Tradisi Unik Suku Melayu dan Kearifan Lokalnya

Memiliki Tradisi Unik Suku Melayu kaya akan kearifan lokal Suku Melayu merupakan kelompok etnis dari orang-orang Austronesia terutama yang menghuni Semenanjung Malaya penyebarannya hampir seluruh Sumatra, Borneo pesisir termasuk Brunei, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur.(wikipedia)

1. Warisan Budaya Suku Melayu

Baik mari kita ulas sedikit tentang warisan budaya suku Melayu. Didalam Sejarah Melayu ada namanya Lancang Kuning Berlayar Malam merupakan lagu rakyat yang sangat populer di Provinsi Riau, negeri yang berjulukan Bumi Lancang Kuning.

Lirik lagu yang mengukirkan Kapal dalam sejarah melayu tenggelam did aerah Jati Bengkalir, Riau namun tidak diketahui apakah tenggelam karena human error atau tidak.

Mengutip laman wikipedia Provinsi Riau diduga telah dihuni sejak 10.000.000-14.000.000 SM. Kesimpulan ini diambil setelah penemuan alat-alat dari zaman Pleistosen di daerah aliran sungai Sungai Sengingi di Kabupaten Kuantan Singingi pada bulan Agustus 2009.

Dari pengalaman mimin yang sudah pernah tinggal di Riau dan mejelajahi beberapa kota seperti, Pekanbaru yang merupakan Ibukota Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis dengan kotanya yang bernama Dumai, di daerah DUmai sendiri Bahasa Melayu masih menjadi bahasa sehari hari.
Berbeda dengan kota pekanbaru yang telah banyak di isi pendantang seperti bahasa minang.

Budaya Melayu identik dengan agama, bahasa, dan adat-istiadat merupakan integritas yang solid. Adat Melayu merupakan konsep yang menjelaskan satu keseluruhan cara hidup Melayu di alam Melayu.

1.1 Adat istiadat Tradisi Unik Suku Melayu

Suku Melayu sangat khas akan adat istiadat nya yang tetap terjaga hingga kini. Menurut Zainal Kling (2004), dari segi etimologis, adat berasal dari bahasa Arab yang berarti kebiasaan. Dimana Masyarakat Alam Melayu yang telah menerima pengaruh Islam dan peradaban Arab, mengetahui arti dan konsep adat.

Walau demikian, ternyata bahwa hampir semua masyarakat Melayu atau Nusantara, baik masyarakat itu telah menerima pengaruh peradaban Islam atau tidak, telah memadukan konsep itu dengan arti yang hampir sama dalam kebudayaan mereka.

1.2 Baju Adat Melayu

Seperti suku lainnya yang ada di Indonesia ini, Melayu juga memiliki pakaian adat yang khas, seperti yang bisa kita lihat dipakai dalam upacara adat pernikahan.

Berikut Jenis Baju adat melayu berdasarkan pengalaman penulis waktu tinggal di Riau yang penduduknya asli suku melayu.

  • Baju Melayu Cekak Musang
  • Baju Kurung Cekak Musang
  • Baju Belah Kebaya Panjang
  • Baju Teluk Belanga

Baju Melayu Cekak Musang merupakan baju yang bajunya melingkari leher seperti baju koko rata rata berlengan panjang, dengan pasangan celana panjang yang di desain selaras, dahulu waktu mimin sekolah di Pekanbaru setiap jumat selalu memaikai Baju Melayu.

baju melayu kurung cekak musang
baju melayu kurung cekak musang (img via modeltrendz.blogspot.co.uk)

Baju ini identik dengan agama Islam, karena melayu memang khas akan agama Islam.

Baju kurung cekak musang melayu
Baju kurung cekak musang melayu (img via modeltrendz.blogspot.co.uk)

Melayu yang identik dengan Islam, baju kurung cekak musang sangat cocok di padukan dengan Hijab, dan Peci untuk Pria.

Baju melayu teluk belangan
Baju melayu teluk belangan (img via bp-guide.id)

Yang ini namanya baju Teluk Belanga warisan budaya Melayu yang masih terjaga hingga kini gaes.

Baju Belah Kebaya Panjang Melayu
Baju Belah Kebaya Panjang Melayu (img via modeltrendz.blogspot.de)

Kebaya panjang, dari pengamatan mimin rata rata baju melayu identik dengan menutup aurat gaes, sopan dan bersahaja.

2. Tradisi Unik Suku Melayu: Rumah Adat

Untuk melihat rumah adat melayu salah satunya di kota Pekanbaru, Provonsi Riau bisa anda temui dan juga Kampar serta Siak. Rumah adat Suku Melayu memiliki ragam dengan fungsi bangunanya masing masing seperti:

2.1 Rumah Adat Balai Salaso Jatuh

Rumah Adat Balai Salaso Jatuh
Rumah Adat Balai Salaso Jatuh(img via celticstowns.com)

Salah satu rumah Melayu yang peruntukannya untuk Musyawarah gaes,Pertemuan dan berkumpul Bersama jadi bukan untuk rumah pribadi. Kalau di era modern sekarang semacam Gedung DPR kali yak.

2.2 Rumah Adat Melayu Atap Limas Potong

Rumah Adat Melayu Atap Limas Potong
Rumah Adat Melayu Atap Limas Potong (img via rumahadatistiadat.blogspot.de)

Berbentuk rumah panggung dengan atapnya berbentuk Limas, sesuai namanya gaes Rumah Suku Melayu.

2.3 Rumah Adat Melayu Atap Lontik

Rumah Adat Melayu Atap Lontik
Rumah Adat Melayu Atap Lontik (img via nidokna.com)

Rumah Lantik disebut juga Rumah Lancang atau Pencalang. Nama Lontik diberikan menurut bentuk perabung atapnya yang lentik ke atas, sedangkan nama Lancang atau Pencalang karena bentuk hiasan kaki dindingnya berbentuk perahu atau Pencalang (Kebudayaan kemendikbud).

2.4 Rumah Adat bernama Melayu Lipat Kajang

Rumah Adat bernama Melayu Lipat Kajang
Rumah Adat bernama Melayu Lipat Kajang (img via Riauberbagi.blogspot.co.uk)

2.5 Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar

Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar
Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar (img via borneochannel.com)

Rumah adat Salaso jatauh Kembar adalah rumah adat yang telah ditetapkan oleh Gubernur Riau (Imam Munandar) sebagai rumah adat resmi Provinsi Riau. Rumah Selaso Jatuh Kembar ini juga menjadi ikon dan simbol untuk Provinsi Riau sendiri.

BACA JUGA:

3. Akhir Kata Tradisi Unik Suku Melayu

Kiranya itulah yang dapat kamisampaikan tentang warisan Budaya Suku Melayu dalam hal ini Daerah Provinsi Riau kota Pekanbaru. Mohon masukan dan koreksinya dengan memberikan tanggapan dikolom komentar yang tersedia dan gratis.

Dapat diambil poin dari tradisi unik suku melayu Warisan Budaya seperti Rumah Adat yang khas dan Unik, juga pakaian adat serta bahasa Melayu yang mendayu dayu ala cengkok kalau lagu Dangdut gaes.

Jika ada kekurangan mohon maaf, tinggalkan komentar demi kelancaran bersama agar warisan Budaya Indonesia tetap terjaga.

Daftar Bacaan:

https://id.wikipedia. org/wiki/Suku_Melayu
http://muhammadtakari .weebly. com/adat-melayu.html
https://id.wikipedia. org/wiki/Rumah_adat_selaso_jatuh_kembar
https://kebudayaan. kemdikbud. go.id/ditkt/rumah-lontik-propinsi-riau/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *