Makna Patung Tugu Tani Yang Terletak di Kawasan Gambir

Patung tugu tani mengandung makna bagaimana seorang ibu yang membekali anaknya yang hendak pergi ke medan operasi. Sebuah tulisan terpahat di bagian patung tersebut berdiri “Hanya Bangsa yang dapat Menghargai Pahlawan-pahlawannya yang dapat Menjadi Bangsa Besar”.

Sejarah Berdirinya Patung Tugu Tani

Berdirinya patung ini menyerupai seorang petani dan wanita diperoleh dari perjalanan Manizer ketika mengunjungi Indonesia pada tahun 1960. Kala itu, dia mendengar cerita tentang kisah seorang ibu yang mendukung anaknya untuk berperang demi negaranya, dan mengingatkan anaknya untuk jangan pernah meninggalkan orang tuanya. Kembali ke Uni Soviet, Ia bersama rekannya membuat patung tersebut sebagai kenang-kenangan.

tugu tani jakarta
tugu tani jakarta

Pembangunan Tugu Tani

Pembangunan tugu tani berhubungan dengan Patung itu cermin dari keberhasilan pertempuran di Irian Barat sehingga dilukiskan dalam bentuk patung. Dalam sebuah buku di ceriatakan bahwa Sukarno menginginkan tugu tani dibuat untuk memperingati perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Irian barat yang selama ini dikuasai oleh Belanda hingga 1963.

Mengutip laman liputan6 bahwa tugu tani ini ternyata pernah dituding simbol komunis namun hal tersebut di jelaskan oleh Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Moeldoko mengatakan, patung Tugu Tani adalah patung pahlawan.

Alamat: Jl. Menteng Raya No.1, RT.1/RW.10, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340
Provinsi: Jakarta
Tahun dibangun: 1963
Letak: Jakarta, Indonesia
Desainer: Matvey Manizer

Makna Patung Tugu Tani

Menurut Moeldoko, jika semua pihak memaknai secara positif Sistem Pertahanan Rakyat Semesta yang digambarkan Patung Pahlawan tersebut, ini akan menjadi faktor yang membuat negara-negara lain gentar.

BACA JUGA: Makna Patung Pancoran Yang Terletak di Jaksel

“Ini sebuah deterrent factor terhadap negara-negara lain. Hati-hati lho jangan coba-coba menyerang Indonesia, karena semua dari bangsa Indonesia memiliki hak untuk mempertahankan kedaulatan negaranya,” tegas Moeldoko.

Tugu Tani 2020

Ditahun 2020 ini kawasan tugu tani ini selalu padat aktivitas lalu lintasnya mengingat kawasan ini sangat banyak perkantoran orang bekerja jadi tiap hari lalulintasnya sangat padat. kalau mau aktivitas selfi misalnya sangat susah karna macet tapi disana ada pos polisi mungkin bisa tanya-tanya bapak pol nya kalau kalian mau ambil foto atau sekedar ber selfi ria.

bundaran tugu tani jakarta pusat
bundaran tugu tani jakarta pusat (img via IG @joe_adrian_panorama)

Akhir Kata

Mari kita lestarikan icon-icon pahlawan atau sejarah yang ada di indonesia agar tetap terjaga dan pesannya tersampaikan dari generasi ke generasi seperti tulisan ini salah satu bentuk agar yang belum tau jadi tau sejarah tentang patung pahlawan yang terletak di Jakarta ini.

Jika kalian ke jakarta melewati stasiun gambir atau dari arah kebun siri maka akan melewati namanya sekarang Bundaran Patung Tugu Tani.

Silahkan bagikan keteman saudara agar mereka juga mengetahui informasi ini, mohon koreksi nya jika ada penulisan kata yang salah, silahkan tinggalkan komentar and thanks.

daftar bacaan:

  • liputan6. com/news/read/3115598/makna-patung-tugu-tani-yang-dituding-simbol-komunis
  • bensradio. com/sejarah-patung-pahlawan-atau-tugu-tani/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *