Kearifan Lokal,Contoh Plus Penjelasan

Adalah budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut seperti tradisi unik, ritual adat, perilaku unik dan warisan budaya lainnya yang banyak di Indonesia ini.

Apa Contoh Kearifan Lokal

Kearifan lokal dapat di temui dalam cerita rakyat, lagu, peribahasa, dan permainan rakyat yang memiliki karakter atau ciri seperti:

  • Kemampuan memgendalikan.
  • Merupakan benteng untuk bertahan dari pengaruh budaya luar.
  • Memiliki kemampuan mengakomodasi budaya luar.
  • Mampu memberi arah perkembangan budaya.
  • Mempunyai kemampuan mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
kearifan lokal warisan budaya secara turun temurun
kearifan lokal warisan budaya secara turun temurun

Beberapa contoh kearifanlokal seperti dilansir Dosen Pendidikan:

1. Awig-Awig (Lombok Barat dan Bali) merupakan aturan adat yang menjadi pedoman untuk bertindak dan bersikap terutama dalam hal berinteraksi dan mengolah sumber daya alam dan lingkungan didaerah Lombok Barat dan Bali.

2. Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako (alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap sebagai bagian dari hidup manusia. Dengan demikian maka pemanfaatan sumber daya alam secara hati-hati.

3. Serawai, Bengkulu, terdapat keyakinan celako kumali. Kelestarian lingkungan terwujud dari kuatnya keyakinan ini yaitu tata nilai tabu dalam berladang dan tradisi tanam tanjak.

4. Masyarakat Kasepuhan Pancer Pangawinan, Kampung Dukuh Jawa Barat. Mereka mengenal upacara tradisional, mitos, tabu, sehingga pemanfaatan hutan hati-hati. Tidak diperbolehkan eksploitasi kecuali atas ijin sesepuh adat.(dosenpendidikan.co.id)

Menurut Kampret News

Jika diambil poin sebagaimana kearifan lokal di artikan bagian budaya yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat yang bisa temui dalam cerita rakyat, lagu, peribahasa, dan permainan rakyat. Menurut mimin permainan yang sudah lama diwariskan dari generasi ke generasi yang ada dalam kehidupan rakyat apakah termasuk kearifan lokal seperti ” Permainan Meriam Bambu “.

Kita tahu permainan tersebut sudah lama ada di kehidupan masyarakat sudah membudaya setiap mau lebaran pasti permainan ini muncul dan dimainkan banyak orang.

Jika disebutkan kearifanlokal di temui dalam lagu maka, apakah lagu daerah dan tarian daerah juga merupakan termasuk kedalam contoh kearifanlokal ini?

Ada banyak tradisi dan warisan budaya yang beragam di Indonesia ini seperti:

  1. Tradisi Unik Papua: Bakar Batu Ritual Ungkapan Syukur
  2. Tortor Tarian Unik Suku Batak Sumaterea Utara
  3. Ritual Manene Tradisi Unik Masyarakat Toraja

Contoh Kearifanlokal Bali

Indikator atau ciri kearifan lokal sebagaimana disebutkan diatas ialah mampu mengendalikan dalam hal ini adat dan tradisi Bali yang masih dilestarikan oleh masyarakt Bali berikut contoh nya:

Budaya dan tradisi yang diwariskan oleh leluhur secara turun temurun, seperti yang kita banyak temukan di wilayah Indonesia termasuk juga Bali.

Contoh Kearifan Lokal Suku Toraja

Ada banyak sekali tradisi unik berbasis kearifan lokal di sulaesi selatan seperti di Toraja

  1. Rumah Adat Suku Toraja
  2. Tradisi Unik Ma’Nene
  3. Rambu Solo
  4. Ma’Tinggoro Tedong
  5. Silaga Tedong
  6. Sisemba

Betawi

Suku betawi merupakan suku yang dapata ditemui di daerah Ibu Kota Jakarta dengan warisan Budaya nya yang khas

  1. Pakaian Adat Betawi
  2. Bahasa Khas Betawi
  3. Musik Khas Kearifan Lokal Betawi
  4. Kearifan Lokal Betawi Tarian Adat Suku

Minangkabau

Sumatera barat memiliki suku asli Minangkabau dengan ragam tradisi dan kebudayaan

Akhir Kata

Kurang lebih begitulah pemahaman mimin terkait kearifan lokal disebutkan dalam pengertian dan contoh nya di atas, semoga dapat di fahami dan dimengerti.

Ragam suku yang ada di indonesia memiliki tradisi unik dan khas masing masing berbasis kearifanlokal

Apabila ada kesalahan dalam penulisan kata mohon maaf, silahkan share dan bagikan informasi ini ke kerabat dan saudara kalian agar mereka juga mengetahui info menarik ini.

terimakasih.

admin[at]kampretnews.com