5 Tradisi Unik Suku Minahasa di Manado

Tradisi atau warisan budaya biasa disebut juga sebagai kearifan lokal disetiap daerah selalu memiliki keunikan tersendiri seperti 5 tradisi unik suku minahasa di manado berikut ini mulai dari kesenian musik kalintong hingga upacara tongki pintu.

1. Tradisi Kesenian Musik Kolintang

Indonesia memang memiliki banya warisan budaya bahkan warian budaya tak benda, kalian bisa baca contoh warian budaya tak benda pada postingan saya sebelumnya. Baik seperti salah satu seni ala minahasa manado yakni musik kolintang.

Musik Kolintang
Musik Kolintang

Seni pertunjukan dalam bentuk orkes ini sudah diwariskan atau diajarkan sejak dini pada masyarakat minahasa. Alat musik kolintang asli Manado terbuat dari kayu belar yang juga sering disebut sebagai wunut, kemudian seiring dengan perkembangan zaman pembuatan kolintang sudah menggunakan kayu cempaka.

2. Tradisi Pemanjatan rasa syukur

Tradisi unik yang kedua ini ialah salah satu tradisi untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Biasanya traKegiatandisi semaacam ini banyak juga di lakukan di berbagai daerah lain di Indonesia dengan keunikan khas daerah itu sendiri.

Tradisi Unik Lainnya :
10 Tradisi Unik Suku Batak, Marga dan Adat Istiadatnya

3. Tradisi Unik Mapalus

Adalah suatu kegiatan atau teknik kerja sama untuk kepentingan bersama dalam budaya Suku Minahasa seperti kegiatan gotong royong. Mapalus berasaskan kekeluargaan, keagamaan, dan persatuan dan kesatuan. Bentuk tradisi Mapalus, antara lain:

  • Kegiatan Mapalus tani
  • Mapalus nelayan
  • Ttradisi Mapalus uang
  • Mapalus bantuan duka dan perkawinan
  • Kegiatan Mapalus kelompok masyarakat.

4. Tari Cakalele/Kabasaran

Merupakan tarian warisan budaya oleh para leluhur ketika melawan musuh dan diperagakan melalui tarian dapat di jumpai di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut). Tari Cakalele ini sering juga dimainkan warga Manado pada acara tertentu, seperti pagelaran seni budaya atau saat menyambut tamu.

5. Upacara Toki Pintu

Merupakan tradisi dalam upacara adat untuk pernikahan suku Minahasa yang mayoritas memeluk agama Kristen Protestan. Tradisi ini dilakukan dengan acara kebaktian dan serangkaian acara adat prosesi pernikahan itu sendiri.

Akhir Kata Untuk Tradisi Unik Suku Minahasa di Manado

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait tradisi unik suku minahasa di Manado, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kebudayaan anda sekalian. Jika ada kesalahan kata dalam penulisan mohon koreksi nya untuk kemajuan situs ini.

map manado sulut
map manado sulut

Silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom tersedia dibawah ini, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *