Suku Sasak dengan Budaya dan Tradisi Unik nya

Suku Sasak merupakan salah satu suku yang mendiami Pulau Lombok dengan bahasa Sasak. Mayoritas suku sasak memeluk agama Islam, asal nama Sasak kemungkinan berasal dari kata sak-sak yang artinya sampan. Suku sasak dengan budaya dan tradisi unik nya dalam Kitab Negara Kertagama kata Sasak disebut menjadi satu dengan Pulau Lombok, NTB.

Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia
Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

I. Kebudayaan suku sasak dan Tradisi

Suku sasak memiliki budaya dan adat istiadat yang tetap terjaga hingga kini, seperti rumah adat makanan khas ada juga tari – tarian dan dilengkapi baju adat.

1. Rumah adat suku sasak

Rumah adat suku sasak terdapat dua jenis yaitu Bale Tani dan Lumbung. Dari namanya Lumbung di gunakan sebagai lumbung padi tempat penyimpanan hasil panen sedang kan Bale tani untuk tempat tinggal.

rumah adat sasak bale tani
rumah adat sasak bale tani (img via wisata di lombok.com)

Dalam cirikhas ruma suku sasak terdapat ruangan khusus Induk dan ruang tidur serta ruang penyimpanan harta benda juga ruang Ibu melahirkan.

BACA JUGA:

Bahan material Bale Tani terbuat dari

  • Kayu-kayu penyangga bangunan
  • Bambu Sebagai tiang
  • Bedek anyaman dari bambu untuk dinding
  • Jerami dan alang-alang digunakan untuk atap
  • Kotaran kerbau atau kuda, sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai
  • Getah pohon kayu banten dan bajur.

Diamati dari gambar sih ini bangunan pasti tahan gempa, dan sejuk karena tanpa material kaca dan besi.

2. Suku Sasak dengan Budaya Makanan khas

Ayam taliwang kuliner khas lombok
Ayam taliwang kuliner khas lombok

Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat sangat terkenal akan kulinernya yang bernama Ayam Taliwang dan Plecing kangkung. Selain ayam taliwang ada juga Ayam Rerang.

Kuliner yang berbahandasar Ayam dan Kangkung tumis sebagai sayuran memberikan kenikmatan dan kelezatan.

3. Bahasa suku Sasak

Suku Sasak memiliki bahasa yakni Bahasa Ibu yang menjadi etnis mayoritas di pulau Lombok, Indonesia. Bahasa ini berkerabat dekat dengan bahasa Bali dan bahasa Sumbawa yang dituturkan di pulau-pulau sekitar Lombok. Ketiganya merupakan bagian dari rumpun bahasa Austronesia.

Contoh Bahasa Sasak – Indonesia

  • bembek: kambing
  • b∂ngaq: heran
  • benteq : jinjing
  • b∂radal: berembun
  • b∂rajah: belajar
  • b∂rangkak: nyamuk
  • b∂rapeq:berhias

4. Pakaian adat suku sasak yang Unik

baju suku saask NTB
baju suku saask NTB (sumber via http://meandyouculture.blogspot.co.uk)

Selain khas dengan wisata Gili sebagai daya tarik turis, Lombok, Nusa Tenggara Barat juga memiliki Pakaian Adat yang unik dan menarik. Sebagian besar pakaian sasak di buat dari kain tenun. Corak kain untuk perempuan berbeda dengan ragam hias kain untuk laki-laki.

Pakaian adat Wanita Suku Sasak di Sebut Lambung

Disebut Lambung karena bagian bawah baju agak menggantung sedikit karena sampe lambung saja.

baju khass lombok yang fashionable
Baju khass lombok yang fashionable (img via mobillombok.com)

5. Pakaian adat Pria suku sasak di sebut Pegon

Untuk bagian kepala, pria sasak yang menggunakan pakaian adat sasak Pegon biasanya akan mengenakan Sapuq/Sapuk (batik, pelung, songket).

6. Suku Sasak dengan Budaya Tarian

Tari-tarian Sasak terkenal juga dengan tradisi unik dari ragam tradisi tari seperti:

  • Gendang Beleq
  • Tarian Gandrung
  • Tarian Oncer

Gendadng Beleq merupakan tarian Sasak warisan turn temurun yang masi terjaga hingga kini. Tarian ini awalnya di pertontonkan oleh para Mubaliq dalam berdakwah untuk menyebar agama Islam di pulau Lombok.

Tarian Gendang Beleq merupakan tarian yang wajib dilakukan oleh masyarakat suku Sasak dalam acara Budaya dan acara besar lainny

Sementara Tarian Gendrung jenis tarian yang dipentaskan berpasangan Pria dan Wanita. Seni tari Gandrung mirip dengan tarian Gandrung dari Jawa Barat dan Bali tetapi ada beberapa perbedaan yang menjadikan sebagai ciri khas tarian Gandrung dari sukus Sasak yakni kostum, gerakan, dan penyajian pertunjukkan.

seni tari encer sasak
seni tari Oncer sasak (sumber: mobillombok.com)

Oncer juga tarian dari suku Sasak, seni tari ini mirip pawai gitu gaes, tar ini terdiridari kelompok penari kenceng, penari petuk, dan penari gendang.

Kelompok membawa, Gendan dan kelompok lainnya membawa Petuk dan Kenceng dengan kostum seragam dan membentuk barisan rapi.

Dapat dilihat Pada gambar, mirip juga seperti marcingband diera modern seperti waktu disekolah gaes.

7. Suku Sasak dengan Budaya Tradisi Unik

Keunikan tradisi suku sasak dapat di lihat dari Adat istiadat pada saat resepsi perkawinan, di mana perempuan apabila mereka mau dinikahkan oleh seorang lelaki maka yang perempuan harus dilarikan dulu kerumah keluarganya dari pihak laki laki, ini yang dikenal dengan sebutan merarik atau pelarian.

Menurut pemahan mimin di tanah Suku Batak juga terdapat tradisi unik seperti ini seperti contoh di suku batak Simalungun, dimana sebelum menikah, maka adat yang harus dilakukan adalah Pria Melarikan Tunangannya kerumah Tulang (paman).

Setelah itu si Paman merestui dan calon pengantin wanita di tempatkan di rumah pengurus Greja hingga hari H.

Suku Sasak dengan Budaya Stick Fighting atau Tarung Presea
Suku Sasak dengan Budaya Stick Fighting atau Tarung Presea (img http://indarsaputra.student.umm.ac.id)

Kembali ke suku Sasak Selain tradisi unik Pelarian, di Lombok ada tradisi unik seperti Stick Fighting atau Tarung Presean yang juga disebut sebagai simbolis kejantanan para pemuda dan pria suku Sasak di Lombok.

Dapat dilihat pada gambar pertarungan dua pria dengan perlengkapan pelindung, kayak tradisi Sparta gak sih? mirip kenya 🙂

II. Akhir Kata dan Kesimpulan

Dari sabang sampai Merauke ada banyak sekali Kearifan Lokal yang ada di Indonesia ini Tradisi Budaya Warisan yang harus kita jaga dan lestarikan, seperti artikel ini bertujuan agar informasi Budaya Suku Sasak tetap terinfokan ke generasi hingga generasi.

Follow IG kami:kampret.news 😀

Sekian yang dapat disampaikan jika ada yang kurang dan salah mohon di ingatkan dalam kolom komentar yang tersedia thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *