Pengertian Boras Pati Dalam Adat Suku Batak

Boras Pati mengandung arti yakni sumber kehidupan yang tervisualisasikan dalam gambar sepasang cicak yang saling berhadapan dan terdapat gambar payu udara di tengahnya, lambang boras pati dapat jumpai dalam rumah orang batak/rumah gorga biasanya dipajang di dinding rumah baik itu dalam bentuk lukisan ornamen maupun seni ukiran, kira-kira begitu pengertian boras pati.

Dalam adat batak terdapat 3 Boras Pati

  • Boras pati ni jabu ( Simbol Cicak)
  • Boras Pati ni Huta (Simbol Tokek)
  • Boras Pati ni Tano (Simbol Ilik/Kadal)

Katiga-tiganya memiliki arti baik, mimin sendiri belum expert dalam pemahan adat batak tapi sekedar bertanya-tanya kepada orang batak di samosir sudah pernah makanya mimin post ini artikel tentang Boras pati.

Jadi tidak heran jika ornamen-ornamen cicak saling berhadapan yang di batasi dua payu udara di tengah sering di temui di dalam budaya rumah batak yang menghiasi dinding atau ukiran semacam kearifan lokal juga ini gaes..

Jika anak suku batak merantau sejauh apapun ia akan selalu ingat dimana ia dilahirkan dalam hal ini sumber kehidupan, orang tua, kampung halaman . Dua payu udara merupakan penghidupan atau ASI yang membesarkan kita saat lahir jadi akan selalu ingat sumber kehidupan.

Pada ornamen rumah Batak, figur Boraspati ni Tano ada dua sosok yang di tempatkan pada bagian kiri dan kanan dinding depan (dorpi jolo), menghadap figur Adop-adop, atau figur dua pasang (empat) payudara perempuan, sebagai simbol kesuburan. Dibaca secara keseluruhan, kesatuan Boraspati ni Tano dan Adop-adop itu menyatakan (simbolik) bahwa “penghuni rumah itu terberkati, usahatani dan ternaknya memberi hasil berlimpah, sehingga memperoleh hidup sejahtera”(kompasiana)

Berikut photo-photo boras pati:

boraspati ni jabu
boraspati ni jabu /img via solup.blogspot.co.uk
boras pati dalam suku batak
gambar ukiran boras pati yang mimin jepret di Bandara Silangit, Siborong-Borong

Jadi Boras pati selalu menghadap sumber kehidupan gaes, dapat dilhiat pada contoh photo diatas. Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi unik dari banyaknya ragam suku begitu juga Batak yang memiliki banyak tradisi unik.

Kenapa cicak? meurut tobatabo boraspati dilambangkan dengan hewan cicak karena Cicak yang lengket di mana saja bila diaplikasikan dalam kehidupan orang Batak, berarti lengket dan bisa masuk ke mana saja tanpa bermasalah. Lengket dengan teman bermakna dekat dengan teman dan disayang teman. Lengket dengan saudara berarti dekat dan dikasihi saudara. Lengket dengan para pemimpin berarti disukai dan bisa menyesuaikan diri dengan para pemimpin.

Baca Juga:

  1. Tradisi Unik dan Budaya Suku Jawa, Yuk Kepoin
  2. Rumah Tongkonan, Tradisi dan Adat Istiadat Toraja

Akhir Kata

Kurang lebih itulah yang dapat kami informasikan terkait pengertian boras pati gaes, jika ada koreksi silahkan tinggalkan komentar demi kebaikan dan kalancaran bersama, mari kita jaga dan lestarikan budaya warisan leluhur kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *