Patung Ikonik di Surabaya, Lengkap Penjelasannya

Mengenal Patung Ikonik di Surabaya – Salah satu objek wisata selain pantai dan gunung biasanya monumen atau patung juga kerap di kunjungi para wisatawan baik itu sekedar berkunjung biasa atau hoby memotret mengabadikan foto. Kali ini kita akan bahas tentang patung atau monumen ikonik yang ada di surabaya.

5 Monumen Patung Ikonik di Surabaya Berikut Makna nya

  • Patung Sura dan Buaya
  • Monumen Jalesveva Jayamahe
  • Parasamya Purnakarya Nugraha
  • Monumen Tugu Pahlawan
  • Bambu Runcing

Mari kita lihat apa makna dan sejarah dari kelima patung dan monumen yang ada di kota surabaya ini.

1. Patung Sura dan Baya Beserta Maknanya

Makna yang tersirat pada patung ikonik Sura (hiu) dan Baya (Buaya) yang terdapat di Surabaya merupakan simbol dari keberanian pemuda Surabaya.

Patung ikonik Sura dan Baya
Patung ikonik Sura dan Baya (img via 99.co)

Patung yang merupakan lambang kota Surabaya atau monumen Sura dan Baya ini juga sangat ikonik khas dari kota itu sendiri, jika menyebut kota Surabaya maka akan ingat patung ikonik Sura dan Baya.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)

Satu lagi patung yang terkenal di Surabaya yakni Jalesveva Jayamahe  merupakan motto Angkatan Laut yang berarti Di Laut Kita Berjaya. Jadi makana patung ini mengigatkan kita gaes akan kejayaan TNI angkatan laut Republik Indonesia.

Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya
Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya (img via hargatiket.net)

Lokasi monumen: Armada Timur Ujung, Ujung, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60155
Tinggi: 30.6m
Didirikan pada 1990-1996 dan di resmikan oleh presiden soeharto pada 5 Des 1996

Patung ini merupakan patung tertinggi di kota surabaya dengan ukuran patung 30.6 m ditambah kontruksi di bawahnya 30m total tinggi keseluruhan 60m.

3. Parasamya Purnakarya Nugraha

Patung yang satu ini tidak kalah ikonik dari patung-patung lainnya yang terdapat di surabaya gaes, ini merupakan penghargaan untuk provinsi Jawa Timur atas keberhasilan pembangunan. Jawa Timur, ibu kota Surabaya sudah tiga kali mendapat penghargaan tersebut, yakni pada 1974, 2014, dan 2017.

Parasamya Purnakarya Nugraha
Parasamya Purnakarya Nugraha (img via surabaya.go.id)

Patung yang dibangun berwujud wanita penari itu sekaligus jadi simbol titik nol kilometer Surabaya.

Lokasi Patung Parasamya Purnakarya Nugraha berada di Jl. Pahlawan, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60175.

4. Patung Ikonik di Surabaya: Monumen Tugu Pahlawan

Salah satu ikon bersejarah yang ,menjadi ciri khas kota Surabaya. Monumen ini memiliki ketinggian sekitar 41 meter dengan bentuk menyerupai lingga atau paku yang berdiri terbalik.

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya
Monumen Tugu Pahlawan Surabaya (img via blog.airpaz.com)

Monumen Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu dan Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.(liputan6)

BACA JUGA:

5. Patung Ikonik di Surabaya atau Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing ini dibangun, dan terletak di jalan Panglima Sudirman. Monumen Bambu Runcing adalah ikon pariwisata Surabaya yang berhubungan dengan situs sejarah perjuangan bangsa. Monumen ini juga bentuk penghargaan untuk keberanian arek-arek Surabaya melawan tentara sekutu pada peristiwa pertempuran 10 November 1945.

Patung atau Monumen Bambu Runcing
Patung Ikonik di Surabaya – Monumen Bambu Runcing (img via cendananews.com)

Lokasi monumen: Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271

Monumen ini terdiri dari 5 pilar dan memiliki tinggi yang tidak sama dan dibentuk seperti bambu runcing. Sebagaimana kita ketahui bersama nee gaes bahwa bambu runcing merupakan senjata pejuang kita dahulu melwan belanda.

Akhir Kata

Demikian gaes informasi yang dapat disampaikan semoga bermanfaat, silahkan share ke teman dan saudara agar mereka juga mengetahui informasi ini.

Kesalahan dan kekurangan dalam penulisan mohon masukan di kolom komentar yang tersedia demi kemajuan bersama, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *