Nama Rumah Adat Papua Plus Gambar Lengkap Penjelasan

Rumah adat adalah rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali mengalami perubahan. Setiap suku di Indonesia memiliki bentuk rumah adat yang berbeda-beda seperti contoh Nama Rumah Adat Papua beserta gambar di bawah ini.

Keunikan rumah adat di papua dapat di lihat dari jenis dan peruntukan nya seperti Honai untuk kaum laki-laki dan ada juga Ebai untuk kaum perempuan tampak jelas pada gambar rumah adat terlampir.

5 Jenis Rumah Adat Papua Beserta Penjelasan nya

Selain Honai dan Ebai rumah adat di Papua terdapat juga jenis lainnya seperti Wamai, Kariwari dan Rumsram. Masing-masing dari kelima nama rumah adat ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1. Rumah Adat Honai

Gambar rumah honai untuk laki
Gambar rumah honai untuk laki

Honai merupakan rumah adat Papua yang dihuni suku Dani. Namanya berasal dari kata ‘hun’ atau ‘laki-laki’ dan ‘ai’ yang berarti rumah Oleh sebab itu, hunian ini hanya boleh dimasuki laki-laki dewasa. Desain arsitek dari rumah adat ini tidak memiliki jendela gaes.

2.  Rumah Adat Ebai

rumah adat Ebai Papua
rumah adat Ebai Papua

Ebai berasal dari kata ‘ebe’ yaitu tubuh dan ‘ai’ yang berarti rumah. Ini merupakan hunian khusus untuk perempuan di suku Dani. Perempuan dipandang sebagai tempat tinggal bagi kehidupan. Mengapa rumah ini khusus perempuan karena rumah ini dijadikan juga sebagai tempat membina dan mengajarkan berbagai ilmu kehidupan terutama anakperempuan yang baru menikah.

Baca Juga Keunikan Papua Lainnya:
Tradisi Unik Bakar Batu di Papua
Kebudayaan Papua
Suku Papua: Sejarah, Kearifan Lokal dan Tradisi Unik

3. Rumah Adat Rumsram

rumah adat rumsram papua
rumah adat rumsram papua

Disebut sebagai Rumsram rumah adat jenis ini biasanya ditinggali oleh suku Biak Numfor. Rumah ini merupakan memiliki fungsi untuk tempat tinggal para lelaki. Berbeda dengan Honai dan Ebai, bentuk Rumah Rumsram mirip seperti rumah panggung.

Keunikan rumah ini terdapat juga pada bagian interior dengan ornamen-ornamen menarik seperti ukiran. Bentuk atapnya sangat unik karena terlihat seperti perahu yang terbalik.

Desain atap seperti perahu memiliki makna identitas suku Biak Numfor yang sebagian besar sebagai nelayan dan menggunakan perahu untuk mencari ikan.

Arsitektur dari banunan rumah adat Rumsran terdiri dari dua lantai biasanya lantai pertama adalah untuk laki-laki belajar dan lantai dua untuk tempat tinggal. Dari sisi arsitek jika dibandingkan dengan rumah Hanoi dan Ebai memiliki perbedaan di bagian jendela. Rumah Hanoi dan Ebai hanya memiliki pintu tanpa jendela sedangkan Rumsram memiliki jendela gaes.

4. Wamai

Rumah ke empat yang terdapat di Papua adalah rumah adat Wamai, dari segi arsitektur dan desain besar kecilnya rumah Wamai tergantung besar dan banyaknya jumlah hewan peliharaan, kenapa bisa begitu karena wamai memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan hewan peliharaan seperti babi, kambing, ayam, anjing yang di pelihara di Wamai.

Gambar ,Nama Rumah Adat Wamai
Gambar ,Nama Rumah Adat Wamai

Bentuk wamai yang kerucut bertujuan untuk mengurangi masuknya angin didaerah pegunungan, jadi hewan ternak yang ada di dalam nya tidak kedinginan gaes.

5. Nama Rumah Adat Papua: Kariwari

Jenis klima adalah rumah adat kariwari biasanya ditemukan di tepi danau Sentani, Jayapura bedanya dengan rumah adat ke empat diatas ialah, yakni rumah adat suku Tobati-Enggros yang boleh menempati rumah ini Hanya ditempati oleh laki-laki yang berumur di atas 12 tahun.

Nama Rumah Adat Papua Kariwari suku Tobati-Enggros
Nama Rumah Adat Papua Kariwari suku Tobati-Enggros

Penjelasan kenapa laki-laki yang menempati rumah kriwari yaitu sudah dianggap dewasa tinggal di Kariwari untuk mendapat pelajaran atau pendidikan mengenai ilmu kehidupan. Cara mencari nafkah, memahat, membuat senjata, membuat perahu, cara berperang, bertanggung jawab kepada keluarga.

Akhir Kata dan Kesimpulan Nama Rumah Adat Papua

Demikian yang dapat kami jelaskan untuk Nama Rumah Adat Papua semoga dapat difahami dan dimengerti, jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf, koreksi dan masukan tersedia di kolom komentar.

Dapat diambil poin:

  • Setiap rumah adat suku di papua memiliki fungsi masing-masing
  • Rumah adat setiap peruntukannya memiliki nama berbeda
  • Bentuk rumah Adat memiliki ciri khas masing-masing
  • Gambar rumah adat terlihat perbedaan dan keunikan memiliki makna yang berbeda-beda

Jangan ragu untuk memberikan komentar untuk kemajuan situs ini, apabila menurut kalian informasi ini bermanfaat silahkan bagikan atau share ke kerabat saudara agar mereka juga mengetahui informasi tentang Rumah Adat, Warisan Budaya dan Kerarifan Lokal Indonesia.

terimakasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *