Nama Rumah Adat Aceh Plus Gambar dan Penjelasan

Rumoh Aceh merupakan nama rumah adat dari suku Aceh, rumah dengan design terdiri tiga bagian utama dan satu tambahan. Keunikan nya memiliki panggung dan terbuat dari kayu yang kokoh. Sering juga disebut dengan Rumah krong bade.

Sejarah dan Nama Rumah Adat Aceh

Mengutip berbagai sumber rumoh aceh dibangun selalu berlandaskan kitab adat yang dikenal dengan Meukeuta Alam. Salah satu isi dalam kitab terdapat tentang pendirian rumah.

Isi dalam kitab adat menyebutkan: ‘Tiap-tiap rakyat mendirikan rumah atau masjid atau balai-balai atau meunasah pada tiap-tiap tiang di atas itu hendaklah dipakai kain merah dan putih sedikit’.

Kain merah putih yang ini dibuat khusus di saat memulai pekerjaan dan dililitkan di atas tiang utama yang di sebut tameh raja dan tameh putroe. Sehingga terlihat bahwa Suku Aceh bukanlah suatu suku yang melupakan apa yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka.

Bentuk / Arsitektur Rumoh Aceh ?

Bentuk bangunan Rumah Adat Aceh secara anatomi memiliki tiga sampai lima ruangan, yang terdiri dari seuramoe keue (serambi depan), seuramoe teungoh (serambi tengah), dan seuramoe likot (serambi belakang), serta bagian tambahan yaitu dapur.

Jika di amati dari gambar rumoh aceh ini untuk bagian atap kuda-kuda berbentuk segi tiga gaes. Jadi bagian-bagian rumah ini sama dengan arsitektur rumah kekinian yang terdiri dari teras ditambah ada ruangan tamu bagian belakang dan ada ruang dapur untuk aktivitas masak.

Apa Saja Fungsi Dari Setiap bagian Rumoh Aceh ?

1. Seuramoe keue (serambi depan)

Sebagaimana kita ketahui Aceh terkenal dan khas Syariat Islam jadi Seuramoe ini adalah ruangan yang yang difugsikan untuk menerima tamu laki-laki. Ruangan ini juga berfungsi sekaligus untuk menjadi tempat tidur serta tempat makan tamu laki-laki.

2. seuramoe teungoh (serambi tengah)

Ruangan ini sebagai ruang utama atau induk yang dipisahkan antara serambi depan dan belakang.

3. Seuramoe likot (serambi belakang)

Sesuai namanya serambi belakang letaknya ruangan ini berada di bagian belakang rumah.
Fungsi utama nya adalah tempat untuk menerima tamu perempuan. Sama seperti serambi depan tadi, serambi ini dapat sekaligus menjadi tempat tidur serta ruang makan tamu perempuan.

4. Dapur Rumoh Aceh

Ruangan yang sangan penting dalam sebuah rumah lazim nya rumah kekinian dapur berfungsi sebagai tempat memasak ya gaes.

5. Bagian Teras Rumoh Aceh

kalau ruangan ini sudah jelas lebih ke outdoor, menurut mimin sendiri yah buat ngopi2 sambil baca koran lah fungsinya ini seperti teras rumah pada umum nya.

BACA JUGA:

Ciri-Ciri Rumah Adat Aceh

Jika kita baca dan amati dari bagian-bagian rumoh aceh ini bisa kita ambil poin sebagai ciri-ciri nya, seperti ruang tidur terpisah laki-laki dan perempuan.

Bentuk Rumah Adat Aceh
Bentuk Rumah Adat Aceh

Berbentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat.

Rumah ini memiliki tangga di depan rumah yang berfungsi untuk masuk kedalam rumah, Pada umumnya, anak tangga rumah krong bade berjumlah ganjil sekitar 7-9 anak tangga.

Tinggi tangga tersebut sekitar 2,5 – 3 m dari permukaan tanah

Rumah Aceh memiliki kolong

BACA JUGA: Keindahan Pulau Sabang Banda Aceh Jelang Liburan Akhir Tahun

Akhir Kata dan Kesimpulan

Pada poin kesimpulan dapat diambil yakni, rumah aceh berbentuk persegi panjang

Memiliki kolong dan dilengkapi tangga untuk masuk kedalam rumah

Terbuat dari kayu alam, yang kokoh tahan bertahun-tahun

Ruangan terdiri dari Depan, Indik Belakang dan dapur yang memiliki fungsi yang berbeda.

Berita Unik Lainnya: 5++ Kuliner Aceh Yang Wajib Anda Cicipi

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait Nama Rumah Adat Aceh yang di sebut sebagai Rumoh Aceh atau krong bade. Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon koreksinya pada kolom komentar yang tersedia, terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *