Tentang Patung Pancasila Sakti, Monumen Pahlawan Revolusi

Patung pancasila sakti dibangun dari gagasan presiden Indonesia ke-2 yakni Soeharto dengan tujuan mengenang perjuangan pahlawan revolusi yang mempertahankan ideologi negara republik indonesia dari komunis.

Patung Pancasila Sakti Untuk Mengenang Perjuangan 7 Pahlawan Revolusi

Sebagaimana diketahui peristiwa G30S PKI menewaskan 10 orang di antaranya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah yang akhirnya ditetapkan menjadi pahlawan revolusi. Nah, siapa saja 7 pahlawan revolusi yang dimaksud?

  1. Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani,
  2. Mayjen TNI R. Suprapto
  3. Mayjen TNI M.T. Haryono
  4. Mayjen TNI Siswondo Parman
  5. Brigjen TNI DI Panjaitan
  6. Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo
  7. Perwira TNI Lettu Pierre Tendean Ajudan AH.Nasution

Gerakan 30 September PKI adalah peristiwa kudeta yang berakhir tragis pada 30 September malam hingga 1 Oktober1965.

Lokasi Patung Pancasila Sakti

Dibangun di atas lahan seluas 9 Hektar, yang diprakarsai oleh Presiden ke-2 RI, Soeharto (wikipedia). Bangunan terletak Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Di sebelah selatan terdapat markas besar Tentara Nasional Indonesia, Cilangkap, sebelah utara adalah Bandar Udara Halim Perdanakusuma, sedangkan sebelah timur adalah Pasar Pondok Gede, dan sebelah barat, Taman Mini Indonesia Indah.

Alamat: Jl. Monumen Pancasila Sakti No.1, RT.1/RW.9, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810
Jam buka:
Open ⋅ Closes 10:45PM
Provinsi: Jakarta
Telepon: 0821-1251-9568
Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Harga tiket masuk ke Monumen Pancasila Sakti terbilang sangat terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 saja. Harga tiket masuk tersebut di luar biaya parkir.

Untuk jam operasional, monumen dan museum di kawasan Lubang Buaya ini dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu pada pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Hari Senin tutup tapi saat hari libur nasional tetap buka.(liputan6)

Gambar Monumen Pancasila Sakti

Salah satu gambar Patung Pancasila Sakti, Monumen Pahlawan Revolusi
Salah satu gambar Patung Pancasila Sakti, Monumen Pahlawan Revolusi
Museum penghianatan PKI
Museum penghianatan PKI

Dikawasan monumen pancasila sakti ini terdapat juga museum penghianatan PKI atau komunis gaes, bisa di kunjungi. Menceritakan sejarah pemberontakan-pemberontakan PKI yang bertujuan menggantikan dasar negara Pancasila dengan komunis yang bertentangan dengan Pancasila, sampai pada pemberontakan kedua yang terkenal dengan nama Gerakan Tiga Puluh September atau G-30-S/PKI.

Akhir Kata

Dapat diambil poin dari Patung Pancasila Sakti ini dibangunun agar rakyat Indonesia tidak lupa akan perjuangan 7 pahlawan revolusi yang gugur mempertahankan Ideologi Negara kita gaes dari PKI, taukan apa ideologi neegara RI, yes Pancasila gaes sesuai nama monumen nya Pancasila sakti.

Ada banyak monumen patung yang bisa anda kunjungi di Indonesia seperti di jakarta ada patung pancoran, patung selamat datang juga patung tugu tani.

Sekian yang dapat mimin sampaikan kurang lebih mohon maaf, untuk masukan dan kritikan tersedia kolom komentar ya gaes. Silahkan share dan bagikan ke saudara dan teman agar mereka juga mengetahui informasi ini, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *