Meriam Bambu Kearifan Lokal Terindah Dimasanya

Permainan di era saya 1998 sih Meriam Bambu masih berjaya gaes, Meriam Bambu kearifan lokal terindah dimasanya. Permainan waktu masa kecil dengan potongan bambu besar. Bambu di lobangi dan dikasi Solar hingga mengeluarkan suara ledakan kencang. Didaerah saya sumatera permainan ini disebut Meriam Bambu salah satu kearifan lokal warga Indonesia.

1. Sekilas Tentang Meriam Bambu Kearifan Lokal

Permainan tradisional Meriam bambu dapat ditemukan diseluruh penjuru Tanah Air Indonesia dengan nama sebutan yang berbeda, namun cara memainkan dan merakit meriam bambunya yang tida beda. Meriam terbuat dari Pokok Bambu pilihan untuk dijadikan Meriam.

Kenapa bambu pilihan karena kalau menggunakan sembarang bambu suara ledakan yang dihasilkan tidak maksimal dan gampang pecah.

2. Nama Lain dari Meriam Bambu

Kejayaan Meriam bambu dimasa nya memang sangat menyenangkan menemani masa kecil yang masih khas hingga kini, untuk daerah lain namanya bisa berbeda beda, berikut nama meriam bambu bedasarkan daerah asal.

2.1. Bedil Bambu

Apa nama permainan Meriam bambu di daerah kalian? untuk daerah Belitung gaes permainan tradisional ini disebut Bedil Bambu.

2.2. Mariam Betung

Daerah Minang Kabaudisebut sebagai Meriam Betung atau Badia Batuang, mungkin karena di minangkabau ada namanya Bambu Betung, bambu betung merupakan jenis bambu yang besar dan kuat sering juga dijadikan bahan material untuk merakit Layang – layang.

2.3. Te’t beude trieng

Daerah Aceh sendiri dengan bahasa khas aceh disebut Te’t Beude Trieng, nah ii susah sekali mengejanya gaes, sekedar info saja mimin 2 tahun merantau di Aceh alhamdulillah belum bisa bahasa Aceh :D, susah belajar bahasa aceh bagi gue entahlah kalian, karena ejaan sama pengucapan bahasa aceh beda gaes, misal Mata Ie dibaca matai yang artinya mata air.

2.4. Mercon Bumbung

Daerah Jawa sekitar, jateng, jabar, jatim nama Merima bambu disebut juga Mercon Bumbung gaes. Silahkan tambahkan nama lain yang belum tersebutkan di list ini.

3. Cara Merakit Meriam Bambu Kearifan Lokal

Untuk merakit atau mebuat Merima Bambu sangat mudah gaes, waktu kecil ini mainan vaforite admin juga jadi faham betul lah mimin untuk membuat mainan ini.

Cara pertama adalah carilah bambu yang batangnya besar lurus dan kalau bisa bagian bawah batang Bambu, agar lebih keras dan kuat terhadap kompresi.

cara merakit meriam bambu
cara merakit meriam bambu (img via goodnewsfromindonesia.id)

SATU: Jadi setelah mendapatkan bahan Bambu besar kira kira 120cm Pada baian pangkal kasi bolongan atau lubang pemiccu Api, semacam Busi pengapian lah fungsinya lihat gambar.

DUA: Bagian ujung silahkan bolongi pakai linggis jad udara dari bisa keluar jika di tiup dari Lobang pemicu.

BACA JUGA:

TIGA: Ikat pake kawat bulatan bambu agar kuat menahan Kompressi saat Lobang pemiccu di kasi pengapian.

EMPAT: Dalam kondisi ini silahkan main sepuasnya, pakailah minyak tanah masukkan kedalam bambu melalui lobang pengapian secukupnya tambahkan garam secukup nya biar suara ledakan makin padat dan garing, seperti suara kenalpot Rx King.

4. Tips Bermain Meriam Bambu atau Meriam Bedil

Hindari jarak Dekat agar lebih aman dari bahaya sambaran api pemiccunya, utamakan keselamatan.

Bermainlah diarea kosong tidak ada dalam arti, tidak ada material yang mudah terbakar, kan kalau kebakaran repot juga.

Jangan bermain sendirian seandainya terjadi hal hal yang tidak diinginkan ada temen yang nolongin.

Mintalah bantuan orang tua atau kakak, mengajari lebih dahulu jika anda masih pemula fahami prosedur keselamatannya ya dek.

Pakailah minyak tanah sebagai bahan bakar, tambah garam dapur biar suaranya makin kuenceng dan mendengung.

5. Akhir Kata Meriam Bambu Kearifan Lokal

Biasakan bermain aman seperti gambar no.4 bisa anda lihat untuk memiccu pengapian gunakanlah kayu panjang dan jaga jarak aman agar terhindar dari resiko bahaya.

Mari kita jaga dan lestarikan permainan tradisional ini agar selalu dikenang turun temurun, biar gimana pun masa kacil mimin bahagia dengan permainan ini.

Follow IG: kampret.news

Jika ada nama lain di daerah anda untuk sebutan Meriam ini silahkan tinggalkan komentar agar segera di update demi kemajuan bersama thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *