun pun berbeda cendrung menggunakan kata HAM (kamu/anda)

Logo batak simalungun (Kabupaten Simalungun)
Logo bataksimalungun (Kabupaten Simalungun)

Dari segi lagu adat pun berbeda sendiri tipa sub suku batak untuk simalungun sendiri bahasa dan lagu lembih mendayu dayu, namanya lagu simalungun yang terkenal artis daerah simalungun adalah Jhon Elyaman dengan salah satu lagunya yang pouler berjudul “Gumis Ni Huting Pe Ganjang Do“.

Untuk simalungun saat ini terkenal dengan Kopinya gaes, yakni kopi lintong Simalungun.

Beberapa kota yang terkenal disimalungun untuk destinasi wisata, Haranggaol dan Tongging.

1.2. Batak Karo

Berada di daerah Berastagi Kaban Jahe dan di kota Medan asalnya di daerah Berastagi gaes, suku karo memiliki bahasa sendiri berbeda juga dengan suku batak lainnya, jika kalian pernah dengar “Mejuah Juah” nah ini bahasa karo gaes.

Lagunya berbeda dan pakaian adatnya berbeda pulak, salah satu contoh marga batak karo adalah Ginting, Sembiring ada juga Karo karo.

1.3. Batak Toba

Jika kalian pernah dengar Kabupaten Tobasa (Toba Samosir) Darisini lah asal suku batak Toba, tepatnya daerah Pulau Samosir Danau Toba sana gaes.

Bahasanya lain pulak tidak sama dengan batak simalungun dan karo, suku batak memang unik dan beragam gaes.

Tobasa terkenal juga dengan destinasinya yaitu Parapat dan pulau samosir gaes.

1.4. Batak Mandailing

Suku Batak Mandailing lebih banyak ditemui di bagian utara pulau Sumatra, beberapa contoh marga dari Mandailing adalah Batubara, Batunabolon, Baumi, Borotan dll (wikipedia)

1.5. Batak Angkola

Bahsa batak angkola agak mirip dengan batak toba, contoh marga batank angkola seperti Harahap, Hasibuan Nasution dll. Banyak di temui di Sumatera Utara rea kota Sipirok, daerah pedalaman dekat kota Sibolga menuju perbatasan provinsi bagian selatan.

2. Ragam Kearifan Lokal Suku Batak

Ada banyak sekaliw arisan budaya suku Batak yang diwariskan oleh nenek moyang dahulunya, sebut saja yang sudah mendunia yaitu tarian adat khas Batak “TOR TOR”.

Berikut 5 Contoh Kearifan Lokal Suku Batak

2.1. Kearifan Lokal Suku Batak Tor Tor (Manortor)

Tarian adat khas suku batak, biasanya tarian ini dilakukan pada upacara Adat Nikah, Upacara Adat Pemakaman Orang Yang Meninggal (manortor) yang diringi suara gondang alat musik khas batak.

Tari Tor Tor Suku Batak
Tari Tor Tor Suku Batak ,manortor ma tortorhon (Img via ragambudayabatak.files.wordpress.com)

Diera modern saat perayaan ulang tahun juga bisa kok manortor dengan tarian tor tor karena manortor artinya menari Gaez.

BACA JUGA:

Ulos adalah bagian yang tak terpisahkan dari acara manortor setiap orang yang manortor idealnya harus menggunakan Ulos apalagi saat Upacara Adat.

2.2. Pesta Danau Toba

Acara pesta tahunan ini selalu diadakan dengan meriah oleh warga batak dan dilaksanakan di aera Danau toba, biasanya mengundang artis batak populer untuk meramaikan acara ini gaez.

2.3. Kearifan Lokal Suku Batak Mangokkal Holi

Mangokkal Holi tradisi Batak
Mangokkal Holi tradisi Batak (img via liriklagubatak.com)

Tradisi unik orang batak beda tipis sama Orang Toraja, jika di Toraja jasad yang sudah meninggal dirias disebut Ma nene berbeda dengan orang batak jasad leluhur yang sudah lama meninggal bisa di bongkar jasad tengkoraknya dengan prosesi upacara adat khusus batak yang nantinya di pindahkan ke tempat yang lebih layak atau semacam tugu Oppung Kebesaran, disebut Mangokkal Holi (Holi artinya tulang – tulang atau tengkorak)

2.4. Kearifan Lokal Suku Batak Tenun Ulos

Namboru sedang menenun Ulos
Namboru sedang menenun Ulos (img via tribun Medan)

Keahlian orang batak dalam menenun ulos sudah mendunia gaes, ulos diera modern tidak lagi sekedar ulos yang di pakai saat upacaraa adat, walau aslinya Ulos adalah untuk Adat, namun seiring perkembangan jaman Ulos sudah ke arah fashion gaes bisa di buat baju dress dan tas.

2.5. Kuliner Babi Panggang yang Enak dan Lezat

Takterlupakan yang satu ini gaes, Babi Panggang dan Saksang adalah makanan enak lezat dan bergizi di sumatera utara, selain dimakan dengan nasi bisa juga dimakan dalam bentuk cemilan dengan cara di panggang.

Dalam upacara adat ada namanya mamotong lomok-lomok artinya potong babi Kecil untuk Prosesi Adat tertentu.

Khas babi panggang adalah, sup, sayur puccuk ubi, dan rasa andaliman plus pedas nya cabe rawit.

3. Cerita Legenda Suku Batak

Banyak cerita legenda yang berasal dari sumatera utara seperti Batu gantung dan juga ikan mas yang berubah jadi manusia, berikut contohnya:

3.1. Kearifan Lokal Suku Batak Legenda Danau Toba

Cerita rakyat tentang legenda atau asal usul Danau Toba kokon katanya hiduplah seorang Pria yang rajin bekerja dan ulet, bercocok tanam dan memancing adalah kesehariaanya hinga suatu ketika dia pergi memancing dan mendapatkan se ekor ikan mas yang besar.

Kaget dan terharu ia bawa pulang ikan mas yang besar yang ia dapat dari memancing, dan menaroknya di dapur dalam ember, namun saat ia hendak memasak ikan tersebut ASTAGA ia melihat sosok gadis cantik yang ternyata dalam cerita legenda yang saya baca dari berbagai sumber ternyata wanita tersebut adalah jelmaan dari Ikan Mas besar tadi.

Singkat cerita mereka pun menikan dengan perjanjian Pria tersebut harus merahasiakan asal usul wanita cantik tersebut dalam keadaan marah sekali pun ia tadak boleh mengatakannya, jika sampai hal tersebut dilanggar maka terbentuklah Danau TOba eh belum, maka terjadilah bencana besar didesa ia tinggal.

Setelah menikah dan memiliki anak bernama SAMO, suatu ketika lagi anaknya ini berbuat ulah yang bikin bapaknya marah dan saking marahnya ia mengatakan yang melanggar perjanjian, si PRia itu mengatakan dengan kesal emosi” Dasar Anak Ikan Pergi Kau dari Rumah Ini” Duarrr dilanggar sudah janjinya dan tiba tiba gelap hujan deras danhujan yang deras menggenang air penuh dan terbentuklah danau toba dengan nama SAMOSIR Pulau di tengahnya diambil nama anaknya SAMO yang di USIR.

Secara Penelitiaan Danau TOba terbentuk oleh CALDERA Akibat Letusan Gunug Ynag Dasyat, bisa kalian cari bukunya di google tentang Toba Caldera.

3.2. Batu Gantung

Batu gantung yang terdapat di daerah Parapt Sumatera Utara ini memiliki cerita legenda, konon katanya batu ini adalah seorang putri cantik bernama Seruni, namun ia putus asa karena di jodohkan oleh orang tuanya sementara Seruni sendiri sudah memiliki pilihan hatinya dan telah menjalin hubungan dengan pria pilihan Nya.

Legenda batu gantung di danau toba
Legenda batu gantung di danau toba

Singkat cerita Seruni putus asa karena dipaksa harus menikahi pria pilihan ayahnya yang tidak seleranya, akhirnya ia melompat kedalam jurang dan jurang tersebut mulai merapat, seruni berkata Parapat Batu parapattttt.

Batu tersebut merapat dan menghimpit (Parapat) tubuh Seruni yang menjadi batu gantung sekarang.

4. Rumah Adat Batak

Bermarga adalah salah satu Identitas orang batak namun selain itu Suku batak juga memiliki Rumah Adat yang khas warisan dari nenek moyang dan masih terjaga hingga kini.

Rumah adat batak bernama rumah bolon
Rumah adat batak bernama rumah bolon (img via notepam.com)

Rumah adat batak di Sumatera Utara memiliki nama Rumah Bolon atau Rumah Gorga.

5. Pakaian Adat Batak

Halak batak memiliki pakaian adat yang bermacam macam tergantung sub sukunya, misal batak toba, batak simalungun atau batak karo masing masing punya cirikhas pakaian adat, yang menjadi persamaannya adalah rata rata menggunakan Ulos atau Bulang walau beda bentuk.

Pakaian batak toba
Pakaian batak toba (img via perpustakaan.id)

Seperti suku batak simalungun misalnya adat batak Wanita memakai pakaian adat dengan menggunakan Bulang, sedangkan untuk Pria memakai Toga. Biasanya dipakai saat upacara adat pernikahan.

Pakaian adat batak simalungun
Pakaian adat batak simalungun (img via tobatabo.com)
Pakaian adat batak Karo
Pakaian adat batak Karo (img via wikipie.co.id)

Sedangkan untuk suku batak Karo Bulang yang dikenakan wanita cendrung lebih besar. (Bulang atau Toga adalah penutup kepala semacam mahkota)

6. Bahasa Suku Batak

Jenis bahasa suku batak juga terbagi atas sub daru suku itu sendiri batak karo memiliki bahasa suku sendiri begitu juga batak simalungun atau batak Toba.

  • Bahasa Batak Karo misalnya: Mejuah Juah, Biring Manggis, Nande Biring dll
  • Bahasa Batak Simalungun Contohnya : Ulang Ham Songoni Boto ( Jangan Anda Begitu)
  • Bahasa Batak Toba Contohnya: Unang ho lalap dah ( jangan kau keterusan dah)
  • Dll…

7. Musik Khas Kearifan Lokal Batak

Banyak sekali jenis musik suku batak masing masing sub suku batak seperti Karo, Toba, Mandailing Simalungun memiliki khas musik sendiri contoh:

  • Lagu Batak Karo: Biring Manggis, Mama Biring
  • Lagu Batak Simalungun: Gumis Ni Huting Pe Ganjang Do
  • Lagu Batak Toba: Surat Narara, Garama Parmotor
  • Dll…

8. Akhir Kata dan Kesimpulan

Itulah yang dapat kami sampaikan terkait tradisi budaya warisan di Suku batak atau kearifan lokal suku batak yang terjaga hingga saat ini, semoga bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Jika ada yang kurang mohon dikoreksi tinggalkan komentar di kolom komentar agar bisa kami perbaiki demi kelancaran kita bersama, thanks.

Referensi Bacaan:

https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Batak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *