Wisata Halal Danau Toba, Berbagi Pengalaman Saat Mimin ke Tobasa

Wacana wisata halal danau toba, dilansir oleh Kompas, Edy Rahmayadi menyatakan informasi wisata halal yang beredar di masyarakat adalah berita bohong. Maksudnya Wisata halal disini adalah agar waruung makan yang halal menyertakan tulisan Halal agar memudahkan wisatawan mencari makanan.

Persaan mimin baru saja dari Danau Toba karena topik wisata halal Danau Toba ini lagi banyak dibicarakan saya sedikit berbagi pengalaman waktu puasa pertama di Tobasa.

wisata halal danau toba
Keindahan Tobasa Balige Siborong Borong Silangit Danau Toba

Menurut mimin gak bohong juga sih hanya beda persepsi aja, okeh biar benang merahnya ketenu mimin akan bercerita tentang perjalanan mimin ke Tobasa, Balige pada beberapa bulan lalu pas di pusa pertama.

Di Tobasa ini tepatnya di pinggir Danau toba pemandangannya bagus sekali view danau yang terlihat 360 derajat tepat nya dari bukit tara bunga balige.

Untuk bisa sampai disini saya dan tim memilih rute penerbangan Jakarta – Silangit.

Silangit ini nama salah satu daerah di dekat Balige namun beda kabupaten, silangit masuknya kota siborong – borong, sedangkan tempat saya ini berada di Balige Kabupaten TObasa atau Toba Samosir tepatnya di pesisir pantai Danau.

Pengalaman saya di Tobasa ini pas dihari pertama puasa adalah, kewalahan mencari warung makan Halal.

Saata saya browsing tentang makanan disini ada namanya Mi Gomak, nah tujuan kami dipusasa pertama saat mau berbuka di hari pertama bulan ramadan.

Tanya-tanya resepsionis tempat nginap kami diarahkan ke pasar balige katanya disana banyak warung makan, oke kami berangkat kesana sekitar jam 5 sore.

VIDEO WISATA DANAU TOBA

Sesampainya dipasar memang sih banyak warung seperti Bakso Babi, Babi Panggang dan jenis makanan non halal lainnya, tapi kali ini tujuan kami bukan cari makanan non halal melainkan makanan Halal untuk berbuka salah satu target nya adalah Mie Gomak.

Setelelah berjalan di spanjang jalan dipasar Balige ini, akhirnya nemu juga salah satu warung yang pemiliknya muslim dan menyediakan takjil juga, akirnya kita bisa santai nunggu sejam jelang berbuka.

barulah pesan mie gomak plus kolak pisang, berbuka pertama di Tobasa kali ini aman.

BACA JUGA:
1. Bukit Tara Bunga Tobasa, Nikmati Pemandangan Danau Toba 360 Derajat
2. Keindahan Tobasa Balige Siborong Borong Silangit Danau Toba

Nah bisa bayangkan gak jika, ada toris lokal yang datang ke tobasa ini, masak ia mereka susah cari makanan Halal, memang betul kita pendatang kita harus menyesuaikan tapi setidaknya kami tidak susah membedakan mana warung Halal dan mana warung yang mengandung Babi Panggang.

Jadi kami tidak salah beli, karena biar gimana pun kita Bhinneka memang banyak suku, agama.

Sebagaimana Edy menuturkan diatas mungkin memang perlu ada tulisannya HALAL gitu biar gampang dan mudah menemukannya saat kita butuh seperti penglalaman saya kemaren pas buka pertama di bulan puasa.

Sekian yang bisa saya jelaskan terkait Wisata Halal di Danau Toba, Sumatera Utara and Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *