15 WordPress Tips Raih Page One Dalam Seminggu

Mengelola wordpress perlu mengetahui daras-dasar dalam membangun dan membesarkan nya hingga mendatangkan ribuan visitor dan mendapatkan ranking di google serp. 15 wordpress tips ini akan memberikan anda pengetahuan dasar dalam membangun website menggunakan CMS WP.

1. Tentukan Hosting Yang Server nya Stabil

Server hosting menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam membangun sebuah blog/website menggunakan Wordpres CMS,Apablia server tidak stabil sering down dan mengalami eorror maka akan menggangu permabhanan google Bot pada situs.

Parahnya lagi jika terjadi server down pada hostingan anda akan dicatat langsung oleh google webmaster dan dicap server error 50 dan hal ini tidak baik untuk SEO.

1.1 Rekomedasi Penyedia Hosting Luar dan Lokal

  1. Hosgator (Luar )
  2. Bluehost (Luar)
  3. Hostinger (lokal)
  4. Niagahoster (lokal)
  5. Dewaweb (lokal )

Jika berniat untuk hijrah ke Wordpres belilah hosting yang unlimited agar tidak terkena bandwit habis saat pengunjung blog/web ribuan per hari, dan pastikan penyedia Hosting rekomendasi terbaik dan pelayanan terbaik agar webstie kita aman di server tersebut.

2. Pemilihan Theme atau Template

Memilih thema yang pas sesuai nice blog/web sangalah penting gaes, tentu jika anda memasang sembarang template atau thema berpengaruh pada user bahkan tidak nyaman dilihat, iya kali blog kuliner anda pakai template kesehatan.

Blog Kuliner bagusnya pakai lah template yang bisa menampilkan gambar kuliner tersebut secara thumbnail agar terlihat menggiurkan selera si pengunjung.

BACA JUGA: Top 10 Theme WordPress News Terbaru Responsive dan SEO 2019

2.1 Template WordPress Kuliner Premium Rekomendasi

  1. Deliciko – Restaurant WordPress Theme
  2. Grand Restaurant WordPress
  3. Food Recipes – WordPress Theme
  4. BERG – Restaurant WordPress Theme
  5. Delicieux – Restaurant WordPress Theme
template wordpress kuliner
template wordpress kuliner

Tentu lebih cocok karena kuliner identik dengan gambar makananya harus yang enak dilihat jika gambar makanan dilihat aja sudah kusam pasti gak bakal disukai orang dah.

jangan biasakan pake template bajakan, karena akan berpengaruh saat update, begitu CMS WordPress update PHP Versi, bisa saja template anda tidak support lagi dengan menggunakan theme wp premiun akan lebih baik karena support update.

3. Install Google Analytics

Gunakan Google Analytics untuk mendapatkan analisa dan tracking pengunjung website anda, lakukan analisa user experience dengan Google Analytic, tujuannya adalah mengenal para pengunjung dan apa yang mereka harapkan dari situs milik Anda.

Integrasikan Google analytics anda dengan google search console juga agar lebih maknyoss.

tracking visitor blog atau website menggunakan google analytics
tracking visitor blog atau website menggunakan google analytics

3.1 Manfaat google analytics

  • Menganalisis waktu kunjungan situs ( user aktif)
  • Cek perilaku pengunjung dan pengguna situs Anda
  • Dapatkan data rincian atau detail visitor

4. Install SEO Plugin (Recomended Yoast)

Kelebihan Wordpres ialah bisa di integrasikan dengan plug in dari developer pengembanga WordPress, seperti salah satu plug in populer untuk pengaaturan SEO postingan atau content ialah YOAST SEO.

Yoast bisa membantu anda dalam menulis konten seperti penempatan keyword yang benar, penggunaan tagging H1 dan H2 serta memeriksa ejaan atau keterbacaan dari konten tulisan anda.

4.1 Manfaat Yoast

  1. Bisa Setting Breadcrumbs
  2. Merubah Permalinks
  3. Membuat Custom Meta Header / Description
  4. Periksa Focus Kata kunci
  5. Mengatur Word dari Slug
  6. Deteksi SEO Score

5. Compress Images/Gambar

Agar website atau blog mudah di load saat diakses user, penting memperhatikan resolusi gambar jangan sampai kebesaran. 400×600 Pixel cukupalah jangan sampai 2000x3000px pasti pengaruh ke loading blog lama sekali loading nya berat diakses apalagi dengan kondisi Internet di Indonesia masih quotaan.

5.1 Ketentuan Format dan Ukuran Gambar

  • Gambar 700px x 360px atau 600px x 400px ( Jika theme anda Single Kolom)
  • Img size 600px x 400px atau 600px x 320px ( Theme dengan Dua Kolom)
  • Ukuran Gambar 300px x 250px (Untuk Theme 3 kolom)

Ekstensi rekomendasi yang umum untuk gambar postingan adalah PNG, GIF dan JPEG.

6. Batasi Plugin Jangan Kebanyakan

Gunakan lah plugin yang perlu saja karena akan mempengaruhi loading blog/web anda saat diakses visitor.

Dilingkungan google web/blog yang susah diload atau berat akan kalah dalam serp, kecepatan web sangat mempengaruhi SEO.

Lata untuk testing kecepatan loading page bisa menggunakan Page Speed punya google apakah cepat atau berat di load.

7. WordPress Tips ketujuh Yakni Set Gravatar Anda

gravatar kampretnews
gravatar kampretnews

Gravatar disini maksudnya dalam profil author blog/web sertakan foto yang jelas dan data diri yang lengkap agar blog/web kepemilikannya lebih terpercaya dan original alias tidak fake.

8. WordPress Tips Kedelapan “Tetap Updated Content”

Ini yang paling penting adalah konten adalah raja, jika anda jarang posting dengan kualitas posting rendah lagi manalah mungkin bisa bersaing di SERP google page one.

Posting lah secara rutin sesuai thema blog anda, berikan konten yang berkualitas yang sifatnya memberikan solusi dan informasi yang berguna bai pengunjung.

9. WordPress Tips Manage Comment Blog

Berinteraksilah dengan visitor anda, jika merekan meniggalkan komentar di postingan anda baik itu bertanya atau menyapa berikan sapaan balik anda atau jawab lah pertanyaan mereka.

Jadi mereka tahu kalau blog ini respon nya sangat cepat dan ramah juga memberikan solusi saat mereka bertanya.

10. Selau Sajikan Content Yang Berkualitas

Seperti apakah konten yang berkualitas, seperti artikel yang sedang anda baca ini, ada poin poin yang dibahas dan masing-masing poin memiliki penjelasan serta contoh.

Sehingga setiap artikel yang ada terbitkan atau publikasikan memiliki informasi yang tersampaikan ke pembaca setia blog anda.

Jangan ambigu, membingungkan, muter muter orang males kalau konten anda bertele tele setelah membaca solusi tidak ada juga, gw yakin next time itu visitor tidak bakal datang lagi deh.

Konten adalah raja, bisa anda lihat hasil pencarian do google serp pege one semua memiliki kualitas dan informasi yang jelas, jadi wajar mereka tampil dihalaman pertama google.

11. Edit WordPress Permalinks

Permalink merupakan bagian dari SEO untuk mendapatkan tempat di google serp, sebagaimana yang mimin pelajari dan melakukan riset dengan melakukan beberapa testing edit permalink di blog ini.

Contoh nya adalah seperti SS dibawah ini, usahakan permalink tidak terlalu panjang, nama link baiknya sama dengan title dan keyword.

contoh edit permalink wordpress
contoh edit permalink wordpress

12. WordPress Tips, Gunakan Sertifikat SSL Domain

Sertifikat SSL ini menunjukkan kalau situs yang diakses aman dan secure dengan indikator pada browser https://.

Unutk mendapatkan Sertifikat SSL anda dapat mengatur dari Cpanel hosting anda, jika paket hosting yang kalian beli memang sudah include SSL karena untuk Hosting kategori Basic bisa aja belum include SSL nya.

SSL koneksi aman
SSL koneksi aman https://

Google lebih senang menampilkan website yang aman yang tidak mengandung Spam, Jebakan Betmen dan sejenisnya.

13. Gunakan Title Tags and Alt Text Pada Gambar

Bagi kalian yang sudah terbiasa pake Yoas pasti ada peringatan bahwa gambar yang anda upload belum ada nama Img Alt nya atau image alternative text nya.

title img alt dan caption
title img alt dan caption

Jangan lupa title tag dan capion nya agar orang tau itu gambar apa informasi apa yang disampaikan dalam gambar tersebut, apakah gambar diambil sendiri oleh siapa pemiliknya harus jelas.

14. WordPress Tips Set Featured Images

Yan terakhir terkait WordPress Tips kali ini adalah setup featured img postingan anda agar lebih elegant, dalam hal ini img diawal postingan itu adalah contoh fitur img.

WordPress Tips : contoh fitur image pada post
WordPress Tips : contoh fitur image pada post

Bisa anda lihat postingan saya cara membuat kopi hitam yang enak itu, sebenarnya ada beberapa gambar yang terdapat dalam post namun untuk memperindah postingan saya pilih gambar yang pas dan cocok sebagai fiture image nya.

15. Akhir Kata dan Kesimpulan Pada WordPress Tips

Demikian 15 WordPress Tips yang bisa anda lakukan dengan baik dan benar diterapkan pada blog/website saya yakin kalian akan mendapatkan tempat di halaman pertama google serp.

Pastinya perlu kerja keras dan mental juang pantang menyerah, jangan biasakan berorientassi pada uang adsense biarkan saja adsense terisi dengan alami.

Dengan artikel yang anda ketik sendiri manual tanpa pake alat yang bisa spin lah bisa ini lah jangan lakukan itu, Idealnya ketik manual dan natural walau awal nya bahasa kita masih jelek makin lama pasti makin bagus dan membaik.

Fokus dan konsisten ikuti 15 poin ini saja sudah lebih dari cukup untuk mendongkrak blog anda masuk di page one google search, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *