Mengenal Patung Ikonik Yang Ada Di Yogyakarta, Lengkap Penjelasannya

Mengenal patung ikonik yang ada di Yogyakarta atau monumen dimana  mungkin masih banyak yang belum tahu atau kata lain tidak mengenal makanya judul nya mengenal patung hehe. Baik mari kita simak karya seni patung atau monumen apa saja yang ada di kota pelajar ini. Seperti kota-kota besar lainnya di Jakarta misalnya ada patung atau monumen Selamat Datang atau di Semarang ada Patung Sang Proklamator Ir.Soekarno.

1. Patung Ikonik Yang Ada Di Yogyakarta – Ki Hadjar Dewantara

Bapak pendidikan Nasional memang selalu dingat dan di kenang akan kiprah Beliau di dunia pendidikan makanya tak jarang nama beliau sering di abadikan baik itu dalam nama jalan di berbagai kota maupun dalam bentuk patung atau monumen.

Patung Ki Hadjar Dewantara Tamsis Yogyakarta
Patung Ki Hadjar Dewantara Tamsis Yogyakarta (img via kompasiana)

Saat kalian sedang berwisata di kota Yogyakarta patung Raden Mas Suwardi Surjaningrat atau lebih dikenal Ki Hadjar Dewantara, dapat di temui di Depan Gedung Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

“Patung ini diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2007 yang juga bertepatan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara”

2. Monumen Yogya Kembali (Monjali)

Mimin sendiri masih khas dengan monumen yang satu ini Monjali ini dulunya dekat kawasan dimana mimin ngekos saat masih kuliah hehhehe. Dari banyak sumber yang mimin baca Monumen Jojga Kembali dibangun pada 29 Juni 1985, melalui upacara tradisional penanaman kepala kerbau. Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII adalah yang melakukan peletakan batu pertama.

Monumen Yogya Kembali
Monumen Yogya Kembali (img via wisatakeyogyakarta.com)

“Monumen Yogya Kembali diresmikan Presiden Soeharto pada 6 Juli 1989”

Terakhir mimin kesini saat 2017 sudah ada aktivitas didalam kawasan monumen ini gaes, seperti area bermain anak2 gitu dan musik-musik juga ada.

Kwasan monjali ini lumayan luas gaes, ditengah taman atau kawasan ada banunan tugu atau bentuk kerucut Monjali berketinggian 31,80 meter menjadi gambaran “Gunung Kecil”. Gunung menjadi perlambang kesuburan dan melestarikan budaya prasejarah.

Lokasi Monumen ini ada di ringroad utara gaes dekat terminal jombor nah alumni jogja pasti tau lah, Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta 55581, Indonesia.

3. Tugu Yogyakarta Yang Sangat Ikonik

Kalau inimah yang belum pernah ke jogja juga pasti banyak yang tahu, slah satu tugu yang selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun manca negara dimalam hari khusus nya sekedar mengabadikan foto atau nongkrong dengan segelas teh hanget di dekat area tugu.

Tugu Yogyakarta Yang Sangat Ikonik
Tugu Yogyakarta Yang Sangat Ikonik (img via okezone)

Untuk sejarah tugu ini, bangunan peninggalan Sultan Hamengku Buwono I. Dibangun sebagai peringatan kebersamaan raja (Pangeran Mangkubumi) dengan rakyat melawan Belanda hingga mendapat Mataram.

“Lokasi tepatnya di pusat kota, Jl P. Mangkubumi”

4. Monumen Militer Akademi

Sejarah di masa penjajahan belanda emang sangat banyak di abadikan lewat bangunan monumen atau patung, seperti monumen militer akademi ini dibangun untuk mengenang jasa Militer Akademi yang bertempur melawan pasukan Belanda di Desa Argomulyo.

5. Patung Ikonik Yang Ada di Yogyakarta – Jendral Soedirman

Pasti sudah pada tau dong sosok yang satu ini yakni Panglima Besar Jenderal Sudirman, di Yogyakarta banyak sekali monumen atau patung yang bisa anda kunjungi salah satu nya patung Jendral Soedirman yang berada di Sasmitaloka, kalian akan melihat kontruksi patung persegi empat terdapat tulisan yang menyatakan “Jenderal Soedirman Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia. Mulai menjabat tanggal: 18 desember 1945. Wafat pada tanggal 29 januari 1950″.

patung panglima besar jendral soedirman yogyakarta
Patung panglima besar jendral soedirman yogyakarta (img/yogyes)

“Jenderal Soedirman ialah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Sebagai panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia adalah sosok yang dihormati di Indonesia”.(wikipedia)

Memasuki Museum Sasmitaloka dari pintu utara, pengunjung akan melihat Prasasti Pangsar Jenderal Sudirman. Sementara itu di halaman depan bangunan induk Monumen Pangsar Jenderal Sudirman berdiri dengan gagahnya. Patung Jenderal Soedirman dibentuk lengkap dengan seragam khas Tentara Nasional Indonesia dan menunggang kuda.

BACA JUGA:

6. Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949

Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Yogyakarta
Patung Ikonik yang ada di Yogyakarta/Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Yogyakarta

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran. posisi monumen berada di kawasan pusat kota DIY gaes dekat perempatan malioboro sekitar Museum Benteng Vredeburg yaitu tepat di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta.

7. Monumen Pangeran Diponegoro – Patung Ikonik Yang Ada di Yogyakarta

Pangeran Diponegoro lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat, 11 November 1785 – meninggal di Makassar, Hindia Belanda, 8 Januari 1855 pada umur 69 tahun) adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia, nama beliau pun banyak di abadikan seperti nama jalan besar di kota-kota besar dan juga dalam bentuk Monumen atau Patung.

Monumen Pangeran Diponegoro Yogyakarta
Monumen Pangeran Diponegoro Yogyakarta (img/rahmat s)

Info Tambahan: Museum Monumen Pangeran Diponegoro adalah museum sekaligus kediaman Pangeran ketika dikepung oleh pihak Belanda.

Berlokasi di Jl HOS Cokroaminoto TR. III/430 Tegalrejo Monumen Pangeran Diponegoro merupakan pahatan relief pada dinding pringgitan dengan panjang 20 meter dan tinggi 4 meter.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang patung atau monumen yang ikonik yang dapat kami sampaikan, sebenarnya masih banyak patung-patung ikonik yang lain namun kami hanya membahas 7 patung saja.

Silahkan tinggalkan komentar apabila ada masukan atau kesalahan dalam penulisan agar dapat kami perbaiki, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *