6 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang

Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia juga Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah yaitu kota Semarang, untuk melengkapi aktivitas liburan saat berkunjung ke kota Semarang berikut Rekomendasi Wisata Museum di Semarang yang bisa anda hampiri.

1. Lawang Sewu

Salah satu gedung bersejarah di Indonesia berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Dahulunya gedung ini ialah kantor Netherlands-Inische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang dibangun pada tahun 1904 dan selesai di tahun 1907.

museum lawang sewu
museum lawang sewu

Ingin menikmati suasana malam dengan background bangunan tua? anda dapat datang saat sore hari, harga tiket masuk untuk anak-anak IDR 5000,- dan untuk orang dewasa IDR 10.000,- tambahan sewa guide tour IDR 30.000,-.

Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

2. Museum Rekor Dunia-Indonesia

Museum yang disingkat MURI ini didirikan oleh Jaya Suprana yang ada di kota Semarang. Diresmikan oleh dua menteri Koordinator Repbulik Indonesia, Menko Kesra Soepardjo dan Menko Polkam Soedono pada tanggal 27 januari 1990.

Museum Rekor MURI
Museum Rekor MURI

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263.

Keren juga ini tempat gaes buat nambah wawasan seputar Muri, jika tertarik berkunjung cata alamat nya di atas ya gaes.

Baca Juga:
10 Daftar Nama Museum di Yogyakarta

30 Daftar Nama Museum di Jakarta

Jadi gaes Museum Rekor Indonesia (MURI) juga merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bertugas menghimpun data dan menganugerahkan penghargaan terhadap prestasi superlatif karsa dan karya bangsa Indonesia selain jadi museum tentunya.

3. Kota Lama Semarang

Dulunya Kota Lama Semarang menjadi pusat perdagangan kala itu adab 19 dimana kopi, gula, karet dan rempah-rempah dikirim ke Eropa.

Kota Lama
Kota Lama di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Jadi gaes Kota Lama Semarang ini merupakan kawasan yang penuh dengan bangunan-bangunan era kolonial. Berkunjung ke sini anda akan di sungguhi bangunan-bangunan dengan arsitektur era kolonial yang kental.

Alamat: Tanjung Mas, North Semarang, Semarang City, Central Java 50174.

4. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Suka foto unik? Old City 3D Trick Art Museum, memiliki 108 spot foto gambar tiga dimensi untuk menjadi background foto yang unik bagi pengunjung, wisata museum ini terletak di kawasan kota lama gaes.

Photo terbalik 3D Trick Art Museum Semarang
Photo terbalik 3D Trick Art Museum Semarang

Jam Buka : 09.00 – 21.00
Foto Booth I : Omah Kwalik (Rumah Terbalik), ruangan dengan properti asli sepert lemari, mesin cuci, perabot dapur, dll yang dipasang dengan posisi terbalik.
Foto Booth II : Ames Room, ruangan yang memberikan visual setalah difoto dimana seseorang yang berada disalah satu sudut nampak seperti raksasa, sementara seseorang yang berada di sudut lain nampaknya seperti kurcaci.
Sewa Kostum : harga sewa kostum per orang Rp. 15.000,- / 15 menit. Tersedia kostum dari beberapa negara.

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.26, Old Town, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Ialah stasiun kereta api kelas I yang digunakan menjadi museum juga merupakan museum perkeretaapian pertama di Indonesia. Koleksi museum ini seperti kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.

Di sini kamu bisa melakukan hal-hal seperti melihat dan mengetahui Halte Kereta Tempo Dulu, Menambah Wawasan di Kereta Api Pustaka, Menaiki Kereta Uap, informasi Sejarah Perkeretaapian ada juga spot foto Instagenik.

Alamat: Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614.

6. Museum Ranggawarsita

Indonesia memang memiliki banyak warisan budaya, nah museum yang satu ini merupakan museum yang menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya dan benda budaya Jawa Tengah, Indonesia. Bangunan diresmikan tanggal 5 Juli 1989 dan memiliki 59784 koleksi.

Bangunan Museum Terdiri dari 4 bagian gaes:

  1. Menyimpan wahana Geologi dan Geografi dan menyajikan wahana tentang Paleontologi (tentang zaman purba), beberapa koleksi yang ada seperti fosil kayu kuno.
  2. Berisikan peninggalan budaya dan kerajinan dari peradaban Hindu Budha serta ada juga wahana keramik dan batik.
  3. Gedung ketiga dimana lantai satu terbagi atas ruang bersejarah perjuangan bersenjata yang terbagi lagi atas koleksi benda-benda yang dipakai ketika zaman pertempuran dan Diorama pernjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan.
  4. Bagian empat Lantai satu memamerkan tentang pembangunan, numismatik, heraldik, tradisi nusantara, ruang intisari dan hibah sedangkan Lantai dua terbagi atas ruang kesenian yang menampilkan koleksi benda dan peralatan kesenian.

Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kalibanteng Kidul, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50149.

Akhir kata & Penutup

Gimana gaes, tertarik untuk mengunjungi wisata museum semarang ini ? semoga informasi nya bermanfaat bagi anda yang sedang berlibur di Semarang.

Jangan lupa share Wisata Museum di Semarang keteman dan orang terdekat sekitar anda agar informasi nya juga diketahui oleh yang lain untuk memajukan wisata Indonesia.

Jika ada penulisan kata yang khilaf mohon koreksinya silahkan tinggalkan komentar demi kelancaran dan kejayaan bersama, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *