Panduan Menyusun RAB Terbaru 2020

Dalam menyusun sebuah rencana anggaran biyaya pada sebuah kegiatan perlu disusun rincian anggaran nya terlebih dahulu, kali ini saya akan memberikan Panduan Menyusun RAB untuk kegiatan Workshop.

Worksho biasanya dilakukan 2 hari 2 malam dengan ruangan fasilitas workshop yang memadai dalam hal ini kita akan melaksanakan workshop Marketing anggaplah judul workshop nya “How to Branding your product:.

Untuk pelaksanaan teknis kita jabarkan dulu sesuai konsep workshop agar mudah menyusun RAB nya, yang pertama kita akan melaksanakan kegiatan di hotel dengan jumlah peserta 100 dan pemateri atau profesional ahli di bidang branding 2 orang.

Langkah – langkah menyusun RAB

  1. Siapkan tempat yakni ballroom yang bisa menampung peserta workshop 100 pax
  2. alat tulis dan atk lainnya
  3. Memastikan kesediaan jadwal pengisi materi (Profesional di bidang nya)
  4. Snack dan makan peserta
  5. Modul atau materi cetak peserta workshop
  6. susun rundown
  7. oke mari kita susun RAB nya dalam excel.

Dalam hal ini saya akan menyusun kegiatan dengan melibatkan beberapa instansi untuk di undang di satu tempat dalam rangka sosialisasi Covid dan Penangannan nya misalnya.

paket rab event
paket rab event

Maka akan saya kelompokkan menjadi tiga alokasi, mulai dari perisapan, pelaksanaan dan yang ketiga evaluasi dan pelaporan.

contoh rab kegiatan event
contoh rab kegiatan event

Pembahasan RAB

pada details breakdown diatas belum semua terbreakdown, temen-temen yang sedang menusun RAB bisa breakdown langsung kebutuhan apa saja, baiknya jangan paket, paket pekerjaan diatas seperti pada pelaksanaan masih bisa di breakdown lagi tergantung kebutuhan pada pelaksanaan kegiatan apa saja sesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA:

  1. Contoh RAB Dengan Anggaran 200 juta Contoh RAB Dengan Anggaran 200 juta (Penunjukan Langsung)
  2. Cara menyusun RAB Contoh RAB atau Rencana Anggaran Biaya sebuah Event

Kesimpulan

Semisal anda mengikuti sebuah lelang paket pekerjaan, baiknya teliti dalam menyusun RAB sehingga saat pelaksanaan tidak minus, perhatikan tiap item yang akan di belanjakan cek smua harga bisa melalui browsing atau tanya langsung vendor vendor penyedia yang berhubungan denagn kegiatan, misal anda mau sewa genset, pastinya harga sewa di jakarta akan berbeda dengan di Makassar.

Kurang lebih seperti itu gaes merancang sebuah rencana kegiatan dalam hal ini menyusun RAB secara details, baik dan benar.

Terimakasih. Silahkan bertanya pada kolom komentar jika ada yang ingin didiskusikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *