Home Ekonomi Kreatif Mau Jadi Barista Fahami Dulu Apa Itu Teknik Kopi Brewing dan Teknik...

Mau Jadi Barista Fahami Dulu Apa Itu Teknik Kopi Brewing dan Teknik Kopi Roasting

60
0
SHARE
Manual Brewing Pour Drip

Salah satu usaha yang banyak diminati anak muda yang berkembang pesat di beberapa tahun belakangan ini yakni Kopi, dan seiring perkembangannya banyak pula istilah baru yang mencuat dalam dunia kopi seperti Manual Brewing dan Roasting. Apa Itu Teknik Kopi Brewing dan Teknik Kopi Roasting baik mari kita bahas dua topik ini dulu Apa Itu Teknik Kopi Brewing dan Kopi Roasting.

I. Apa Itu Teknik Kopi Brewing (Manual Brewing)

Jika anda biasanya meminum secangkir kopi dengan seduh air panas kasi gula dan aduk minum, kali ini kita sharing tentang penyajian kopi dengan teknik ala Barista gaes.

Anda tidak usah ragu dengan sharing pengelaman ini setelah kemaren mimin mengikuti pelatihan kopi yang menjadi dasar dalam postingan ini, jadi tidak usah ragu akan masukan dari saya tentu saja saya masih level newbe dan masih terus belajar dan ingin berbagi pengalaman.

Kopi Brewing adalah cara penyajian Kopi yang dalam bentuk keahlian meracik dan menemukan formula hingga mendapatkan rasa kopi yang enak dan nikmat (versi saya).

Contoh hasil kopi Manual Brewing adalah:

  • Espresso
  • kopi late
  • vietnam drip
  • V sixty (kopi favorite Saya)
  • Capucinno
Ini dia kopi Semendo dengan V Sixty pake es batu
Ini dia kopi Semendo dibrew dengan V Sixty pake es batu

BACA JUGA: Kenikmatan Kopi Semendo dan Cara Menyeduhnya

II. Seperti apa teknik kopi brewing ini, mari kita ulas 5 contoh teknik manual brewing

1. Teknik manual brewing ala Vietnam Drip

tekni kopi manual brewing vietnam dripMenyeduh kopi dengan teknik vietnam drip ini salah satu teknik yang bisa menghasilkan rasa kopi yang lebih ikmat dari pada anda aduk pake sendok makan pake gula dan minum atau kopi guntung gaes.

2. Teknik French Press

Manual brew press coffeeSalah satu teknik yang mudah dilakukan dan dipraktekkan adalah teknik brewing ala press Kopi yang sering juga di sebut Coffee Press dengan alat yang relative murah anda sudah bisa meracik kopi dengan rasa yang nikmat.

Artikel Menarik: Grind Size Kopi Untuk V60 dan Espresso Manual Brewing

3. Teknik Brewing Pour Over (Drip)

Manual Brewing Pour DripTeknik Pour Drip atau yang lebih dikenal dengan V60 (karena menggunakan alat corong dengan kelihatan bentuk V dan kemiringan 60 derajat) Seorang Barista biasanya menggunakan alat ini untuk mendapatkan kopi yang agak lembut dengan corong yang berlapis filter dan diisi kopi secukupnya dan seduhkan air panas lalu dapatkan rasa kopi nya.

4. Manual Brewing Kopi Sanger

Manual brewing sanger espressoIni others teknik yang terkenal di aceh gaes, saya sendiri yang sudah pernah merantau di kota Serambi Mekah ini sangat menyukai Kopi Sanger. Cara penyajiannya sangat simple kopi asli yang dihasilkan dari penyaringan dan di campur susu. Menurut saya ini lebih ke teknik memadukan kopi espresso dengan susu gaes, saya lebih suka sanger espresso nikmat dan gue banget lah.


BACA JUGA: Kopi Khop Banda Aceh Disajikan Dengan Gelas Kebalik dan Unik

5. Paling Manual Brewing Kopi Tubruk

manual brewing kopi tubrukIni teknik yang paling banyak di gunakan orang tua kita jaman dulu gaes, biasanya bubuk kopi di masukkan kedalam gelas lalu diaduk dan tungguin deh bubuk nya mengendap, namun kopi tubruk jikalah diracik dengan pas akan menghasilkan rasa yang nikmat loh gaes, misal dengan memilih kopi bean yang di roasting hasil wine wash (nanti akan kita bahas teknik Roasting) dan tumbuk kopinya manual agak kasar dan seduh tanpa gula yakin deh itu kopi akan terasa nikmat banget.

Nah bagaimana sampe disini apakah anda sudah faham dengan istilah Manual Brewing? seoga penjelasan singkat saya dapat dimengerti saya bukanlah ahlinya jika bermanfaat silahkan di ambil ilmunya jika tidak ya sudah sebagai bahan obrolan sharing aja lah yak.

III. Apa itu teknik kopi Roasting

Salah satu teknik dalam menghasilkan rasa kopi yang nikmat di pengaruhi oleh faktor Roasting Coffee.

Beberapa bulan lalu saya dan tim menyempatkan menelusuri kopi enak di Pekanbaru Riau dan kami pun menemukan salahsatu tempat kopi enak namanya Riau Roaster.

Disini kami bisa melihat langsung bagaimana kopi di roasting oleh ahlinya.

Kami juga melihat bagaimana proses kopi di roasting atau di sangrai menggunakan mesin Roasting, mulai dari biji kopi yang masih green bean hingga kopi siap brewing.

Kopi Roaster Pekanbaru Riau

Jadi kopi roasting adalah proses bijikopi di olah dari bentuk green bean disangrai menjadi kopi siap untuk di giling dan di brewing. Jadi intinya ialah proses menyagrai kopi disebut roasting.

Follow IG kita:kampret.news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here