6 Patung Ikonik di Bandung Beserta Maknanya

Selain Jakarta yang terkenal dengan Patung Selamat Datang, kota Bandung juga memiliki banyak patung yang ikonik yang bisa di temui di pusat kota dan di jalan-jalan besar daerah bandung berikut 6 patung Ikonik di Bandung beserta maknanya.

1. Patung Maung Yang Ikonik

Pada awalnya Tugu Maung Bandung (di dalam tugu ada patung maung) sempat heboh di warganet yang konon mirip anjing laut yang berada di perempatan Jalan Cihampelas-Wastukencana, Kota Bandung. Dilansir oleh liputan6 Ridwan kamil sendiri sempat kecewa, “Itu teh Maung Bandung. Enyak, tapi teu bisaeun (senimannya tidak bisa ternyata). Saya juga enggak happy,” ucap Emil di Pendopo Kota Bandung, Kamis, 28 Desember 2017.

patung maung awal
patung maung awal
patung maung setelah renovasi penyempurnaan
patung maung setelah renovasi penyempurnaan

Namun setelah di poles lagi oleh seniman Ewon, mengatakan, patung sebelumnya yang tak menyerupai harimau yang sempat jadi perbincangan warganet bukan dibuat olehnya, melainkan dibuat oleh kontraktor yang lama. sebagaimana di lansir tribun jabar, tampilan patung di Tugu Maung Bandung di simpang tiga Jalan Brigjend Katamso-Jalan WR Supratman, Kota Bandung, sudah lebih garang daripada sebelumnya.

2. Bola Dunia Asia-Afrika

monumen bola asia afrika
monumen bola asia afrika

Bandung juga memiliki patung berbentuk Globe yang di sebut patung Bola Dunia Asia Afrika. lokasi patung terletak di jalan asia-afrika sekaligus sebagai penanda atau simbol dari semangat Konferensi Asia Afrika.

BACA JUGA:

3. Patung Persib Yang Khas

Satu lagi patung ikonik di bandung yaitu patung dengan makna tentang pesepak bola Persib Bandung menjadi juara perserikatan tahun 1990. Patung ini berada di di perempatan jl Tamblong, Jl. Lembong, Jl. Sumatra dan Jl. Veteran.

Ada semacam peringatan atau ritual tahunan yang dilakukan kelompok suporter Persib Viking ketika berulang tahun dengan memandikan patung Persib.

4. Patung Pastor Verbraak

Patung pastor yang terletak di Jl. Ambon No.8, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 memiliki sejarah yang panjang gaes, mimin rangkum saja, jadi begini gaes seorang Pastor yang bernama Verbraak yang memiliki sepak terjang jauh di Nusantara kalai itu bertugas sebagai Misionaris mulai dari padang ke aceh hingga Dia tua berumur 80 an beliau berhenti bertugas dan bermukime di kota militer, magelang,  jawa tengah.

patung pastor verbraak bandung
patung pastor verbraak bandung

Pemerintah Kota Rotterdam pada tahun 1922 memberikan penghargaan untuk Pastor Verbraak sebagai warga kota teladan atas segala pengabdiannya bagi kemanusiaan. Sementara itu, di Bandung, lembaga The Dutch East Indian Army mengumpulkan dana dan mendirikan patung Pastor Verbraak pada tanggal 27 Januari 1922 di sebuah taman yang pernah dijuluki ”Paradisi in Sole Paradisus Terrestris” (tanah surga di bawah cahaya matahari). Patung ini dirancang di Belanda oleh seniman G.J.W. Rueb.(ayobandung.com)

5. Patung Sepatu Cibaduyut, patung ikonik di bandung

Terkenal dengan sepatu, Cibaduyut memang penghasil sepatu yang telah menyebar kemana-mana, kualitas dan design tidak diragukan lagi, Patung Sepatu Cibaduyut ini gaes mengingatkan kita akan industri sepatu di sini yang telah puluhan tahun berkiprah.

Lokasi patung: Jl. Cibaduyut Raya, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

6. Patung Ikan Mas, patung ikonik di bandung

Diresmikan oleh Wali Kota Bandung kala itu Ateng Wahyudi pada tanggal 10 tahun 1993 sebagaimana di lansir situsbudaya.id diterangkan bahwa kolam ikan itu tadinya rawa yang ditimbun oleh Bupati Bandung R.A.A Martanegara. Bupati yang memimpin Bandung pada 1893 itu mememang memiliki program menjadikan rawa-rawa yang ada di Bandung menjadi daratan keras, jadi patung ini terdiri dari 3 patung ikan mas gaes.

patung ikan mas di jawa barat
patung ikan mas di jawa barat

Pada masa sebelum perang, di kiri-kanan jalan Cigereleng (Jalan Mohomad Toha) dan selatan Tegallega, yang terlihat cuma kolam atau balong ikan yang sangat luas. jadi menurut mimin patung ini agar mengingatkan kita akan kawasan ini dulunya mungkin kolam ikan mas yang luas gaes.

7. Akhir Kata patung ikonik di bandung

Jika ditelusuri pasti akan banyak lagi patung yang terdapat di Bandung, Jawa Barat ini gaes, akan tetapi mimin hanya mengulas 6 saja, mohon dikoreksi papbila ada kesalahan dalam penulisan.

Berikan komentar dan masukan anda agar kami bisa lebih baik lagi dalam menyajikan berita unik berbasis kearifan lokal, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *