Tradisi Unik Budaya Bali dan Makna nya

Bali salah satu pulau yang terkenal dengan Destinasi Wisatanya dan akan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai destinasi para turis. Selain wisata terkenal juga dengan Tradisi Unik Budaya Bali dan makna nya berikut 10 diantaranya.

Sebagaimana kita ketahui warga bali yang rata-rata menganut agama Hidu ini kaya akan Budaya dan Tradisi bagian dari Kearifan Lokal Indonesia. nama bali yang tersohor hingga ke luar negeri ini memang khas akan keramahan warga dan kekayaan Budaya dan Destinasi Wisata.

1. Tradisi Unik Mekare Kare

makare karea tradisi warga bali
makare karea tradisi warga bali

Salah satu tradisi unik yang dapat dijumpai di desa esa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali Timur, yaitu perang pandan.

Makna atau arti tradisi Makare-kare adalah persembahan untuk menghormati Dewa Indra yang dipercaya sebagai Dewa Perang dan juga untuk menghormati para leluhur. Ritual ini digelar sekali dalam setahun yaitu pada bulan Juni.

2. Tradisi Omed-Omedan

Tradisi Omed-omedan Bali
Tradisi Omed-omedan Bali (img via jelajahi-indonesiaku.blogspot.co.uk)

Ciuman, itulah yang terlintas dibenak mimin saat menulis artikel ini yakni salah satu tradisi masyarakat Bali yang bernama Omed – Omedan.

Tapi jangan salah persepsi dulu, tradisi Omed Omedan merupakan tradisi warisan Budaya yang telah lama hingga kini masih terjaga kelestariannya.

BACA JUGA:

Berciuman disini artinya acara adat tentang belajar soal rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang erat,Bukan yang lain.

Secara teknis tradisi Omed-omedan adalah salah satu upcara yang dilakukan pemuda dan pemudi yang bisa di jumpai didaerah Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar Selatan, Denpasar yang diadakan setiap tahun, dan berlangasung setelah hari raya Nyepi.

3. Tradisi Unik Budaya Bali Mekotek

Tradisi Mekotek Bali
Tradisi Mekotek Bali (img via tirto)

Tidak kalah unik dari tradisi Omed omedan, Makotek dulunya merupakan tradisi dilakukan sebagai bentuk penyambutan prajurit Kerajaan Mengwi yang datang dan membawa kemenangan setelah melawan raja Blambangan, dan akhirnya berkembang menjadi sebuah tradisi hingga sekarang.

4. Gebug Ende Seraya

gebug ende tradisi unik bali
gebug ende tradisi unik bali

Jika kalian mengunjungi desa Seraya, Kabupaten Karangasem, Bali salah satu tradisi unik yang menarik perhatian adalah Traddisi Gebug Ende.

Pada tradisi adat ini, pemain pria akan menunjukkan keberanian dan adu nyali dengan bertarung menggunakan rotan.

Makna yang terkandung dalam tradisi Gebug Ende adalah permohonan untuk meminta hujan. Warisan budaya sejak jaman dahulu yang diwariskan hingga generasi sekarang ini.

5. Tradisi Makepung

Markepung merupakan tradisi dengan menggunakan hewan Kerbau sebagai tunggangan dan berlari berlomba, mirip dengan tradisi Karapan Sapi.

markepung bali
markepung bali

Pada awalnya tradisi markepung hanya berupa kegiatan iseng para petani di sela-sela kegiatan membajak sawa lalu markepung berkembang jadi perlobaan. Makepung biasa dihelat pada bulan April, Mei, atau Juni dan dapat Anda temui di Kabupaten Jembrana Bali.

6. Tradisi Mesbes Bangke

Kebayang gak gaes jika anda di suruh mencabik cabik jasad orang yang telah meniggal, dan hal ini dilakukan beramai ramai. Jangan panik dulu gaes yang namanya tradisi warisan budaya memang unik sama halnya dengan tradisi Mesbes bangke yang ada di banjar buruan, Tampak Siring, Gianyar, Bali.

Mesbes Bangke Tradisi Mencabik Jasad yang telah Meninggal
Mesbes Bangke Tradisi Mencabik Jasad yang telah Meninggal ( img: Bagus Saputra)

Tradisi mencabik-cabik mayat ini memang tampak mengerika bagi orang awam makanya mimin posting artikel ini biar kenal Budaya Indonesia biar gak heran kalau ternyata ada tradisi semacam ini.

Sebuah budaya dan tradisi unik di Bali yang ekstrim yang dilakukan oleh warga setempat dan tradisi itu masih bertahan sampai saat ini, details tradisi Masbes bangke bisa lihat di YT: https://www.youtube.com/watch?v=PvNaX0mDOs8.

Untuk melakukan upacara tentu harus mencari hari baik atau duwase (tanggal) yang cocok untuk melakukan ritual ini, Dan tradisi Mesbes Bangke tersebut hanya digelar untuk ngaben personal saja. Jadi tidak semua orang meninggal melalui proses mencabik mayat tersebut, mengutip laman balitoursclub.

7. Tradisi Unik Budaya Bali Pemakaman Trunyan

Pemakaman Trunyan Tradisi Unik
Pemakaman Trunyan Tradisi Unik

Tradisi ini ada di Trunyan berada di desaTrunyan daerah Kintamani, salah satu tradisi pemakaman jasad yang telah meniggal dengan cara diletakkan diataas tanah.

Berbeda dengan pemakaman pada umumnya di kafanin dan di kubur. Pemakaman Trunyan dimana jasad di tarok diatas tanah dibawah pohon yang sudah tua dan dipagari bambu mengutip laman Travelingyuk.

8. Tradisi Mebuug – buugan di Kedonganan

Tradisi Mebuug-buugan di Kedonganan
Tradisi Mebuug buugan di Kedonganan (img via http://prameslancholy.blogspot.co.uk)

Mebuug-buugan di Kedonganan merupakan warisan leluhur yang sudah lama, sempat tidak dilaksanakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Namun kemudian penduduk setempat mencari tau asal-usul dan meneliti lagi tradisi ini hingga akhirnya satuan-satuan pemerintah dan aparat adat memutuskan untuk menggelar tradisi tersebut lagi.

Mebuug buugan yang digelar di Kedonganan, Badung ini. Tradisi berhubungan serta dengan perayaan Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali yang berkisaran bulan Maret pada kalender Masehi.

9. Tradisi Unik Budaya Bali Siat Sampian di Bedulu

Siat Sampian di Bedulu
Siat Sampian di Bedulu (img via bali tribun)

Tradisi Siat Sampian adalah tradisi yang menjadi pertunjukan perang-perangan dalam suasana bermain. Senjata yang digunakan untuk menyerang adalah rangkaian janur yang disebut sampian. Pertunjukan yang diselenggarakan dalam rangkaian upacara odalan di Pura Samuan Tiga, Bedulu (Gianyar).

10. Tradisi Unik Budaya Bali Mepantigan

Tradisi Mepantigan
Tradisi Mepantigan (img via kintanmani.id)

Budaya uni atau tradisi yang tidak kalah seru yaitu Mepangitan, salah satu tradisi atau atraksi seni bela diri tradisional di Bali yang masih bertahan sampai sekarang, anda bisa menemukan tradisi Mepantigan ini di kawasan Batubulan dan Ubud.

Tradisi ini memiliki arti saling membanting yang menjadi pertunjukan semacam Beladiri yang bisa dilakukan anak-anak dan dewasa untuk hiburan ke Wisatawan.

Akhir Kata dan Kesumpulan

Tradisi unik berciuman ada juga yang agak ekstrim seperti mencabik mayat ragam budaya yang terdapat di Bali memang sangat unik dan banyak, ini hanya 10 yang ada saja masih banyak tradisi lain yang tetap terjaga kelestariannya.

Agar tidak lupa budaya mari kita jaga dengan cara seperti artikel ini biar tidak lupa dan bisa di baca generasi muda, jangan lupa like dan share ya gaes hehehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *