Teknik REO Untuk Pengembangan Blog dan Website

REO adalah Referral Engine Optimization untuk Bisnis Blog/Web, konon dikabarkan bisa mendongkrak visitor web/blog dalam mengembangkan bisnis, bagaimana sebenarnya cara kerja dari teknik ini apakah lebih bagus dari SEO?

Baik mari kita bentangkan agar ketemu titik terang dari teknik reo ini atau kepanjangannya Referral Engine Optimization.

Bagaimana situs web mendukung proses pengembangan bisnis ? Ketika seseorang mencari perusahaan Anda di Google Search, Anda perlu mempertimbangkan tidak hanya Search Engine Optimization (SEO) untuk memastikan bahwa perusahaan Anda muncul tinggi dalam hasil pencarian, tetapi juga apa yang kita sebut REO – Optimalisasi Mesin Referral seperti dilansir ingenuitymarketing.

Cara Membangun REO untuk Menjangkau Semua Orang

SEO sangatlah penting dan baik. Tapi SEO yang bagus dikombinasikan dengan teknik REO yang hebat lah yang dibutuhkan perusahaan. Beberapa faktor terpenting untuk konten REO meliputi yang berikut:

  1. Halaman beranda yang bersih yang menawarkan pesan tentang perbedaan kompetitif dan navigasi yang mudah;
  2. Canggih dan kaya konten;
  3. Halaman layanan yang informatif;
  4. Artikel menarik seperti Kisah atau sejarah perusahaan yang menarik;
  5. Sumber daya dibuat oleh perusahaan atau official;
  6. Kesaksian atau kisah sukses klien semacam testimoni agar pengunjung trust.

BACA JGA: Cara meningkatkan Penghasilan Adsense

Pengertian Teknik REO dan Penggunaanya

teknik reo dan cara bikinnya
teknik reo dan cara bikinnya

Situs web adalah investasi waktu dan uang yang serius, pasti begitu situs tersebut muncul dan menampilkan aspek terbaik dari perusahaan Anda, situs itu siap 24 jam untuk dilihat oleh dunia.

Namun jika informasi dalam situs anda tidak lengkap, ketika mereka mencari informasi dalam web anda maka mereka akan meninggalkan situs anda dan mencari situs lain.

Menurut mimin sendiri TEKNIK REO adalah ini maksudnya gini gaes, misal kita cari di google dengan keyword REO, maka akan tampil banyak situs yang ditampilkan oleh hasil pencarian google benerkan.

Nah biasanya seseorang yang puas dengan salah satu konten akan menceritakan ke orang lain, misal ketika orang lain bertanya apa itu REO, maka si A akan merekomendasikan cari di google dengan kata kunci REO dan pilih yang situs x.

Mengapa di merekomendasikan seperti itu karena kepuasan gaes, bisa dibilang konten adalah raja.

Salah satu buku yang saya baca menyebutkan ” They all come through referrals from other satisfi ed clients” yang artinya Mereka semua datang melalui referensi dari klien lain yang puas.

Selain itu teknik REO bisa terjadi apabila SERP pertama tidak memberikan informasi yang jelas dan sesuai kebutuhan pengunjung maka ia akan masuk ke Situs berikutnya yang ada di hasil pencarian google tadi.

Jika situs kedua tadi memuaskan maka dia akan merekomendasikan ketemannya bahwa yang nomer satu kurang akurat infonya tapi yang nomer dua lebih akurat.

Pada kondisi lain REO ini berhubungan juga artinya sama seperti ketika seseorang menggunakan Search Engine yang lain kan gak melulu google dong, nah disini kita juga perlu mengantisipasi, setidak nya kalau pun tidak dapat pengunjung dari google setidak nya dapat dari Yahoo dan Bing.

Contoh REO

Contoh lain penerapan ilmu REO ini, misal saya akan berbelanja online shop namun sebelum saya mengunjungi olshop, temen saya langsung merekomendasikan belinya di olshop Bukalapak aja dengan alasan dia sudah pernah beli disana dan barang bagus ( Referral ), begitu juga ketika hendak mencari sesuatu di google gaes pastilah teman kalian sering merekomendasikan situs A,B,C dan D.

Sehingga dengan teknik REO + SEO visitor atau pengunjung satu web/blog dapat meningkat dan lebih optimal dan legit.

“Setelah user cari digoogle search > muncul artikel SEO > lalu di rekomendasikan ke temannya disebut> REO mereferalkan sesuai namanya Referral Engine Optimization”.

Trik REO hanya akan berhasil jika konten anda berfaedah bukan konten sampah semata. Jika bagus bermanfaat maka saya sendiri pasti akan merekomendasikan ke teman saya.

Akhir kata dan kesimpulan

Mimin sendiri belum melakukan riset terhadap teknik reo ini, masih onprogress apakah hasilnya memuaskan atau tidak nanti saya post.

Namun sangat menarik untuk dipelajari dan beberapa situs luar negeri memang ada juga yang membahas topik yang sama, biar gak ketinggalan ilmu kita update sedikit basic penjelasan singkat dari saya ini semoga bermanfaat.

Ada banyak forum yang bisa kalian japri untuk memperdalam ilmu reo ini, cari saja di google jika kalian mantap dalam berbahasa inggris, silahkan join di grup mereka dan aktif bertanya dengan senang hati mereka menjelaskan.

ebook reo
eBook reo

Penulis sendiri mencari referensi dari situs luar juga kok seperti ebook By Wendy Nemitz yang berjudul REO vs SEO.

Kira – kira begitulah pengertian dari REO gaes kurang lebih mohon maaf, apabilah salah silahkan di koreksi dan kita perbaiki.

Salam REO.

4 Replies to “Teknik REO Untuk Pengembangan Blog dan Website”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *