Nama Rumah Adat Minangkabau Sumatera Barat dan Penjelasan

Rumah Gadang merupakan nama rumah adat suku Minangkabau yang terdapat di Sumatera Barat, yang menjadi ciri khas dan identitas dari masyarakat minang di Sumbar. Memiliki atap runcing mengerucut keatas menjadi ciri bentuk dari rumah adat ini.

Nama lain untuk sebutan rumah adat minang ini adalah Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang.

Baca Juga: Nama Rumah Adat Batak dan Penjelasan nya

Sejarah Nama Rumah Adat Minang Kabau

Gambar Rumah Adat Minangkabau
Gambar Rumah Adat Minangkabau (img via : blog.triptecera.com)

Mengutip banyak sumber di Internet bentuk lancip mengerucut runcing atap rumah gadang terinspirasi dari Lancang (Kapal).

Jadi gaes sewaktu mimin pernah merantau di Riau ada lagu Lancang Kuning Berlayar Malam itu lah sedikit definisi Lancang (kapal), Riau yang khas dengan Melayu masih memiliki keterkaitan dengan Minangkabau.

Fungsi Rumah Gadang

Seperti rumah pada umum nya memiliki fungsi sebagai hunian atau tempat tinggal, namun secara adat miangkabau selain sebagai tempat tinggal rumah gadang berfungsi sebagai tempat musyawarah keluarga, tempat mengadakan upacara, pewarisan nilai adat, dan juga merupakan representasi budaya matrilineal. Rumah Gadang sangat dimuliakan karena dipandang sebagai tempat suci oleh masyarakat Minang.

Desain Motif atau Corak

Motif atau corak yang di gunakan dalam mendesain rumah gadang sangat unik gaes seperti motif daun melingkar dan pucuk rebung.

motif seluk laka rumah gadang
Desain motif seluk laka rumah gadang
motif atau corak rumah gadang minangkabau
Contoh motif atau corak rumah gadang minangkabau
  • Corak¬† pucuk rebung ditafsirkan sebagai: kecil berguna besar terpakai.
  • Motif seluk laka ditasirkan sebagai, kekerabatan yang saling berkaitan. Ada juga motif Keluk Paku, Jala, Jerat, Itik pulang petang dan sikumbang manis.

Atap Runcing

Ya… ini dia paling khas secara kasat mata ciri dari rumah gadang atap nya yang runcing-runcing gaes. bisa kalian lihat pada contoh gambar menjulur keatas mengerucut tajam. Hati-hati bagi anda yang hobby main paralayang atau terjun payung disarankan jangan mendarat di aera yang ada rumah gadang nya.

Jika diamati dari depan mirip seperti tanduk Kerbau juga disebut atap gonjong

Interior Rumah Adat Minangkabau

Desain interior rumah gadang berbentuk segi empat yang dibagai menjadi interior depan dan belakang. Bagian interior biasanya di hiasi ukiran ukiran khas minangkabau yang memperindah rumah itu sendiri.

BACA JUGA: Nama Rumah Adat Aceh Plus Gambar dan Penjelasan

Akhir Kata dan Kesimpulan

Dapat di ambil poin dalam pembahasan ini terkait Nama Rumah Adat Minangkabau Sumatera Barat dan Penjelasan nya sbb:

Bentuk Atap Runcing

Mempunyai Motif Corak Khas

Menjadi Simbol atai Identitas Masyarakat Minangkabau

Digunakan sebagai tempat tinggal dan acara yang berkaitan dengan adat

Sekian yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata.

BACA JUGA: Kearifan Lokal Miangkabau dan Budayanya

Jangan lupa bagikan keteman dan kerabat agar mereka juga mengetahui info rumah gadang ini hingga informasinya tetap tersampaikan dari generasi ke generasi.

thanks

admin[at]kampretnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *