Makna Patung Selamat Datang Bundaran HI

Makna patung selamat datang atau monumen selamat datang yang terletak di tengah bundaran Hotel Indonesia (HI) memiliki makna monumen selamat datang yang dibangun pada 17 Agustus 1961 dan diresmikan pada 1962, untuk menyambut tamu dan para atlet Asian Games IV yang diadakan di Jakarta, pada 24 Agustus 1962 – 4 September 1962. Patung ini tampak menggambarkan sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan.

Patung Selamat Datang Bundaran HI
Patung Selamat Datang Bundaran HI

Makna Patung Selamat Datang Bundaran HI

Tahukah sobat sekalian apa saja yang menjadi makna atau pesan yang disampaikan dengan di bangun nya monumen pada tahun 1961.

1. Untuk Menyambut Tamu Asian Games

Salah satu tujuan di dirikan monumen selamat datang pada tahun 1961 ialah untuk menyambut tamu para Atlet Asian Games IV yang di adakan di Jakarta pada 24 Agustus 1962 – 4 September 1962.

2. Patung Tampak Menggenggam Bunga

Jika di lihat secara langsung atau melalui visual gambar yang beredar di internet monumen selamat datang tampak sepasang manusia dan menggenggam bunga dan melambaikan tangan gaes, bisa di lihat pada gambar terlampir.

3. Patung Selamat Datang Menghadap ke Arah Monas

Arah patung juga persis menghadap ke arah monas, seperti namanya selamat datang, jadi patung melambaikan tangan menyambut tamu yang datang dari arah Monas atau Monumen Nasional.

4. Patung Memiliki Makna Ideologi Negara (Pancasila)

Area bundaran patung terdapat lima formasi air mancur kolam yang disebut sebagai simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila.

BACA JUGA: Makna Patung Tugu Tani Yang Terletak di Kawasan Gambir

5. Patung Selamat Datang Merupakan Ide dari Presiden Soekarno

Masa pemerintahan presiden pertama Soekarno memang banyak membangun monumen seperti Pancoran misalnya, nah begitu juga dengan monumen selamat datang ini pembuatan patung ini berasal dari ide Presiden Soekarno sementara itu untuk rancangan awalnya dikerjakan oleh Henk Ngantung, Wakil Gubernur DKI Jakarta, saat itu. Sementara pelaksana pembuatan patung adalah tim pematung Keluarga Arca pimpinan Edhi Sunarso di Karangwuni, Jawa Tengah. Edi Sunarso jugalah yang merancang patung pancoran gaes.

Alamat: Jl. Kebon Melati 1 No.5, RT.1/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Dibuka: 17 Agustus 1961
Provinsi: Jakarta
Letak: Jalan Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta 10350, Indonesia
Desainer: Henk Ngantung, Edhi Sunarso

Akhir Kata

Gimana gaes jika menurut kalian informasi ini bermanfaat silahkan share atau bagikan ke teman saudara agar mereka juga mengetahui informasi tentang sejarah patung Selamat Datang yang terletak di Bundaran HI ini.

Ukuran patung:
Memiliki berat 5 ton, dengan tinggi kepala sampai kaki 5 meter. Sementara, tinggi seluruhnya sampai ujung tangan 7 meter, dan tinggi penyangga atau voetstuk dudukan yaitu 10 meter.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kata mohon koreksi nya tinggalkan komentar pada kolom komen yang tersedia, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *