Rumah Adat Suku Sasak NTB, Makna, Penjelasan dan Gambar

Suku sasak memiliki rumah adat yang bernama Bale Tani, Bale Lumbung ada juga Bale Jajar dan Bale Bonder. Masing rumah adat memiliki fungsi yang berbeda dengan bentuk yang unik dan khas warisan budaya.

Daftar Nama Rumah Adat Suku Sasak

  1. Rumah Adat Bale Lumbung
  2. Bale Tani
  3. Berugag Sekepat
  4. Bale Jajar
  5. Rumah Adat Bale Bonder
  6. Berugag Sekenam
  7. Bale Beleq Bencingah
  8. Bale Tajuk

1. Rumah Adat Bale Lumbung

Merupakan rumah adat suku sasak yang khas dengan bangunan yang unik bentuk panggung, bagaian dinding di dan atap terbuat dari jerami yang di cokong oleh kayu sehingga rumah ini bisa dibilang tahan terhadap goncangan gempa.

Rumah Adat Bale Lumbung dan Bale Tani

Secara design arsitek ujung atap yang runcing kemudian melebar sedikit lalu lurus ke bawah dan bagian bawahnya melebar kembali dengan jarak atap 1,5 – 2,0 meter dari tanah dan diameter 1,5 – 3,0 meter.

2. Bale Tani

Ialah rumah yang digunakan suku sasak yang pekerjaannya bertani, mempunyai lantai yang terbuat dari kombinasi antara tanah liat, batu bata, abu jerami, getah pohon dan kotoran sapi atau kerbau.

Bale Tani Suku Sasak
Bale Tani Suku Sasak

Untuk interior ruangan bale tani terdiri atas Bale Luar atau disebut juga Sesangkok (serambi) ruangan ini berfungsi sebagai tempat menerima tamu dan kamar tidur dan juga Bale Dalam yang terbagi lagi menjadi Dalem Bale (kamar) dan Pawon (dapur).

Bagian dalem Bale khusus digunakan oleh anggota keluarga perempuan, diantaranya tempat menaruh harta berharga, ruang tidur anak gadis, ruang persalinan, dan ruang menaruh jenazah sebelum dikuburkan.

3. Rumah Adat Barugag Sekepat

Rumah adat berikut nya adalah berugaq, memiliki ciri bentuk seperti saung, design rumah panggung tanpa dinding beratap alang2  dan dicokong oleh empat tiang bambu berbentuk segi empat.

Berugag Sekepat
Berugag Sekepat

Lantai nya terbuat dari papan kayu atau bilah bambu yang dianyam dengan tali pintal dan tingginya 40–50 cm dari tanah dan terletak di bagian depan Bale Jajar.

4. Bale Jajar

Bale jajar
Bale jajar

Jenis rumah yang satu ini memiliki perbedaan yang khusus gaes yaitu tempat hunian bagi suku sasak dengan ekonomi menegah ke atas wah ada perbedaan kasta juga yah. Untuk design bangunan serupa dengan Bale Tani,  hanya berbeda pada ruang Dalem Bale yang lebih banyak.

Rumah Adat Lainnya :
Nama Rumah Adat Papua Plus Gambar Lengkap Penjelasan
Rumah Adat Tongkonan Suku Toraja

5. Rumah adat suku sasak: Bale Bonder

Bale bonder
Bale bonder

Jenis Rumah Bale Bonder biasanya dihuni oleh pejabat desa atau dusun dan terletak di tengah pemukiman. Digunakan sebagai tempat persidangan adat, seperti tempat diselesaikannya kasus pelanggaran hukum adat

6. Rumah adat suku sasak : Berugag Sekenam

Rumah Sekenam dengan bentuk yang serupa dengan berugaq sekepat, bedanya terletak pada jumlah tiangnya yaitu sebanyak enam buah dan berada di bagian belakang rumah.
Sekenam memiliki fungsi sebagai tempat kegiatan belajar mengajar tata krama, nilai-nilai budaya dan sebagai tempat pertemuan internal keluarga.

7. Bale Beleq Bencingah

Bale Beleq Bencingah digunakan pada masa kerajaan dahuhlu kala. digunakan sebagai tempat acara-acara penting kerajaan, diantaranya pelantikan pejabat kerajaan, pengukuhan putra mahkota kerajaan dan para Kiai penghulu kerajaan, tempat penyimpanan benda pusaka kerajaan juga dijadikan sebagai tempat suci.

8. Bale Tajuk

Rumah ini memiliki fungsi sebagai tempat pertemuan keluarga besar dan pelatihan macapat takepan, untuk menambah wawasan dan tata krama warga.

Selain delapan bale diatas masih ada juga Bale Gunung Rate dan Bale Balaq rumah ini biasanya didirikan oleh warga yang bermukim di lereng pegunungan, terakhir jenis rumah di suku sasak ialah Bale Kodong biasanya digunakan oleh para pengantin baru juga orang lanjut usia yang tinggal bersama cucu-cucunya.

Akhir kata dan kesimpulan Terkait rumah adat suku sasak

Dapat diambil poin dari 10 jenis rumah suku sasak diatas dimana masing masing rumah memiliki fungsu yang berbeda-beda

Letak rumah yang berbeda serta desain interior dan luas bangunan semua memiliki arti dan makna sesuai fungsi bangunan.

Untuk material semua menggunakan kayu, bambu dan alang-alang

Demikian gaes yang dapat di infokan untuk daftar nama-nama rumah adat suku sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat semoga dapat dimengerti dan di fahami.

Jangan lupa sebarkan dan bagikan info ini kepada kerabat dan saudara kalian agar mereka juga mengetahui nya.

Sekiranya ada masukan kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya gaes, demi kemajuan situs kampret ini, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *